Yuk Cari Tau 3 Manfaat Kencur dan Cara Mengolahnya

  1. Mengatasi Batuk
    Kencur dapat membuat tenggorokan anda terasa lebih hangat, terutama pengidap batuk berdahak.
    Cara mengolah kencur untuk obat batuk adalah dengan cara mencampurkan satu sendok teh kencur yang sudah dihaluskan dengan garam. Setelah itu kencur dapat ditelan mentah-mentah.

  2. Mengatasi Diare
    Menurut penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kandungan sitotiksik dan antibakteri yang ada di dalam kencur dapat membunuh bakteri jahat dan mencegahnya datang kembali, sehingga dapat mengatasi diare.
    Cara mengolah kencur untuk mengatasi diare adalah dengan cara mengambil sari kencur dan mencampurkan dengan sedikit air hangat. Minum setiap pagi sampai rasa mulas di dalam perut hilang.

  3. Mengurangi Stres
    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Jahangirnagar menyatakan bahwa sifat antidepresan pada kunyit dapat menenangkan saraf-saraf tegang pada tubuh manusia layaknya efek obat sedatif.
    Cara mengolah kencur untuk mengurangi stres adalah dengan cara mencampurkan sari kencur, air jahe, perasan lemon, madu, dan air hangat, lalu minum secara perlahan.

Referensi : https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-kencur/

1 Like

1.Untuk mengobati influenza yang dialami oleh bayi dan sakit kepala dengan cara menumbuk rimpang kencur dan daunnya sampai halus

2.Sebagai obat penghilang lelah dengan cara merebus rimpang bersama bahan-bahan lainnya, kemudian disangrai agar kandungan-kandungan dalam kencur dapat keluar semaksimal mungkin

  1. Mengobati radang lambung dengan cara mengunyah dan menelan air sarinya tanpa perlu menelan ampas dari rimpang kencur yang sudah dikunyah.

Sumber
https://www.halodoc.com/artikel/tips-mengolah-kencur-untuk-atasi-penyakit

1 Like

Manfaat kencur untuk kesehatan dan cara membuatnya :

  1. Mengatasi perut kembung
    Untuk mengatasi perut kembung, kencur langsung dapat di makan mentah dengan sedikit garam dan air hangat. Cara kedua dengan merebus kencur sekitar 3 cm dengan segelas air.

  2. Meningkatkan energi
    Rebus satu ruas kencur dengan segelas air dan minum setiap malam sebelum tidur.

  3. Menambah napsu makan
    Membuat ramuan jamu beras kencur, yang terbuat dari campuran kencur, beras, gula merah, dan asam awa.

Sumber : doktersehat.com

1 Like

Manfaat kencur untuk kesehatan antara lain:

  1. Mengobati batuk
    Kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang bisa menyembuhkan batuk berdahak. Bahkan, tanaman herbal ini sering dikonsumsi oleh para penyanyi sebelum mereka tampil untuk membantu menjaga kondisi pita suara.

  2. Meredakan diare
    Menurut penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences , ekstra kencur memiliki kandungan zat sitotoksik dan antibakteri dalam jumlah yang cukup banyak. Karena itulah, kencur dipercaya menjadi salah satu pilihan pengobatan yang manjur untuk diare.

  3. Menghilangkan stres
    Penelitian lain juga menyebutkan bahwa ekstrak tanaman kencur baik rimpang dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Itulah mengapa banyak orang memanfaatkan kencur sebagai obat untuk mengurangi efek stres.

Cara Mengolah Kencur:

  1. Di tumbuk
  2. Di sangrai
  3. Di parut
  4. Mengunyahnya mentah-mentah
  5. Di campur pada minuman
  6. Dibuat minuman kesehatan seperti beras kencur dan sebaginya