Yay or Nay? Mencuci Pads Sebelum Dibuang

Desain tanpa judul (1)

Baru aja kemarin aku baca di salah satu platform media sosial dan ternyata banyak opini mengenai iya dan tidak, harus dan tidak harus, boleh dan tidak untuk mencuci pad atau pembalut sebelum dibuang ketika sedang haid.
Bagi yang pro soal mencuci pad sebelum dibuang dikarenakan agar tidak bau sebelum dibuang, agar tidak kotor sampahnya, ataupun ada yang bilang agar tidak dijilat oleh makhluk halus. Bagi yang kontra, pendapat mereka adalah bahwa pembalut ini dipenuhi dengan darah kotor, dan jika mencucinya maka kuman akan kemana-mana.

Nah bagi Youdics kaum perempuan, gimana nih kalian? pro atau kontra soal mencuci pembalut sebelum dibuang? alasan kalian apa?

Kalau aku sendiri sih, dari pertama kali pake pad udah nerapin buat dicuci dulu sebelum dibuang. Kalau alasannya sih kalau dulu karena disuruh ibu gitu, diajarinnya ya gitu, jadi ya aku cuci deh, mohon maklum karena dulu kurang ngerti juga masalah beginian. Tapi aku rasa mencuci pad juga tidak ada salahnya, selain lebih enak waktu mau dibuang juga menghindari hal-hal yang katanya gaib wkwkwk dan ini juga udah menjadi kebiasaan sampe sekarang.

1 Like

Menurut informasi yang saya baca, sebenarnya pembalut merupakan barang yang bisa langsung dibuang dan memiliki fungsi untuk menampung darah kotor. Jadi, sebenarnya tidak masalah jika pembalut langsung dibuang tanpa dicuci terlebih dahulu. Namun, untuk saya sendiri lebih memilih untuk mencucinya sebelum dibuang. Selain karena kebiasaan dan ajaran dari keluarga, menurut saya dengan mencuci pembalut sebelum dibuang juga dapat mengurangi polusi udara (bau tidak sedap) akibat bau darah haid yang menempel di pembalut saat bercampur dengan sampah lainnya.

Jadi menurut saya, tidak hanya suatu keharusan apakah pembalut perlu dicuci atau tidak sebelum dibuang. Keduanya boleh-boleh saja tergantung kenyaman setiap orang.