Ada yang punya info terbaru Aturan & Biaya Kelebihan Bagasi (Over Weight) Pesawat Lion Air

Lion Air merupakan salah satu maskapai hybrid carrier dari Indonesia yang memadukan penerbangan berbiaya rendah (LCC) dengan maskapai medium. Maskapai Lion Air berpusat di Lion Air Tower, Jl. Gajah Mada No. 7, Jakarta Pusat.

Lion Air melayani penerbangan lewat sejumlah bandara penghubung di Indonesia seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Bandara Internasional Juanda, Bandara Internasional Hang Nadim, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, serta Bandara Internasional Sam Ratulangi. Selain itu, Lion Air juga mempunyai pusat pemeliharaan maupun perbaikan pesawat yang terletak di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam dan dioperasikan oleh Batam Aero Technic.

Hingga kini Lion Air telah melayani lebih dari 36 rute penerbangan domestik dan sedang memperluas sayapnya hingga ke wilayah Asia Pasifik. Dalam satu hari, Lion Air melayani hingga 226 penerbangan domestik dan juga internasional.

Menurut kabar angin, ada aturan terbaru yang diberlakukan oleh Singa ini, apakah ada yang tau?

image

Berikut ini rincian aturan bagasi di maskapai penerbangan Lion Air:

image

Namun seperti halnya maskapai penerbangan lainnya, Lion Air menerapkan biaya tambahan bagi Anda yang membawa koper atau barang bawaan melebihi kapasitas bagasi (over weight) alias excess baggage. Biaya kelebihan berat kapasitas bagasi ini cukup bervariasi, tergantung dari rute tujuan penerbangan Anda. Biasanya pihak Lion Air menarik tarif sekitar Rp 7.000 hingga Rp 75.000 per kg.

Sebagai contoh untuk penerbangan Lion Air rute domestik dari Yogyakarta-Jakarta dan sebaliknya dipatok tarif over baggage sekitar Rp 8.800 per kilogram, sedangkan biaya kelebihan bagasi untuk rute Jakarta-Medan Rp 22.000 per kg, dengan asumsi semakin dekat jarak penerbangannya, maka akan semakin murah biaya excess baggage yang dikenakan kepada Anda.

Lion Air saat ini juga sudah menyediakan fitur prepaid baggage yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran bagasi pada saat melakukan pemesanan tiket supaya lebih menghemat waktu dan biaya. Kuota kelebihan bagasi yang tersedia adalah 5 kg, 10 kg, 15 kg, 20, dan berlaku kelipatannya. Layanan prepaid baggage bisa Anda pesan sejak 6 jam sebelum keberangkatan.