Yuk Cari Tau Cara Mengolah Tanaman Kencur Agar Dapat Dikonsumsi

TUMBUK
Rimpang kencur dan daunnya yang ditumbuk sampai halus dapat digunakan untuk mengobati influenza yang diderita oleh bayi. Sedangkan daun kencur yang sudah ditumbuk halus digunakan untuk mengobati sakit kepala.

SANGRAI
Sebelum rimpang kencur direbus bersama bahan lainnya sebagai obat penghilang lelah, ada baiknya jika menyangrainya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan kandungan-kandungan dalam kencur semaksimal mungkin.

PARUT
Kencur yang berkhasiat sebagai obat alami, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk. Biasanya, kencur diparut terlebih dahulu agar kandungan-kandungan dalam serat kencur dapat tercampur rata ketika dicampurkan dengan air hangat.

KUNYAH
Mengunyah kencur secara mentah-mentah ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati radang lambung. Cukup mengunyah dan menelan air sarinya saja, tidak perlu menelan ampas dari rimpang kencur yang sudah dikunyah.

1 Like

Berikut beberapa cara mengolah kencur:

1.Menumbuk
Rimpang kencur dan daunnya yang ditumbuk sampai halus dapat digunakan untuk mengobati influenza yang diderita oleh bayi. Sedangkan daun kencur yang sudah ditumbuk halus digunakan untuk mengobati sakit kepala.

2.Menyangrai
Menyangrai kencur terlebih dahulu sebelum merebusnya bersama bahan lainnya dapat mengeluarkan kandungan-kandungan dalam kencur semaksimal mungkin.

3.Memarut
Kencur diparut terlebih lalu dicampurkan dengan air hangat, hal ini ampuh untuk untuk menyembuhkan batuk

4.Mengunyahnya mentah-mentah
Kita hanya perlu mengunyah dan menelan air sarinya saja tanpa perlu menelan ampas dari rimpang kencur yang sudah kunyah untuk mengobati radang lambung.

1 Like

1. Ditumbuk

Untuk mengobati influenza yang dialami oleh bayi, ibu bisa menumbuk rimpang kencur dan daunnya sampai halus. Tumbukan daun kencur juga bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala.

2. Disangrai

Untuk memanfaatkan rimpang kencur sebagai obat penghilang lelah, kamu bisa merebus rimpang bersama bahan-bahan lainnya, kemudian disangrai terlebih dahulu. Cara ini bertujuan untuk mengeluarkan kandungan-kandungan dalam kencur semaksimal mungkin.

3. Diparut

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kencur juga berkhasiat sebagai obat batuk alami. Cara mengolahnya adalah parut kencur terlebih dahulu agar kandungan kandungan dalam serat kencur bisa tercampur rata ketika dicampurkan dengan air hangat.

4. Mengunyahnya Mentah-Mentah

Kamu mungkin mengernyitkan dahi ketika membaca cara memanfaatkan kunyit yang satu ini. Nyatanya, mengunyah kencur mentah-mentah bermanfaat untuk mengobati radang lambung, lho. Kamu hanya perlu mengunyah dan menelan air sarinya saja tidak perlu menelan ampas dari rimpang kencur yang sudah dikunyah.

Sumber : halodoc.com

  1. Ditumbuk
    rimpang kencur dan daunnya yang ditumbuk sampai halus dapat digunakan untuk mengobati influenza yang diderita oleh bayi. Sedangkan daun kencur yang sudah ditumbuk halus digunakan untuk mengobati sakit kepala.

  2. Disangrai
    Sebelum rimpang kencur direbus bersama bahan lainnya sebagai obat penghilang lelah, ada baiknya jika Anda menyangrainya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk mengeluarkan kandungan-kandungan dalam kencur semaksimal mungkin.

  3. Diparut
    Biasanya, kencur diparut terlebih dahulu agar kandungan-kandungan dalam serat kencur dapat tercampur rata ketika dicampurkan dengan air hangat

  4. Dikunyah
    Mengunyah kencur dapat menyembuhkan radang lambung. Anda hanya perlu mengunyah dan menelan air sarinya saja.

Sumber: https://m.fimela.com