10 Software untuk Membantumu Hidup Minimalis dan Menemukan Ketentraman Didalamnya

Minimalisme adalah sebuah gaya hidup yang berfokus pada memiliki lebih sedikit, namun lebih bermakna. Konsep ini telah menjadi tren populer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu film Thailand karya Nawapol Thamrongrattanarit berjudul Happy Old Year menjadi salah satu alasan populernya gaya hidup minimalis ini. Jauh sebelum itu, konsep ini telah dipopulerkan oleh tokoh-tokoh seperti Joshua Fields Millburn dan Ryan Nicodemus. Salah satu tokoh terkenal Indonesia yang menerapkan konsep minimalis ini adalah Raditya Dika, seorang stand up komedian.

Banyak orang yang miskonsepsi dengan gaya hidup ini. Minimalis lebih luas maknanya dari sekadar cuci gudang dan membuang hal-hal yang tidak penting. Konsep ini bukan hanya tentang membuang barang-barang yang tidak terpakai, tetapi juga tentang memilih dengan cermat apa yang kita masukkan ke dalam hidup kita. Konsep ini mengajarkan untuk selalu merasa cukup dengan apa yang kita punya. Hal ini bisa berarti memiliki lebih sedikit barang fisik, menghabiskan lebih sedikit waktu untuk hal-hal yang tidak penting, dan fokus pada apa yang benar-benar penting bagi kita.

Manfaat hidup minimalis banyak sekali, di antaranya:

  • Mengurangi stres: Memiliki lebih sedikit barang berarti lebih sedikit yang harus dibersihkan, dirawat, dan dikhawatirkan.
  • Meningkatkan fokus: Dengan lebih sedikit gangguan, kita dapat lebih fokus pada hal-hal yang penting bagi kita.
  • Meningkatkan kebahagiaan: Minimalisme dapat membantu kita untuk lebih menghargai apa yang kita miliki dan merasa lebih bersyukur.
  • Menghemat uang: Dengan membeli lebih sedikit barang, kita dapat menghemat uang dan meminimalisir pengeluaran. Ada baiknya uang tersebut ditabung untuk membeli keperluan yang kita butuhkan di masa depan.
  • Meningkatkan kesehatan: Minimalisme dapat mendorong gaya hidup yang lebih sehat dengan fokus pada makanan yang lebih segar, aktivitas fisik yang lebih banyak, dan tidur yang lebih berkualitas.

Gaya hidup minimalis bisa dimulai dengan diri kita sendiri dan di zaman teknologi ini, ada banyak sekali software atau aplikasi yang dapat menunjang dan membantu kita menuju hidup minimalis itu. Berikut adalah 10 software yang dapat membantu:

  1. ToDoist: Sebuah aplikasi daftar tugas yang membantu kita mengatur dan menyelesaikan tugas-tugas dengan lebih efisien. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih fokus pada apa yang penting dan menghindari gangguan.

  2. Spotify: Siapa yang tidak mengenal raksasa dari layanan streaming musik ini? Spotify membantu anda untuk merekomendasikan lagu-lagu cozy dan warming yang dapat membantu anda secara psikologis agar lebih tenang dan nyaman dalam menikmati hidup.

  3. Redecor: Aplikasi ini sebenarnya adalah game yang mengarah ke home design. Anda bisa membangun rumah impian anda dengan gaya yang minimalis. Game-game yang tanpa konflik seperti ini cukup membantu anda dalam mengurangi stress di dalam tubuh dan anda merasa lebih tenang.

  4. Freedom: Sebuah aplikasi yang membantu kita memblokir situs web yang mengganggu selama waktu tertentu. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih fokus pada pekerjaan dan mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar.

  5. OLX: Sedikit tidak berhubungan dengan minimalis, tetapi aplikasi ini secara tidak langsung membantu anda menjual produk-produk bekas yang sudah tidak dipakai. Semua barang yang sudah tidak terpakai mulai dari perintilan-perintilan kecil hingga kendaraan pun bisa anda jual disini. Kalau dipikir, cukup lucu bahwa faktanya e-commerce ini bisa membantu hidup menjadi lebih minimalis.

  6. Mint: Sebuah aplikasi keuangan yang membantu kita melacak pengeluaran dan anggaran. Hal ini dapat membantu kita untuk lebih bijak dalam menggunakan uang dan mencapai tujuan keuangan kita.

  7. Kindle: Sederhananya, aplikasi ini merupakan perpustakaan elektronik. Anda dapat membaca jutaan buku yang terdapat didalamnya. Jika anda merasa tidak perlu membeli buku fisik karena dapat menghabiskan tempat, Kindle adalah aplikasi yang tepat. Anda dapat membaca buku dari berbagai genre, penulis hingga negara hanya dari hape anda dan bisa digunakan kapanpun dan dimana pun.

  8. Lifesum: Lifesum adalah aplikasi pelacak kesehatan dan nutrisi yang membantu Anda mencapai tujuan kesehatan Anda dengan cara yang minimalis. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk membantu Anda melacak asupan makanan, olahraga, dan berat badan Anda dengan sederhana dan jelas. Aplikasi ini secara tidak langsung membantu anda untuk hidup minimalis dengan mengatur kebutuhan esensial tubuh anda.

  9. IKEA: Rumah menjadi salah satu aspek penting untuk membantu hidup menjadi lebih minimalis dan IKEA bisa membantu itu. IKEA terkenal dengan produk-produk rumahnya yang stylish dan minimalis. Sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin hidup minimalis untuk menggunakan produk IKEA ini. Cukup pesan aplikasinya, pilih sesuai selera dan anda selangkah lagi menuju hidup yang minimalis.

  10. Headspace: Sebuah aplikasi meditasi yang membantu kita menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Aplikasi ini sangat family friendly karena bisa digunakan untuk semua kalangan. Didalamnya dibagi lagi menjadi meditasi khusus anak-anak hingga orang dewasa. Headspace cocok sekali digunakan sebelum tidur karena konten audio yang ditawarkan sangat comforting dan membuat tidur lebih nyenyak. Tidak hanya itu, Headspace juga bisa digunakan saat kondisi darurat seperti saat anda mengalamai panic attact atau anxiety. Hal ini dapat membantu anda untuk lebih fokus, lebih bahagia, dan lebih sehat.

Pada akhirnya, software-software ini hanyalah alat, dan tidak ada satu solusi yang cocok untuk semua orang. Dengan adanya software-software ini, tidak menjamin bahwa hidup anda akan lebih minimalis dibanding sebelumnya. Semua balik lagi ke pribadi masing-masing karena untuk mengubah gaya hidup, perlu yang namanya komitmen dan kemauan. Yang terpenting adalah jangan memaksakan diri anda sepenuhnya jika belum siap. Cobalah beberapa software ini dan lihat mana yang paling membantu Anda dalam mencapai tujuan minimalis Anda.

Ingatlah, minimalis bukan tentang menyingkirkan semua yang Anda miliki, tetapi tentang memilih dengan cermat apa yang Anda masukkan ke dalam hidup Anda. Fokuslah pada apa yang benar-benar penting bagi Anda dan nikmati kesederhanaan.