10 Rekomendasi Program Ramadhan 2024 di Youtube

10 rekomendasi program ramadhan 2024 di Youtube yang siap nemenin sahur dan ngabuburit-mu

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang Istimewa, khususnya untuk umat Islam. Tak hanya dunia nyata, dunia maya pun ikut merayakan keseruan bulan ramadhan lewat program-program khusus Ramadhan di Youtube.

Youtube yang di tahun 2024 semakin berkembang ini juga telah dimanfaatkan untuk melahirkan banyak program Ramadhan, sama seperti televisi pada masanya.

Program Ramadhan di Youtube memiliki varian genre yang sangat beragam. Mulai dari Talkshow sebelum sahur, Podcast, kultum, hingga kajian Kesehatan.

  1. Reconnect With Quran - YNTV

Program ini merupakan konten Youtube yang ditayangkan pada kanal YNTV. Dikelola oleh beberapa member dari Yuk Ngaji ID. Mereka adalah Ustadz Felix Siauw, Fuadh Naim, Risco Aditama, Weemar Aditya, Hidayat Arifitanto, Cahyo A. Irysad, dan Husain Assadi.

Konsep program ini adalah dialog dan diskusi antara Ust. Felix Siauw dengan salah satu member Yuk Ngaji ID lain. Sesuai judulnya, obrolannya banyak membahas tentang kandungan al-Qur’an yang sering dilewatkan kebanyakan orang.

Program ini tayang setiap hari selama bulan Ramadhan pukul 16.00 WIB di kanal YNTV. Durasinya cukup Panjang antara 40 – 60 menit tiap episodenya, cocok untuk menunggu berbuka puasa.

  1. Podcast Talkjil – Kasisolusi

Podcast menjadi salah satu pilihan genre konten yang tepat untuk temani sahur maupun berbuka, salah satunya Podcast Talkjil di kanal Kasisolusi. Program ini diisi oleh Ustadz Dzularnain dan Deryansha yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan bintang tamu terkait Islam dan Ramadhan.

Program yang sudah ada sejak Ramadhan tahun lalu ini siap menemani sahur para penontonnya, karena tayang setiap hari pukul 03:00 WIB. Durasi tiap videonya sekitar 45-60 menit, sehingga sangat cocok untuk menemani penontonnya menunggu adzan subuh.

  1. Akusuka (Ayo Kultum Sejenak Sebelum Berbuka) – Adi Hidayat Official

Program ini merupakan konten Youtube yang tayang di channel official Ustadz Adi Hidayat. Berisi ceramah singkat yang siap menemani kita menyantap hidangan berbuka puasa.

Video kultum ini dirilis premiere setiap hari pukul 18.00 WIB selama bulan Ramadhan. Karena sifatnya kultum, durasi tiap video cukup singkat sekitar 15-20 menit. Sangat cocok untuk tontonan sebelum adzan maghrib.

  1. Kajian Jelang Iftar – dr. Zaidul Akbar

Program ini merupakan monolog kajian dari dr. Zaidul Akbar. Program ini mirip kultum seperti ustadz Adi Hidayat di atas. Namun dr. Zaidul Akbar tentu punya segmen pembahasan yang sangat khas, karena kepakaran beliau di bidang Kesehatan.

Tayang setiap hari pukul 16:30 WIB di kanal Youtube dr. Zaidul Akbar, siap menemani waktu ngabuburit. Video monolog ini rerata berdurasi 30-40 menit.

  1. Ingat Akhirat – Noice

Setelah mentasbihkan diri sebagai ‘Habib Industri’, Ramadhan menjadi ruang dakwah yang amat luas bagi Habib Ja’far.

Tak hanya tayang reguler di kanal Deddy Corbuzier, Ulama yang bernama lengkap Husain Ja’far al-Hadar ini juga punya program rutin mingguan selama Ramadhan di kanal Youtube Noice.

Program ‘Ingat Akhirat’ ini merupakan segmen Ramadhan untuk program resmi beliau di kanal tersebut ‘Berbeda tapi Bersama’. Sesuai nama programnya, di konten ini Habib Ja’far menampilkan obrolannya bersama beberapa orang yang ada di luar sirkel pertemanan beliau.

Program ini tayang setiap Jum’at selama bulan Ramadhan, mulai 8 Maret lalu. Program ini dijadwalkan akan tayang sebanyak 5 kali, dengan 5 bintang tamu yang berbeda. 5 bintang tamu tersebut adalah Oza Rangkuti, Ummi Quary, Ebel Cobra, Hifdzi Khoir, dan Arie Kriting.

Program ini tayang di kanal Youtube Noice dan aplikasi Noice yang bisa diunduh di AppStore maupun PlayStore secara gratis. Durasi tiap videonya sekitar 50-60 menit.

