Ada yang tau kisah kelompok Xiongnu yang menjadi misteri ini?

image

Sekitar tahun 300 SM dan 450 M, terdapat kelompok misterius pejuang steppe yang dikenal sebagai Xiongnu meneror China. Invasi berulang-ulang mereka lakukan untuk mendorong pembangunan benteng-benteng yang nantinya akan menjadi Tembok Besar. Sampai hari ini, identitas Xiongnu tetap menjadi misteri. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai kelompok misterius ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, teori yang berlaku menyatakan bahwa mereka merupakan suku Mongol Siberia. Yang lain percaya bahwa mereka merupakan orang Turki, Tocharian, Uralic, atau suku melange. Tetapi terdapat satu teori berpendapat bahwa nama “Xiongnu” dan “Hun” memiliki asal yang sama.

Pada 129 SM, perang pecah antara kelompok Xiongnu dan Kekaisaran Han, dan pada akhirnya, Han menang. Xiongnu menghadapi perang saudara antara tahun 60 dan 53 SM. Pada 89 M, setelah Pertempuran Ikh Bayan, Xiongnu bagian selatan menjadi bagian dari Kekaisaran Han, sementara Xiongnu utara diusir dari Mongolia. Beberapa percaya mereka terus ke barat, dan pada akhirnya di mana mereka menjadi orang-orang Hun.

Referensi: https://www.melihatmisteri.com