Ada berapa macam dekonsentrasi menurut Rondenelli?

gambar
Ada berapa macam dekonsentrasi menurut Rondenelli?

Menurut Rondenelli (1983), dekonsentrasi itu dapat dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe field administration dan tipe local administration.

Dalam tipe field administration, pejabat lapangan diberi keleluasaan untuk mengambil keputusan, seperti merencanakan, membuat keputusan-keputusan rutin, dan menyesuaikan pelaksanaan kebijaksanaan pusat dengan kondisi setempat. Kesemuanya dilaksanakan atas petunjuk departemen pusat. Dalam sistem ini meskipun para staf lapangan bekerja di dalam lingkungan yurisdiksi pemerintah lokal yang memiliki kewenangan semi otonomi, mereka adalah pegawai departemen pusat dan tetap berada di bawah perintah dan supervisi pusat.

Sedangkan pada tipe local administration, semua pejabat di setiap tingkat pemerintahan merupakan perwakilan dari pemerintah pusat, seperti provinsi, distrik, kotapraja, dan sebagainya, yang dikepalai oleh seseorang yang diangkat oleh dan berada di bawah dan bertanggung jawab kepada departemen pusat. Mereka bekerja di bawah supervisi teknik dan pengawasan departemen pusat.