10 Tips Membuat Agile Product Roadmap


Roadmap produk adalah alat yang kuat untuk menggambarkan bagaimana sebuah produk akan tumbuh, untuk menyelaraskan pemangku kepentingan, dan untuk memperoleh anggaran untuk mengembangkan produk. Tetapi menciptakan peta jalan yang efektif tidaklah mudah, terutama dalam konteks yang lincah di mana perubahan sering terjadi dan tidak terduga. Postingan ini berbagi sepuluh kiat praktis untuk membantu Anda membuat peta jalan produk tangkas yang dapat ditindaklanjuti.

  1. Focus on Goals and Benefits
    Setiap kali Anda dihadapkan dengan lingkungan yang dinamis dan lincah — apakah itu produk Anda masih muda dan mengalami perubahan signifikan atau bahwa pasar itu dinamis dengan pesaing atau teknologi baru yang memperkenalkan perubahan, Anda harus bekerja dengan peta jalan produk yang berorientasi pada tujuan, kadang-kadang juga disebut sebagai berbasis tema. Peta jalan yang berorientasi tujuan berfokus pada sasaran, sasaran, dan hasil seperti mendapatkan pelanggan, meningkatkan keterlibatan, dan menghapus utang teknis. Fitur masih ada, tetapi mereka berasal dari tujuan dan harus digunakan dengan hemat. Gunakan tidak lebih dari tiga hingga lima fitur per sasaran, sebagai aturan praktis.

  2. Do the Necessary Prep Work
    Jelaskan dan validasikan strategi produk — jalur untuk merealisasikan visi Anda — sebelum Anda membuat peta jalan dan memutuskan bagaimana strategi tersebut diimplementasikan dengan baik, seperti yang digambarkan gambar berikut.

  3. Tell a Coherent Story
    Roadmap produk Anda harus menceritakan kisah yang koheren tentang kemungkinan pertumbuhan produk Anda. Setiap rilis harus dibangun di atas yang sebelumnya dan memindahkan Anda lebih dekat ke visi Anda. Jelas siapa audiens Anda: Sebuah peta jalan produk internal yang berbicara tentang pengembangan, pemasaran, penjualan, layanan, dan kelompok lain yang terlibat dalam membuat produk Anda sukses; dan peta jalan eksternal ditujukan untuk pelanggan yang ada dan calon pelanggan. Buat peta jalan Anda realistis: Jangan berspekulasi dan jangan terlalu menjual produk Anda.

  4. Keep it Simple
    Tolak godaan untuk menambahkan terlalu banyak detail ke peta jalan Anda. Buat peta jalan Anda sederhana dan mudah dimengerti. Tangkap apa yang benar-benar penting dan tinggalkan sisanya dengan berfokus pada tujuan. Simpan fitur di peta jalan Anda yang kasar dan dapatkan mereka dari tujuan. Detailnya, termasuk epik, cerita pengguna, skenario, dan desain UI, termasuk dalam jaminan produk dan bukan pada peta jalan Anda, seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

  5. Secure Strong Buy-in
    Peta jalan terbaik tidak ada gunanya jika orang yang diperlukan untuk mengembangkan, memasarkan, dan menjual produk tidak membeli ke dalamnya. Cara terbaik untuk membuat kesepakatan adalah berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan utama untuk membuat dan memperbarui peta jalan produk. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan ide dan pengetahuan mereka dan menciptakan daya beli yang kuat. Menjalankan lokakarya roadmap bersama merupakan cara yang bagus untuk melibatkan semua orang dan membuat peta jalan produk bersama, seperti yang digambarkan gambar berikut.

  6. Have the Courage to Say No
    Meskipun Anda ingin mendapatkan dukungan dari para pemangku kepentingan utama, Anda tidak boleh mengatakan ya untuk setiap ide dan permintaan. Ini akan mengubah peta jalan produk Anda menjadi sup fitur, kumpulan fitur acak. “Inovasi bukan tentang mengatakan ya untuk segalanya. Ini tentang mengatakan tidak untuk semua kecuali fitur yang paling penting, ”kata Steve Jobs. Gunakan visi dan strategi produk Anda untuk membuat keputusan yang tepat. Milikilah keberanian untuk mengatakan “tidak”. Ingat: Kolaborasi membutuhkan kepemimpinan.

  7. Know When to Show Dates
    Beberapa orang menyarankan untuk tidak pernah menampilkan tanggal di peta jalan produk, yang lain selalu menyertakannya. Saya merekomendasikan untuk menggunakan tanggal atau jangka waktu pada roadmap internal yang mengoordinasikan pekerjaan yang dilakukan oleh pemangku kepentingan internal, seperti, tim pengembangan, pemasaran, penjualan, dan dukungan. Ini sangat penting untuk produk yang dikencani oleh tanggal seperti smartphone yang harus siap untuk penjualan Natal atau aplikasi perjalanan yang harus diperbarui sebelum liburan musim panas dimulai. Tetapi ketika Anda menggunakan peta jalan eksternal yang diperlihatkan kepada pelanggan dan pengguna dan sering digunakan sebagai alat penjualan, maka saya sarankan untuk tidak menunjukkan tanggal atau jangka waktu apa pun tetapi mengurutkan rilis Anda dan kemungkinan menggunakan jaringan sekarang-nanti-nanti untuk memesannya.

  8. Make your Roadmap Measurable
    Ketika menggunakan roadmap yang berorientasi pada tujuan, pastikan bahwa setiap tujuan dapat diukur. Ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah Anda telah mencapai tujuan atau tidak. Jika tujuan Anda adalah mendapatkan pelanggan, misalnya, tanyakan pada diri Anda sendiri berapa banyak pelanggan baru yang harus diperoleh; atau jika sasaran Anda adalah mengurangi utang teknis, tentukan seberapa banyak kode buruk harus dihapus atau ditulis ulang.
    Jika Anda tidak menyatakan target, akan sulit untuk mengatakan apakah Anda telah memenuhi sasaran atau tidak. Namun, pastikan bahwa Anda menyatakan target yang realistis, dan bahwa sasaran di peta jalan Anda realistis. Kemudian pilih metrik yang akan membantu Anda menentukan apakah tujuan telah terpenuhi dan apakah rilis telah memberikan manfaat yang diinginkan.

  9. Determine Cost Top-Down
    Tentukan berapa banyak orang dengan keterampilan apa yang dibutuhkan untuk membuat rilis yang diinginkan di peta jalan. Dapatkan pengalaman Anda dalam mengembangkan produk serupa atau versi sebelumnya dari produk yang sama; pertimbangkan apakah cukup banyak orang dengan keahlian yang tepat yang tersedia di perusahaan Anda, atau apakah Anda harus menyewa atau mengontrak orang. Ini harus memberi Anda indikasi kemungkinan biaya tenaga kerja yang diperlukan. Kemudian tambahkan biaya untuk fasilitas, infrastruktur, materi, lisensi, dan item relevan lainnya. Lakukan latihan ini bersama dengan tim pengembangan.

  10. Regularly Review and Adjust the Roadmap
    Oleh karena itu, Anda harus secara teratur meninjau dan memperbarui peta jalan produk Anda — antara setiap empat minggu hingga setiap tiga bulan, tergantung pada seberapa muda produk Anda dan seberapa dinamis pasarnya.

Referensi