Ada yang tau Kisah Misteri dibalike Rongorongo (Artefak Kuno Penduduk Pulau Paskah)?

image

Meskipun banyak orang yang tahu tentang Moai di Easter Island, namun tidak banyak yang tahu tentang misteri lainnya berkaitan dengan Easter Island. ‘Rongorongo’ adalah bahasa tulisan yang sulit dibaca yang berasal dari pulau itu. mengapa artefak ini menyisakan misteri?

image

Rongorongo merupakan sebuah bahasa tulisan yang sulit dibaca dari para penduduk awal di Easter Island. Rongorongo dianggap misterius karena tidak ada satupun tetangga kaum oceania yang menggunakan bahasa maupun tulisan ini. Bahasa ini ditemukan di sekitar tahun 1700an, meskipun sayangnya hilang setelah para penjajah Eropa awal melarangnya disebabkan oleh kaitan-kaitannya dengan hal-hal mistis para penduduk asli di sana.

Penelitian terakhir dilakukan oleh peneliti Hongaria bernama Guillaume de Hevesy, ia menghubungkan tulisan yang berada di 40 tablet Rongorongo dengan tulisan pra sejarah Lembah Indus India. Ia mengatakan jika beberapa tablet yang berada di pulau Paskah tersebut bertuliskan sebuah perjanjian damai. Namun kesimpulan ini belum mendapatkan persetujuan dari banyak pihak sehingga Rongorongo masih menjadi perdebatan sampai saat ini.