Salut.com - Let's Connect with Us

Latar Belakang
Data dari PCPlusOnline , menurut Erik Meijer (Presiden Direktur TelkomTelstra) dalam siaran pers Telkomtelsra, berkembangnya digitalisasi perekonomian menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis, khususnya dengan pertumbuhan start-up berbasis teknologi dalam negeri yang terus berkembang dari sisi sector bisnis maupun jumlah. Dibandingkan dengan Negara Asia Tenggara lainnya , pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai Negara yang memiliki jumlah startup tertinggi dengan sekitar 2000 start-up.

Data dari Kompas, PT Burs Efek Indonesia (BEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonsia (KSEI) mencatat adanya peningkatan jumlah investor baru sebesar 23,47 persen hingga akir 2016. Adapun jumlah investor aktif per tahun juga mengalami peningkatan 32,3 persen atau 32.950 SID menjadi 187.268 SID di akhir Desember 2016, dari 154.318 SID di Desember 2015. Sementara itu, pertumbuhan jumlah investor per bulan mencapai 19.908 SID, atau 33.76 persen menjadi 78.878 SID di Desember 2016, dari 58.790 SID di Desember 2015.
Selain itu juga ada banyak event organizer yang telah menyelenggarakan event di tahun 2016. Kita ambil contoh di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer, dimana telah terselenggara lebih dari sepuluh event. Event-event tersebut tentu saja membutuhkan pihak sponsor untuk mendukung terselenggaranya event tersebut. Pemilihan sponsor yang tepat oleh pihak event organizer maupun pemilihan event organizer yang menarik oleh pihak sponsor.

Deskripsi web
Permasalahan yang terjadi tersebut di atas , kelompok kami mengusulkan sebuah solusi dengan aplikasi berbasis web yang menghubungkan keempat elemen tersebut yaitu startup dengan investor serta event organizer dengan sponsor. Pada web ini kami mengutamakan pengguna atau pemakai web di wilayah Malang Raya. Target pengguna web ini nantinya adalah para mahasiswa yang dikategorikan sebagai event organizer.Sponsor dan investor yang terdiri perusahaan kecil , menengah dan atas.Para Startup yang sedang berkembang dan mau berkembang.
Pada web salut.com ini kami akan memberikan kemudahan kepada para stakeholder yang terkait untuk saling berkomunikasi satu sama lain dan memenuhi kebutuhannya , dan pada web ini kami akan fokus terhadap keempat stakeholder tersebut agar sesuai dengan tujuan kami menghungkan keempat stakeholder tersebut.
Keunggulan fitur web kita
Keunggulan :

1.Startup
Pada fitur ini disediakan tempat untuk para startup dan investor untuk memperkenalkan startup serta startup apa yang dicari oleh investor dalam bentuk verbal , gambar ataupun video , selain itu pula pada fitur ini mereka bisa mencari startup apa yang cocok untuk para investor dan investor bisa mencari startup apa yang cocok untuk mereka.Dan pada setiap startup ataupun investor memiliki history

2.Event
Pada fitur ini disediakan tempat untuk para sponsor dan event organizer untuk memperkenalkan event apa yang sedang mereka selenggarakan serta mencari sponsor dan para sponsor bisa memberikan penawaran dan mencari event apa yang ingin mereka sponsori.

3.Near me
Pada fitur ini akan memberikan rekomendasi atau lebih dekatnya usulan terhadap pengguna terkait dengan investor , event , startup serta sponsor yang berada dekat dengan si pengguna , agar pengguna juga dapat memilih serta melihat apa saja yang berada di sekitar mereka. Sehingga dapat sekaligus memperkenalkan startup , even , sponsor dan startup yang berada pada aplikasi kami.

4.About me
Pada fitur ini akan memberikan pengetahuan terkait dengan website yang telah kita bangun dan penjelasan singkat terkait dengan cara penggunaan website ini.

Kelebihan :
1.Bunga 0%
2.Terpercaya
3.Lebih Cepat dan Optimal

Untuk lebih menariknya kelompok kami telah membuat video silahkan di cek guys Salut.com

APAKAH ANDA TERTARIK DENGAN PRODUK KAMI ?

  • Saya Tertarik
  • Saya Tidak Tertarik

0 voters

Idenya cukup unik dan menarik dapat menyelesaikan masalah yang ada saat ini. Namun terkadang dari sisi investor memberikan kepercayaan kepada event/startup sulit dilakukan. Selain itu investor terkadang juga mengharapkan bentuk tanggung jawab dan feedback yang akan diterima oleh investor dari event/startup yang ia danai. Baiknya ada fitur yang membantu kepercayaan investor kepada startup/event yang akan didanai.

Permasalahan ini menjadi isu utama terkait dengan website crowdfunding. Bahkan kickstarter-pun saat ini mengalami masalah tersebut. Bagaimana investor bisa yakin bahwa kelompok atau orang yang akan diberikan investasi mempunyai integritas dan kapabilitas yang memenuhi, sehingga investor mau berinvestasi kepada member di Salut.com ?

Ide untuk mempertemukan kebutuhan antara startup dengan investor sudah baik. Lalu, bagaimana pihak pengembang web salut.com mendapatkan pemasukan atau income ?apakah pihak startup yang ingin memperkenalkan startupnya pada web salut.com akan dikenai biaya? terima kasih :slight_smile:



Sama seperti komentar ini, bagaimana cara Anda mendapatkan keuntungan dari aplikasi yang Anda buat, jika bunga yang diberikan adalah 0%, selain itu bagaimana cara membangun kepercayaan pengguna aplikasi ini?

Saya tertarik dengan ide yang diberikan melihat banyaknya startup - startup baru dan event - event mahasiswa. Mungkin dari comment - comment yang sudah ada, dari salut.com dapat memberikan sistematika bagaimana cara memilih baik investor ataupun yang akan diberikan investasi yang dapat dipercaya.

Ide nya sudah lumayan bagus dengan melihat permasalaha yang ada cuman ada beberapa hal yang perlu diantisipasi dengan adanya ide tersebut

  1. Perlu adanya fasilitas yang membuat calon investor dan sponsor mudah dalam mencari pihak yang akan dibantu dengan mudah. semisal dengan memberikan key word tentang deskripsi, keunggulan, rencana keuangan dan anilisis resiko
  2. validasi data indetitas masing-masing pihak agar tidak timbul penipuan
  3. membuat proses bisnis yag jelas, efektif, da efisien yg mnjadikan web ini nantinya untuk memangkas birokrasi investasi yang ada