  1. Warung Ramadan – Taulany TV

Sebagai Rajanya komedi, ‘Pak Haji’ Andre Taulany juga turut meramaikan skena hiburan selama bulan suci Ramadhan ini melalui programnya ‘Warung Ramadan’.

Warung Ramadan merupakan program Sketsa Talkshow yang berisi obrolan-obrolan santai Pak Haji dengan bintang tamu. Dinamakan ‘Warung Ramadan’ karena konsep kontennya yang menggunakan latar belakang warung kaki lima yang diisi oleh Boyen sebagai penjaga warung, Inyonk sebagai ojol, dan Amanda sebagai saingan warung sebelah.

Program ini tayang secara eksklusif di Kanal Taulany TV setiap selasa dan kamis. Dengan durasi 40-60 menit sangat cocok untuk menemani waktu ngabuburit.

  1. Karamboy – Wendi Cagur

Program ini merupakan tayangan unik pada kanal Youtube Wendi Cagur. Konsep tayangannya adalah bincang santai antara 3 orang: Wendi, Inyonk, dan Adjis Doaibu. Uniknya, bincang santai ini dilakukan sembari bermain gim karambol.

Karambol di kampung memang identik dengan Ramadhan, karena biasa dimainkan anak-anak muda sambil menunggu waktu berbuka. Menonton program ini seperti menonton anak tongkrongan yang sedang ngabuburit.

Tayang setiap hari selama bulan Ramadhan di kanal Youtube Wendi cagur, berdurasi 20-30 menit tiap videonya.

  1. Download – Dr. Richard Lee

Turut memeriahkan Ramadhan tahun 2024 ini, dr. Richard Lee juga hadir di kanal Youtubenya dalam Program ‘Download’. Sebuah talkshow yang menghadirkan dr. Richard Lee dan Young Lex Sebagai Host, serta Ustadz Felix Siauw dan Ustadz Dennis Lim.

Sebuah konsep yang menarik untuk mempertemukan seorang ustadz yang sering dituduh radikal, dengan dokter non muslim yang sering dibilang kafir. Bahkan dalam program ini, tim dr. Richard lee mendesain khusus kaos ustadz Felix dengan tulisan “Si Paling Radikal” dan kaos dr. Richard dengan tulisan “Si Paling Kafir”.

Tayang setiap hari pukul 14.00 WIB di kanal dr. Richard Lee, program ini akan mencoba menjawab banyak ketidak tahuan host tentang Islam dari dua sudut pandang tokoh agama Islam. Durasi tiap videonya 50-60 menit.

  1. Sahur Nih Yee – Vindes

Kanal Youtube Vindes memang konsisten menghadirkan program-program Ramadhan yang menghibur sejak tahun lalu. Kini Vindes hadir dengan ‘Sahur Nih Yee’, sebuah program komplit menemani sahur para Vivin dan Dedes.

Konsep program ini sangat komplit selayaknya program sahur televisi. Ada sesi games, sesi kuis, hingga sketsa dan talkshow. Yang menjadi daya tarik lain, program ini ditayangkan secara langsung, tidak direkam sebagaimana kanal-kanal Youtube lain.

Pengisi program ini juga komedian-komedian lucu seperti Desta, Indra Jegel, Mamat Alkatiri, Ebel Cobra, dan masih banyak lagi.

Para Vivin dan Dedes dapat menonton program ini setiap senin-jumat mulai pukul 02.30 WIB. Program ini konsisten menemani sahur hingga adzan subuh berkumandang, dengan total durasi 2 jam lebih.

  1. LogIn – Deddy Corbuzier

Langsung meledak dengan 2 juta penonton dalam kurang dari sehari, program ini masih jadi Rajanya program Ramadhan di Youtube. LogIn kini Kembali di season kedua, masih bersama dengan Habib Ja’far dan Onadio Leonardo.

Obrolan dua orang yang memiliki latar belakang sangat berbeda satu sama lain ini masih banyak menyita mata penonton di Youtube. Dengan konsep gimmick yang masih sama, yakni bagaimana Habib Ja’far berusaha memperkenalkan Islam kepada Onad dengan baik, hingga ia bersedia untuk LogIn (mualaf).

Tak hanya berdua, program ini juga turut mengundang banyak Bintang tamu dari latar belakang agama yang tak hanya berbeda, tapi juga unik.

Tayang setiap hari pukul 20.20 WIB di kanal Deddy Corbuzier. Dengan durasi 50-60 menit, program ini siap temani para penikmatnya untuk sahur maupun menunggu waktu berbuka.

Itulah tadi 10 program Youtube yang bisa jadi rekomendasi tontonan untuk mengisi Ramadhan tahun ini. Tentu di Youtube masih banyak pilihan program-program lain yang serupa dengan program-program di atas untuk meramaikan bulan suci Ramadhan.