Zalora.co.id raja e-commerce fashion indonesia

Zalora.co.id itulah salah satu e-commerce fashion terbesar diindonesia saat ini. zalora merupakan situs web berbelanja yang bergerak dibidang fashion mulai dari produk lokal bahkan internasional. . Pemasaran web-store yang kuat melalui media online lainnya seperti google , facebook , twiitter bahkan saat in sudah ada Mobile app yaitu zalora mobile app. Selain itu dengan promo - promo tambahan lain yang memikat customer untuk menggunakan zalora antara lain cara yang digunakan yaitu memberikan layanan antar gratis pada pulau jawa dan bali .Perkembangan yang signifikan dari zalora diindonesia membawanya masuk dalam jajaran e-commerce bergengsi diindonesia.

sumber : Analisis Zalora & Lazada – MELFRIDA INDRIYANI

Zalora memang sedang naik namanya dan menurut saya memang zalora merupakan website e-commerce yang bagus karena banyak sekali fitur-fitur yang bisa membantu pelanggan dalam mencari barang yang mereka inginkan, contohnya seperti:

  • Bisa menyaring harga sesuai keinginan
  • Bisa menyarin ukuran
  • dan sebagainya

Dan banyak juga barang yang bisa kita dapatkan dengan cara cash on delivery (COD) agar kita tidak ragu dalam pengiriman dan juga banyak barang yang gratis ongkos kirim.

sebenarnya ada beberapa faktor dan strategi juga yang membuat zalora bisa sukses merajai fashion di beberapa negara khsusnya indonesia. beberapa diantaranya yang di anggap paling sukses adalah :

  1. SOP di zalora untuk inventory mentapkan targget penjualan product on selves dihabskan dalam waktu 90 hari. 60 hari tidak habis maka akan dilakukan promosi. Dalam 90 hari belum habis juga maka akan dilakukan clearance besar besaran.
  2. Produk zaloran paling best seller berbranding internasional. Hal ini disebabkan karena kebanyakan brand internasional emang di beli dan di borong kemudian di simpan di gudang
  3. Zalora lebih mementingkan jumlah customer nya dibandingkan dengan sales nya mereka
  4. Kebiasaan mereka yang melakukan diskon besar besar an
    Dan itu beberapa trik yang digunakan zalora sehingga mereka bisa sukses merajai e-commerce fashion di indonesia

Dan salah satu hal yang menjadi nilai lebih itu menurut saya adalah pelayanan customer service nya yang sangat responesif. ternyata zalora telah menggunakan oracle teknologi cloud pada tahun 2013 . hal itu membuat zalora dapat merespone secara relevan dan lebih personal kepada setiap customernya . Tentu dengan hal tersebut pelangga merasa cukup puas dengan pelayan tersebut dan memberikan nilai lebih dimata customer

Zalora menyediakan berbagai produk yang dijamin lengkap dan tersusun sangat rapi & jelas. Semua produk tersebut di tampilkan dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk. Selain memberikan informasi terperinci tentang produk yang dijual, Zalora pun menyediakan Brand Information di setiap produknya. Inilah salah satu kelebihan Zalora dibandingkan dengan online shop yang lain. Kebanyakan online shop lain tidak mencantumkan penjelasan apapun tentang brand sehingga terkesan meragukan. Zalora pun menjamin keamanan konsumen saat berbelanja. Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, bank transfer, dan pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Zalora telah mendesain sebuah sistem transaksi dan membeli barang dengan mudah. Salah satu komitmen dari Zalora adalah menjadi online shop yang terpercaya. Oleh karena itu, Zalora memiliki customer service yang handal dan terpercaya untuk melayani pertanyaan para konsumen. Zalora tak hanya menawarkan berbagai produk yang berkualitas namun juga membahagiakan konsumen dengan berbagai tawaran yang menarik. Misalnya saja voucher belanja Rp 50.000 bagi siapapun yang berlangganan newsletter Zalora.

Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :

  1. Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. Untuk pulau Sumatera dan Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000. Sedangkan wilayah Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.

  2. Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

  3. 30 hari garansi uang kembali.