3 Kolam Renang Alami Indonesia Punya, Bikin Kamu Terpesona!

Sendang Mudal, Magelang

Sendang Mundal adalah sebuah sumber mata air yan mempunyai air kolam yang alami dan jernih. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tapi pemandangan alam disekitar kolam sangat indah dan menawan karena dikepung area persawahan.

Sumber air yang mengisi kolam ini terus mengalir memastikan sirkulasi air yang ada di dalam kolam tetap terjaga sehingga membuatnya jernih sepanjang waktu. Lokasi Sendang Mundal berlokasi di Dusun Butuh Kulom, Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Mata Air Cimincul, Subang

Mata air Cimincul terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Subang, Jawa Barat. Terdapat dua kolam air di kawasan wisata ini. Kedalamannya kolam airnya berkisar antara 50 cm-120cm, tidak usah khawatir buat kamu yang gak begitu bisa berenang.

Kata Cimincul berasal dari padanan kata, antara cai (air) dan mincul (timbul). Mata air Cimincul tidak hanya menawarkan sumber airnya yang jernih tapi juga menawarkan keindahan panorama hijaunya persawahan.

Umbul Manigom, Simalungun

Pada awalnya obyek wisata Umbul Manigom jarang diketahui oleh orang karena letaknya yang berada jauh dari pusat kota dan terlantar tidak terawat dengan rerumputan liar dibiarkan tumbuh di sekeliling umbul. Namun, semenjak beberapa traveller berfoto di kawasan ini, Umbul Manigom kembali menjadi bahan pembicaraan di kalangan para traveller.

Umbul Manigom terletak di Dusun Buntu Bartong, Tiga Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan atau sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Medan. Umbul Manigom dikenal memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Bahkan saking jernihnya, kamu bisa melihat dasar kolam yang tampak begitu jelas dari atas kolam.

Airnya yang dingin dan menyegarkan berasal dari tiga sumber mata air alami bebas dari limbah. Kolam alami ini memiliki kedalaman air yang bervariasi sehingga ramah untuk anak-anak maupun dewasa.

Kalau kamu ke Derawan kamu bisa mengunjungi Goa Haji Mangku namanya. Sesuai dengan namanya Goa Haji Mangku ditemukan oleh Haji mangku. Goa Haji Mangku merupakan salah satu destinasi di Kepulauan Derawan dan masih jarang didengar wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Goa Haji Mangku tergolong kolam alami di bawah tanah di dalam gua yang aliran airnya menyambung ke laut sehingga air daru Goa Haji Mangku terasa asin.

Goa Haji Mangku berlokasi di Kampung Payung-payung, Pulau Maratua. Dari Pulau Derawan, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan boat.