Ada yang tau sejarah Bimbo?


(Radea Zulindra Ardisukma) #1

Bimbo adalah sebuah grup musik asal Bandung Indonesia yang menjadi hits di era '70-an. Ada yang tau sejarah dan perkembangan mereka bagaimana?


(Roseanne Nurinabila Amanky ) #2

Bimbo adalah sebuah grup musik asal Bandung Indonesia yang didirikan sekitar tahun 1967. Personel Bimbo terdiri atas tiga bersaudara kakak beradik Sam Bimbo, Acil Bimbo, dan Jaka Bimbo. Dan dalam perkembangannya kenudian ditambah oleh adik perempuan mereka Iin Parlina. Mereka bersenandung tentang cinta. Bercanda dalam lagu, mulai soal kumis, tangan, mata, sampai calon mertua atau membuat satire sosial. Tetapi, Bimbo juga bicara tentang Tuhan lewat lagu Tuhan.

Masa Kecil
Dilahirkan di kota Kembang Bandung, anak-anak dari pasangan Raden Dajat Hardjakusumah dan Oeken Kenran. Sam si anak sulung dari kecil suka menyanyi. Hal itu diikuti oleh adik-adiknya yang juga suka ikut menyanyi. Di pertengahan 1950-an Sam dan Atjil(kemudian diubah ejaannya menjadi Acil) dulu adalah pengagum Sam Saimun, seorang penyanyi Indonesia terkenal masa itu. Menjelang akhir 1950-an lagu-lagu Elvis Presley mulai masuk ke Indonesia. Mereka yang masih remaja kala itu pun ikut terkontaminasi. Dari sebelumnya bergaya seriosa ala Pavarotti, mereka terkena pengaruh musik rock ala Elvis.

Regenerasi Bimbo
Anak-anak personil Bimbo umumnya bermusik. Beberapa di antaranya ada yang kemudian serius, namun sebagian besar tidak melanjutkannya. Salah seorang yang cukup seius di antaranya adalah anak Sam Bimbo, yang bernama Asri Dewi Lestari biasa dipanggil Achi. Dia memutuskan profesional bermusik dengan ikut mendirikan sebuah grup band SHE. Selain itu juga ada saudaranya Dea yang memilih menjadi guru Piano di Jakarta.

Credit https://id.wikipedia.org/wiki/Bimbo