Adakah alasan utama kenapa harus berlibur di Pulau Lombok?

lombok

Kesibukan kota yang penuh dengan aktifitas padat akan mudah membuat kita jenuh dan suntuk. Hal yang sangat kita tunggu-tunggu pastinya adalah masa liburan, baik bagi pelajar, karyawan, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Beruntung sekali kita tinggal di Indonesia yang memiliki ribuan bahkan jutaan destinasi wisata yang bagus. Banyak orang asing yang lebih familiar dengan Bali ketimbang Indonesia. Padahal bukan cuma Bali yang bisa menyuguhkan wisata alam dan budaya yang seru-seru, pulau tetangganya juga tidak kalah menarik. Ya! Pulau Lombok, adakah alasan utama kenapa kamu harus berlibur di Pulau Lombok?

Alasan utama kenapa kamu harus berlibur di Pulau Lombok!

1. Wisata Lombok yang serba ada
Pulau Lombok di diami oleh mayoritas penduduk muslim dan hindu. Ini karena pengaruh letak geografis Lombok yang bersebelahan dengan Pulau Bali. Karena ini pula Pulau Lombok dijuluki pulau seribu masjid dan seribu pura. Keanekaragaman budaya dan adat yang menjadi satu di Lombok lah yang membuatnya unik dan serba ada. Banyak yang bilang, jika kamu ke Bali, kamu tidak bisa melihat Lombok, tapi jika kamu ke Lombok, kamu bisa melihat Bali. Saat kamu berada di Lombok, kamu tidak hanya bisa merasakan suasana khas budaya Lombok, tapi juga Bali, mulai dari kulinernya, arsitekturnya, budayanya, bahkan logat bahasa yang di pakai orang-orang lokal. Nah seru kan, mengunjungi satu tempat tapi serasa berada di dua Pulau yang berbeda.

2. Serba murah meriah di Pulau Lombok
Kalau ditanya dimana tempat yang biaya hidupnya murah, kebanyakan orang akan terpikir kota Jogja yang terkenal dengan nasi kucingnya yang sangat murah. Tapi tahukah kamu bahwa di Lombok tidak kalah murahnya. Salah satu kuliner favorit di lombok yang terkenal murah adalah nasi balapnya. Satu porsi tau bungkus nasi balap hanya di hargai rata-rata Rp 3.000 saja, sama dengan harga nasi kucing di Jogja. Tetapi, porsi nasi yang akan kamu dapat 2-3 kali lipat dari porsi nasi kucing. Selain itu, lauknya juga jauh lebih lengkap, biasanya kamu akan mendapatkan ayam suwir, bihun, sayuran, serundeng, dan sambal. Keren kan! Sangat cocok buat kamu yang ingin liburan dengan budget pas-pasan. So, jangan ragu-ragu ya untuk datang ke Lombok.

3. Kemana-mana serba dekat
Jika kamu berlibur ke Lombok, disarankan untuk tinggal di wilayah ibu kota Mataram. Kenapa? Karena hampir seluruh aktifitas keseharian terpusat di wilayah tersebut. Itu akan memudahkan kamu untuk berpergian. Hampir 70% destinasi wisata mudah dijangkau dari kota Mataram. Jadi kamu tidak akan kehabisan ongkos transportasi. Selain itu, Kota Mataram terbilang kecil, sehingga segala tujuan sangatlah dekat. Bahkan empat mall yang ada di Mataram lokasinya lumayan berdekatan. Jika kamu menggunakan transportasi online untuk ke mall-mall yang ada di mataram, ongkos yang akan kamu keluarkan hanya akan seperti ongkos bajai di Jakarta. Murah kan!

4. Sama seperti Bali di Lombok juga mempunyai adat yang kental
Selain wisata alam, kamu juga akan dimanjakan dengan wisata adat di Lombok yang sangat kaya. Masyarakat Lombok sangat menjaga kekentalan adat dan budaya mereka yang sudah turun temurun. Kamu akan melihat berbagai acara dan upacara adat yang pastinya belum pernah kamu lihat sebelumnya. Ditambah lagi dengan campuran adat Bali, wisata budaya akan menjadi sangat kental dan unik. Salah satu acara adat di lombok yang terpengaruh budaya Bali adalah ogoh-ogoh. Acara tahunan yang memungkinkan kamu melihat puluhan bahkan ratusan patung-patung raksasa yang di arak sepanjang jalan di Lombok. Pastinya akan jadi pengalaman yang luar biasa.

5. Suasana dan pemandangan alam yang masih asri
Jika membayangkan Lombok, tentunya tidak lepas dari pamor pantai-pantainya yang sangat asri. Ya, ada puluhan pantai-pantai indah di lombok yang sangat bersih. Ini disebabkan kesadaran penduduk lokal akan kebersihan lingkungannya. Di setiap pantai sudah ada banyak tempat pembuangan terklasifikasi untuk menghindari para wisatawan yang membuang sampah sembarangan. Warga lokal pun tak akan segan menegur jika kamu membuang sampah tidak pada tempatnya. Jadilah lingkungan Lombok yang asri dan ramah.

Sumber: