10 Rekomendasi Laptop untuk Memulai Streaming

Semua saluran streaming teratas memiliki satu kesamaan, yaitu pengalaman yang unik dan imersif bagi penonton. Memiliki konten yang kreatif dan menarik adalah salah satu bagiannya. Konten harus direkam dan dialirkan menggunakan peralatan berkualitas tinggi agar streaming dapat menarik penggemar secara massal.

Laptop yang bagus untuk streaming dapat menjadi investasi terbaik bagi pembuat konten. Dengan pilihan yang tepat, seseorang dapat memiliki semua alat perekaman, pengkodean, dan streaming dalam satu paket.

Namun, hanya beberapa laptop yang dapat mempertahankan kerasnya streaming, apalagi mengoptimalkan kualitas streaming. Berikut 10 rekomendasi laptop untuk streaming.

Acer Nitro 5

Jika ada kontes untuk laptop terbaik untuk streaming, Acer Nitro 5 akan menang, pasti. Acer Nitro 5 benar-benar menarik perhatian dengan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX (8-core), RAM DDR4 32GB yang sangat besar, dan prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX 3080. Hal ini memungkinkan untuk streaming dengan lancar, bahkan membuka program secara bersamaan. Fitur lainnya Keyboard dengan lampu latar RGB 4-Zone; Teknologi Acer CoolBoost dengan kipas kembar dan port pembuangan quad.

Keunggulan laptop ini adalah pengoprasian yang sejuk dan senyap bahkan dalam mode performa ekstrem. Kemudian keyboard ergonomis yang mudah digunakan dan harga terjangkau.

Sayangnya laptop ini mempunyai kekurangan. Tampilannya di bawah rata-rata dibandingkan laptop lain, dan beban berat mengurangi masa pakai baterai secara signifikan.

MSI GF65

Mau streaming tapi anggaran terbatas? MSI GF65 solusinya. MSI GF65 adalah laptop streaming yang cukup mumpuni dengan fitur-fitur seperti prosesor core i5-10500H Generasi Ke-10, GPU Nvidia GeForce RTX 3060, dan RAM 8GB DDR4 yang cukup mumpuni. Meskipun harganya murah MSI GF65 dapat mengalahkan beberapa alternatif dengan harga tinggi.

Kelebihan laptop ini adalah harganya yang sangat terjangkau mengingat kemampuan streamingnya, ringan dan portable beratnya 4,1 lbs. dan ukurannya 0,9″ tipis, serta memiliki desain yang ramping.

Kekurangannya sebagian besar casingnya terbuat dari plastik, sehingga terasa tidak nyaman bagi sebagian orang. Panas berlebih karena beban ekstrem.

ASUS ROG Zephyrus Duo SE 15

Bermain game sekaligus streaming bisa membebani sebagian besar komputer. ASUS ROG Zephyrus Duo SE 15 hadir untuk menangani hal ini dengan mudah, dan Anda tidak akan melihat lonjakan suhu CPU atau kelambatan kinerja seperti pada kebanyakan laptop streaming. Daya komputasi dahsyat ASUS ROG Zephyrus hadir dari prosesor AMD Ryzen 9 5980HX dan RAM DDR4 16GB. Dipasangkan dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB, laptop ini dapat menangani tugas gaming atau streaming apa pun sekaligus memberikan kenyamanan maksimal dan kualitas streaming bagi para penonton.

Kelebihannya sangat serbaguna. Memiliki fitur produktivitas, pengeditan, dan streaming tingkat lanjut. Meskipun performanya bertenaga, laptop ini memiliki desain yang elegan. Ringan dan portabel. Meminimalkan kebisingan dari kipas pendingin.

Kekurangan: laptop ini tidak memiliki webcam internal dan harganya bisa sangat mahal. Desain yang tidak konvensional mungkin memerlukan waktu untuk membiasakan diri.

Razer Blade Pro 17

Laptop 17 inch terbaik untuk streaming ini memiliki graphic card NVIDIA RTX 2080 SUPER yang kuat, memungkinkan Anda untuk membuat streaming berkualitas tinggi dengan jeda minimal. Laptop ini juga memiliki prosesor Intel Core i7-11800H, sehingga sangat cocok untuk multitasking sambil streaming. RAM 16GB-nya lebih dari cukup untuk pengalaman bermain game dan streaming yang lancar.

Keunggulan: Kualitas rakitan luar biasa dan tahan lama, Performa tampilan dan audio yang tak tertandingi memastikan pengalaman impresif bagi penonton, cepat, bertenaga, dan dapat menangani apa pun yang diberikan padanya.

Kekurangan: Performa baterai kurang optimal, sebagian disebabkan oleh prosesor yang tidak hemat energi. Kipas sangat berisik dan mungkin tidak mendinginkan laptop secara efisien sehingga perlu didesain ulang.

ASUS ZenBook Pro Duo UX5

Jika anggaran bukan masalah, ASUS ZenBook Pro Duo UX5 adalah laptop streaming terbaik yang harus Anda dapatkan. Dengan layar sentuh OLED 4K UHD 15,6 inch yang sangat responsif dan layar sentuh Screen Pad Plus 14 inci kedua, Anda dapat melakukan banyak tugas dengan mudah.

ZenBook juga dilengkapi dengan prosesor Core i7 generasi ke-10 dari Intel dan kartu grafis NVIDIA RTX 2060. Hal ini memastikan kinerja streaming yang lancar dan memungkinkan untuk bermain game yang kuat juga. Laptop ini juga memiliki RAM 32GB, yang cukup untuk aktivitas streaming kelas atas.

Kelebihan: Melakukan tugas paling intensif sumber daya dengan sempurna. Pendinginan luar biasa bahkan pada performa puncak. Fungsionalitas layar ganda merupakan nilai tambah bagi streamer yang perlu menyesuaikan beberapa fitur secara bersamaan.

Kekurangan: Daya tahan baterai perlu ditingkatkan. Mengingat harganya, performa audionya buruk dibandingkan alternatif lain.

Apple MacBook Pro (M1)

Jika Anda mencari kemampuan pengeditan video yang mutakhir pada laptop streaming berikutnya, Apple MacBook Pro (M1) adalah pilihan yang tepat. Dilengkapi dengan prosesor Apple M1, sebuah chip delapan inti yang memberikan kinerja hingga 2,8x lebih cepat dan grafis 5x lebih cepat dari generasi sebelumnya. M1 juga dilengkapi dengan Neural Engine 16-inti untuk kemampuan pembelajaran mesin yang canggih, memungkinkannya menangani beban kerja yang berat dengan mudah.

Mengenai streaming, MacBook Pro (M1) siap membantu Anda dengan dua port Thunderbolt 4 dan dukungan Wi-Fi 6. Anda akan dapat dengan mudah menghubungkan mikrofon, kamera, dan perangkat streaming lainnya. Penyimpanan SSD super cepat hingga 8TB, kamera HD FaceTime 1080p yang disempurnakan. Ditambah lagi, ia memiliki layar Retina dengan kecerahan 500 nits, membuat video Anda hidup dan jernih.

Kelebihan: memiliki baterai yang tahan lama dibandingkan laptop lainnya, ringan dan portable, dan mudah digunakan.

Kekurangan: Chip M1 tidak kompatibel dengan arsitektur x86

HP Pavilion

Tidak ada yang bisa memberikan kualitas suara dan gambar yang superior selain HP Pavilion. Prosesor AMD Ryzen 7 5700U yang bertenaga, RAM 16GB, dan penyimpanan 256GB memberikan kecepatan dan kapasitas yang besar untuk streaming tanpa gangguan. Laptop ini juga memiliki layar Full HD 15,6 inci, sempurna untuk streaming dengan resolusi tertinggi.

Kelebihan: desain yang ramping, kualitas video dan audio bagus, ringan dan tipis.

Kekurangan: tidak terdapat thunderbolt, dapat mengalami kelebihan beban ketika dipaksa melakukan tugas-tugas intensif prosesor.

Acer Predator Helios 300

Prosesor Intel Core i7 yang bertenaga, RAM 16GB DDR4, dan penyimpanan 512GB menjamin kecepatan dan kapasitas yang besar untuk streaming. Laptop ini juga dilengkapi dengan layar Full HD 15,6 inci. Teknologi Killer DoubleShot Pro memilih koneksi jaringan tercepat.

Selain kemampuan streaming, Predator Helios 300 memiliki banyak fitur lain yang membuatnya luar biasa. Ini termasuk SSD PCIe NVMe 256GB untuk penyimpanan cepat, keyboard dengan lampu latar ukuran penuh, dan port USB 3.2 Gen 1 Type-C untuk terhubung ke perangkat lain dengan mudah. Ini juga memiliki webcam 720p terintegrasi, mikrofon internal yang mengesankan, dan speaker stereo ganda sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan audiens Anda dengan lancar.

Kelebihan: arsitektur yang kokoh, tampilan yang luar biasa, memiliki banyak port untuk konektivitas.

Kekurangan: speaker tidak sempurna dan mengisi daya baterai dalam waktu yang relatif singkat.

Microsoft Surface Pro 9

Pilihan yang sangat baik untuk pembuat konten yang mencari laptop streaming serbaguna, Surface Pro 9 dilengkapi dengan prosesor Microsoft SQ® 3 yang kuat, RAM hingga 16GB, dan memori flash 512GB, yang menyediakan daya yang cukup untuk menangani semua kebutuhan streaming Anda, sementara desain 2-in-1 membuatnya sangat portabel.

Surface Pro 9 tidak mengecewakan dalam hal daya tahan baterai. Ini memiliki daya tahan baterai hingga 19 jam dengan sekali pengisian daya. Memiliki kamera HD 1080p penyangga internal untuk menyesuaikan sudut, 5G dan Wifi 6E; Efek kamera yang disempurnakan dengan AI.

Kelebihan: Portable sehingga ideal untuk streaming dari mana saja, Serbaguna, kemampuan pemrosesan yang memadai.

Kekurangan: Tidak cocok untuk bermain game dan aksesorisnya dijual terpisah (keyboard).

Lenovo IdeaPad 3i

Laptop yang sempurna bagi siapa saja yang ingin melakukan browsing atau live streaming dengan anggaran terbatas, Lenovo IdeaPad 3i memiliki prosesor Intel Core i5 terbaru, yang menawarkan kinerja dan keandalan yang luar biasa.

Laptop ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB dan penyimpanan 512GB, sehingga Anda akan memiliki banyak ruang untuk menyimpan streaming Anda. Layar 15,6″ memiliki resolusi Full HD dan dilengkapi dengan webcam HD internal, membuatnya sempurna untuk streaming konten.

Lenovo IdeaPad 3i memiliki semua port yang Anda butuhkan untuk streaming. Dilengkapi dengan USB 3.2 gen dan 2.0, port USB Type-A, port HDMI, dan port tipe-C. Ditambah lagi, daya tahan baterainya dapat bertahan hingga 8 jam dalam sekali pengisian daya, sehingga Anda dapat terus streaming sepanjang hari dan mudah dibawa kemana-mana.

Kelebihan: serbaguna, arsitektur yang tahan lama, terjangkau jika dibandingkan dengan fitur-fiturnya.

Kekurangan: tidak cocok untuk streaming game, rendering grafis masih dibawah standar jika dibandingkan dengan yang lain.

Kesimpulan

Mungkin sulit untuk memilih laptop terbaik untuk streaming karena ada terlalu banyak pilihan di pasaran. Namun, ada cara yang dapat dilakukan untuk memastikan Anda memiliki laptop terbaik untuk kebutuhan streaming Anda.

Pertama, jika kamu butuh laptop yang mudah dibawa agar bisa streaming dimana saja kamu bisa memilih laptop Microsoft Surface Pro 9, Apple MacBook Pro (M1), dan Hp Pavilion karena ketiga laptop ini sangat ringan dan mudah dibawa kemana saja.

Selanjutnya, jika kamu butuh laptop dengan harga yang terjangkau dan tahan lama kamu bisa memilih Acer Nitro 5 dan Microsoft Surface Pro 9. Memiliki range harga sekitar 15-20 juta rupiah dan daya tahan baterai selama 10-15 jam.

Terakhir jika kamu ingin streaming dengan kualitas bagus dan tidak terlalu memikirkan budget, kamu bisa memilih ASUS ROG Zephyrus Duo SE 15. Memiliki GPU NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB, laptop ini dapat menangani tugas gaming atau streaming apa pun sekaligus memberikan kenyamanan maksimal dan kualitas streaming bagi para penonton.