'Zona Layak Ditinggali'

Peradaban saat ini membuat manusia ingin terus mencari alternatif planet lain. Masalah global pada bumi, seperti perubahan iklim, membuat ilmuwan terus mencari alternative planet lain.

Peradaban saat ini membuat manusia ingin terus mencari alternatif planet lain. Masalah global pada bumi, seperti perubahan iklim, membuat ilmuwan terus mencari alternative planet lain. Untuk menentukan apakah suatu planet lain di luar bumi layak untuk ditinggali atau tidak, para ilmuwan merumuskan 3 hal penting yang harus dipenuhi. Berikut 3 hal tersebut.

  1. Air
    ilmuwan menyusun karakteristik planet ‘zona layak huni’ atau disebut dengan ‘Zona Goldilocks’. Penentuan zona ini disusun berdasarkan acuan suhu ketersediaan air. Air mampu berada pada wujud cair dalam rentang suhu 0-100 derajat selsius. Sehingga, dapat didefinisikan bahwa ‘Zona Goldilocks’, merupakan planet di sekitar bintang, seperti matahari kita, di mana kondisinya berada pada rentang suhu di mana air dapat bertahan pada wujud cair, tidak terlalu panas ataupun dingin.

  2. Atmosfir dan Efek Rumah Kaca
    Tidak hanya air yang menjadi acuan. Atmosfir juga penting untuk menjaga suhu agar tetap stabil dan menghindari efek rumah kaca. Mars dan Venus termasuk ke dalam ‘Zona Goldilocks’, namun Venus terlalu panas karena efek rumah kacanya, sementara Mars terlalu dingin sehingga air menjadi beku.

  3. Medan magnet
    Bumi merupakan planet dengan medan magnet terbesar di tata surya kita. Medan magnet planet sangat penting dimiliki karena untuk mencegah dari paparan radiasi kosmos dan aliran panas dari bintang tata Surya, seperti matahari.

Sumber: