Ada yang tau makna dari lagu bengawan solo?

Bengawan Solo adalah sebuah lagu terkenal dari Indonesia yang menceritakan tentang aliran Sungai Bengawan Solo. Bengawan Solo diciptakan oleh Gesang pada tahun 1940. Selain terkenal di Indonesia, lagu ini merupakan lagu yang terkenal di seluruh Asia semenjak diperkenalkan oleh para tentara Jepang. Sejak saat itu, Bengawan Solo menjadi lagu favorit di Jepang yang dinyanyikan oleh banyak musisi Jepang. Lalu apa sebenarnya makna dari lagu tersebut?

Sebuah karya mampu seperti itu sudah pastilah lagu ini memiliki kekuatan. Sedang kekuatanjiwa dari alm.Gesang yang ada dalam lagu Bengawan Solo mudah saja mengalir pada tiap pendengar yang menikmati lagunya. Lagu ini memang sarat akan makna dan memiliki sejuta makna. Sebenarnya apa harapan alm.Gesang menciptakan lagu ini pada masa dulu, toh lagu ini seolah tidak akan lekang oleh zaman.

Lagu ini memiliki alam pikiran sendiri, entah mungkin dari kesengajaan alm.Gesang dalam mencipta karya ini. Tapi menurut saya kekuatan dalam lagu ini adalah kebesaran jiwa alm.Gesang semasa hidup dalam memandang alam sekaligus kehidupan sosial yang menyatu didalamnya.

Pikiran alm.Gesang seolah sangat luas dan jauh bahkan melebihi batasan geografis yang mampu dilampauinya. Semangat dan kearifan budi pekerti alm.Gesang mengenai pembelajaran kehidupan sungguh merupakan gambaran karya-karya beliau. Beliau mungkin tidak mungkin bertemu semua orang yang ada di alam raya ini. Namun melalui karya-karyanya seolah beliau hadir menyemangati semua orang, penikmat karyanya. Beliau hadir mengingatkan kembali makna sebenarnya kehidupan. Semua itu ialah kebesaran jiwa dari alm.Gesang, coba saja Anda membayangkannya dan masuklah ke alam karya-karya Gesang.