Ada apa saja di taman burung TMII?

TMII

Meskipun merupakan tempat wisata lama, namun Taman Mini tak pernah bosan untuk dikunjungi, bahkan bisa menjadi salah satu destinasi wisata murah Jakarta. Belum lagi, di Taman Mini ini tersedia banyak wahana yang bisa dinikmati oleh setiap orang, lalu ada Kereta Gantung, replika rumah adat, museum pesawat terbang, bioskop 4D dan yang paling menarik adalah Taman Burung. Ada apa saja di taman burung TMII?

Taman Burung ini terletak di bagian ujung, dekat dengan rumah adat Indonesia bagian timur. Dari kejauhan sudah bisa terdengar suara merdu ekstotis dari burung-burung Indonesia ini. Karena memang dirawat dengan maksimal dan juga dijaga kualitasnya, untuk bisa mengunjungi Taman Burung ini dibutuhkan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000. Namun, saat sudah tiba di dalam, sudah terpampang booth untuk foto bersama dengan burung elang atau kakak tua yang dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk berfoto dengan satu burung.

Taman Burung di Taman Mini ini memang benar-benar mengingatkan akan Pulau Rambut, kawasan konservasi burung dan juga Taman Nasional Baluran. Sama halnya, burung-burung tersebut berkicau merdu dan terbang kesana kemari, ada yang sendiri ada yang berkelompok.

Taman Burung ini memang dirawat dengan sangat apik dan rapih dengan lokasi yang sudah seperti hutan dengan kerapatan sedang. Selain itu, tersedia berbagai kandang burung yang dibuat melanjung sangat tinggi. Beberapanya, sang burung bisa berkeliaran bebas di sangkar yang besar tersebut.

Di Taman Burung ini terdapat Rangkong Badak, Buceros rhinoceros, yang termasuk burung rangkong terbesar se-Asia. Setiap kandang diberi informasi detail seputar burung Hal yang menarik di Taman Burung ini adalah setiap kandang diberikan informasi mengenai burung-burung yang terdapat di taman tersebut. Tidak hanya sebagai sarana hiburan dan juga wisata, namun Taman Bunga ini juga bisa menjadi tempat belajar dengan para anak-anak.

Di Taman Burung ini juga tersedia habitat burung-burung laut, contohnya Bangau Tong-Tong dan Ibis Roko-Roko, bahkan lengkap dengan Elang Laut Perut Putih. Ukuran tubuh burung-burung tersebut bisa dibilang cukup besar. Namun sayangnya, kandang di dalam burung ini terbilang cukup kecil dan kurang membuat para burung bisa leluasa bergerak dan terbang bebas.

Selain itu, di Taman Burung ini terdapat Merak yang dilepas bebas dan mereka sudah akrab dan bersahabat dengan para manusia. Mereka tidak takut didekati padahal di saat di hutan, para Merak biasanya takut saat didekati.

Bisa dibilang, Taman Burung ini merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang murah meriah. Di Taman Burung, kamu bisa mendapatkan sisi fotografi, edukasi, sampai kepuasan hati menikmati satwa lokal Indonesia. Di momen merayakan kemerdekaan Indonesia ini, marilah bersama-sama memperdalam kekayaan alam Indonesia, khususnya burung-burung lokal nan eksotis.

Sumber: