Wisata Unik di daerah Jember, ada saran?


(Fariza Nanda Sativa) #1

Jember memiliki luas yang cukup relatif sempit, mengingat daerah ini juga hanya sebuah kabupaten. Namun siapa sangka, mungkin saja ada tempat wisata yang dapat menarik perhatian turis untuk mengunjungi tempat ini, ada saran?


(ahyarm) #2

Pantai Payangan Jember

image

Berekreasi ke Jawa Timur, rasa-rasanya ada yang kurang jika melewatkan kabupaten yang satu ini. Kabupaten Jember. Kabupaten yang terletak di sebelah Timur Provinsi Jawa Timur ini menjadi primadona pariwisata, sebab, begitu banyak pilihan tempat rekreasi yang bisa didatangi. Kota Seribu Bukit ini memiliki eksotisme panorama alam yang tidak kalah dengan kabupaten lain. Julukan tersebut memang pas dimiliki Jember, karena sebagian besar tempat wisata yang ada berbentuk bukit dan perbukitan. Bahkan pantai sekalipun. Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Jember, hampir kesemuanya memiliki bukit. Begitu juga dengan wisata Pantai Payangan Jember Jatim.

Pantai Payangan merupakan salah satu tempat wisata unik yang terdapat di Kabupaten Jember. Tidak hanya wisata pantai saja yang disuguhkan, namun, ada beberapa hal yang bisa dijumpai ketika mengunjungi Pantai Payangan Kabupaten Jember Jawa Timur. Keunikan dari pantai ini adalah adanya panorama tiga buah pantai dengan tiga bukit dan satu teluk. Tiga pantai tersebut berada di antara tiga bukit yang menonjol. Bukit-bukit tersebut bisa dinaiki sebab memiliki jalan setapak yang sudah biasa dilewati oleh para pengunjung. Dari atas bukit inilah, pemandangan Pantai Payangan Ambulu Jember bisa terlihat hampir secara keseluruhan. Anda akan melihat kecantikan pantai ini dari atas bukit.

Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin berfoto. Selain sering digunakan sebagai spot mengambil gambar, bukit ini juga merupakan jalan menuju Pantai Payangan Watu Ulo. Bentuk jalannya sempit namun berkelok-kelok khas perbukitan. Anda tidak akan menemukan pepohonan di tempat ini. Di samping kanan dan kiri jalan hanya terdapat rumput-rumput yang menghijau subur. Pemandangan laut lepas dan Pantai Payangan tidak akan terhalang. Namun perlu diingat, karena lokasinya yang melewati bukit tanpa ada pepohonan, tentu saja cuaca terasa panas. Jangan lupa untuk membawa tutup kepala atau topi.

Pantai Payangan Teluk Love ini merupakan tempat berlabuhnya kapal-kapal nelayan daerah setempat, karena pekerjaan utama sebagian besar kepala keluarga di desa ini adalah nelayan. Anda akan melihat puluhan kapal nelayan berderet di tepi pantai dengan pasir hitam ini. Tenang, Anda tidak akan mengganggu dan tidak pula terganggu dengan aktivitas para nelayan. Sebab, para nelayan hanya melabuhkan kapalnya pada salah satu sisi pantai. Masih ada tepi pantai lain di balik bukit yang bisa Anda tempati untuk bersantai.