© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Yuk pahami perbedaan Kopi Arabica dan Kopi Robusta!

097400900_1511149460-Mana-Lebih-Aman-Kopi-Arabika-atau-Robusta
Di Indonesia kopi merupakan komoditas yang terus dibudidaykan dan diperdagangkan. Pada perdagangan internasional kopi berada diurutan kedua setelah minyak. Hal ini menunjukan bahwa kopi digemari oleh masyarakat dunia. Sebenarnya banyak varietas pohon kopi yang tumbuh diseluruh dunia. Namun terdapat dua jenis kopi yang paling dikenal dan memiliki banyak penggemar, yakni Kopi Arabica dan Robusta. Berikut ini perbedaan kopi Arabica dan Robusta yang harus anda ketahui.

Jumlah Arabica lebih banyak

Kopi Arabica menyumbang 75-80 persen dari produksi kopi dunia, sedangkan Robusta 20 persen. Brazil diketahui menjadi negara terbesar pengekspor kopi Arabica, sementara pengehttp://zhibondcoffee.co.id/kspor robusta berasal dari Vietnam. Arabica dan Robusta menjadi kopi yang paling dikenal oleh dunia. Diindonesia pun pengekspor kopi juga menjadi urutan kedua setelah Brazill. di Indonesia juga terkenal memiliki sejumlah kopi khusus seperti kopi luwak. Dan buat kalian tidak usah bingung lagi ya di Jember sudah tersedia pabrik kopi Jember Indonesia dan juga bisa melayani ekspor impor Jember Indonesia lho.

Beda harga kopi robusta dana Arabica

Menariknya, kopi Arabica memiliki nilai jual yang cukup tinggi dibandingnkan dengan kopi robusta. Hal ini dikarenakan penanaman kopi Arabica yang cenderung lebih lama untuk matang. Biasanya membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun. Kopi Arabica juga membutuhkan waktu perawatan yang lebih, selain itu kopi Arabica dapat cepat berkarat, penyakit karat daun ini dapat merusak tanaman dan cita rasa terhadap kopi tersebut. Sedangkan kopi robusta juga merupakan kopi yang mudah berkembang, berproses dengan cepat dan lebih resisten terhadap penyakit karat daun. Cara menanam ini lah yang kemudian menjadi beda rasa kopi antara kopi Arabica dan Robuta.

Soal rasa, lebih enak Arabica atau robusta?

Kedua jenis kopi ini memiliki ciri khas tersendiri. Bagi pecinta kopi robusta, sudah tentu dapat mengenali kopi tersebut dengan rasa pahit berlebih dibanding kopi Arabica. Hal ini disebabkan kandungan kafein pada kopi robusta lebih tinggi. Kafein sendiri merupakan stimulan yang ampuh untuk menahan rasa kantuk, kelelahan, bahkan sebagai penghilang rasa sakit. Kafein terbanyak terdapat diberbagai tanaman salah satunya tanaman kopi.

Untuk info pemesanan bisa hubungi no 085784510337 (Rodiatul) terima kasih.