Yang Harus Kalian Siapin Untuk Memulai Bisnis Baru?

WhatsApp Image 2021-09-21 at 15.21.11

Bisnis merupakan aktivitas yang dilaksanakan oleh seseorang atau lebih yang mengikutsertakan kegiatan pembuatan, pembelian, penjualan, dan menukar barang atau jasa dengan tujuan guna menghasilkan keutungan. Memulai bisnis perlu mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan.

Kalau menurutku yang paling penting untuk memulai bisnis yaitu modal💵
Tapi menurut Youdics, apa nih yang perlu dipersiapkan untuk memulai suatu bisnis?

Aku setuju, modal adalah langkah awal yang harus dipersiapkan. Selain itu kita juga harus mempersiapkan mental dan fisik kita karena memulai bisnis akan menguras kedua hal itu. Kita juga harus mematangkan ide bisnis agar bisa bersaing dengan kompetitor lain yang sudah terjun lebih dahulu, alangkah baiknya jika ide tersebut ide yang baru dan belum pernah ada. Jika sudah ada kepikiran untuk memulai bisnis itu merupakan hal yang bagus, selain kita bisa berdiri diatas kaki kita sendiri, kita juga bisa memberikan kesempatan orang lain untuk mendapatkan pekerjaan.

Kalau menurutku relasi dan informasi. Memiliki relasi membantu kita mendorong untuk memulai bisnis karena ada batu loncatan seperti informasi-informasi mengenai supplier, modal, untung rugi, tata cara dll. Kemudian analisis informasi paling sederhana saja 5W 1H.

  • Bisnis apa yang mau dijalanin ? modal saja tanpa tujuan yang jelas buat apa ?
  • Untuk siapa produk pada bisnis kita akan dijual ? sehingga produk bisa menyesuaikan dengan apa yang diinginkan target pasar kita.
  • Kapan usaha akan dimulai ? apa ini saat yang tepat untuk menjual produk tersebut ? misal menjual celana gombrang yang tren tahun 90an, tentu tidak akan terjual dengan baik bila dijual saat ini kecuali saat ada tren seperti dilan yang mengenakan jaket jeans.
  • Dimana produk akan dijual ? Misal menjual hijab di negara non muslim tentunya tidak akan begitu banyak peminat, atau menjual pakaian dewasa di didekat sekolah dasar.
  • Kemudian kenapa memilih bisnis tersebut ? Apa bisnis tersebut sedang banyak diperlukan, contohnya seperti produk masker saat ini.
  • Dan Bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan ?

Menurut saya setelah itu baru memikirkan kebutuhan modal dan mencari sumber modal.