Wisata Tebing di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia memiliki berbagai macam kekayaan alam yang lengkap. Sehingga tidak heran jika ada banyak lokasi wisata alam yang menawarkan pemandangan indah. Salah satunya betema tebing. Bagi kamu yang suka dengan pemandangan tebing, berikut beberapa rekomendasi wisata tebing di Indonesia yang mungkin cocok untuk dikunjungi saat liburan nanti.

1. Brown Canyon

image

Nama Brown Canyon akhir-akhir ini memang cukup populer sebagai salah satu objek wisata di kawasan Semarang. Walau sebenanya Brown Canyon bukan sebuah tebing, melainkan adalah kawasan tambang yang menjadikan kawasan ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika.

Tentunya Brown Canyon sangat indah, walaupun ketika berwisata ke sana memang tidak ada fasilitas yang memadai. Bahkan dari sana Anda bisa melihat truk pengangkut bahan material yang berseliweran di sana.

Hal ini dikarenakan tempat ini memang masih aktif dijadikan penambangan hingga saat ini. Hasil kegiatan tambangnya terbentuk seperti jajaran tebing-tebing batu yang indah. Selain itu Tiket Masuk Brown Canyon Semarang tidak mahal.

2. Tebing Breksi

image

Jika Anda sedang berwisata ke Yogyakarta dan sekitarnya, jangan lupa untuk berkunjung ke salah satu wisata tebing di Indonesia yaitu Tebing Breksi. Tebing yang satu ini juga merupakan tempat penambangan batu alam.

Akan tetapi seiring berkembangnya waktu tebing ini dipugar menjadi tempat wisata. Objek wisata Tebing Breksi sendiri baru digarap sejak 2014 lalu. Hal menarik dari sana adalah tebing batu yang diukir dan didekorasi dengan indah.

Lokasinya berada di sekitar Prambanan, yaitu di Pedukuhan Nglengkong, Groyokan, Sambirejo, Prambanan. Bahkan dari sana Anda juga bisa melihat Gunung Merapi yang indah.

3. Tebing Pantai Melasti

image

Pantai Melasti yang berada di Desa Ungasan Bali merupakan salah satu objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jika Anda kebetulan sedang berada di Bali, cobalah berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini.

Hal menarik di sana bukan hanya tentang Pantai Terindah di Bali dan lautan yang biru saja, melainkan juga tentang tebing yang ada di dekat pantai itu sendiri yang sangat indah. Tebing kapur di tepi pantai Melasti memiliki ketinggian sekitar 100 hingga 150 meter.

Tebing ini juga berbatasan langsung dengan jalan raya yang berkelok-kelok. Saat akan menuju Pantai Melasti, pasti Anda akan melewati jalan raya tersebut. Pemandangan indah juga bisa didapatkan dari atas tebing.

4. Tebing Pantai Pandawa

image

Layaknya Pantai Melasti, Pantai Pandawa di Bali juga memiliki panorama tebing kapur yang sangat indah. Tebing di Pantai Pandawa juga merupakan salah satu ikon wisata Pantai Pandawa yang unik.

Di tebing itu ada beberapa hiasan seperti patung dan juga beberapa hiasan lainnya yang dibuat menarik untuk wisata. Patung yang ada seperti nama dari pantai ini yaitu patung para pandawa.

Lokasi pantai yang juga cocok untuk wisata bahari di Bali ini ada di Desa Kutuh, Kuta Selatan. Lokasi ini berada di antara Uluwatu dan Nusa Dua. Jika ingin berkunjung ke sana, Anda bisa juga menikmati aneka permainan air yang ada di pantai.

Tebing Bukit Kelam

image

Wisata tebing berikutnya ada di dekat kota Sintang. Lokasi ini kurang lebih 395 kilometer dari kota Pontianak. Tebing yang satu ini sangat menarik karena sangat mirip dengan Ayers Rock yang ada di Australia.

Hanya saja warna tebing ini lebih hitam dan lebih gelap. Tebing unik ini adalah sebuah batu raksasa. Di dekatnya ada dua liran sungai besar yaitu sungai Kapuas dan sungai Melawi. Di tempat ini kamu bisa melakukan olahraga panjat tebing tebaik di Kalimantan Barat.

Selain panjat tebing kamu juga bisa tracking untuk bisa sampai di puncaknya. Tebing yang satu ini adalah batu monolit terbesar di dunia. Namun popularitasnya memang kurang sebagai objek wisata.

Tebing Koja Kandang Godzilla

image

Jika kamu tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh juga untuk menikmati wisata tebing di Indonesia karena di Tangerang ada juga salah satu tebing menarik yang bisa dikunjungi di akhir pekan.

Inilah Tebing Koja Kandang Godzilla. Lokasinya ada di Desa Cisuka Tangerang. Pemandangan yang ada di sana sangat indah. Warna tebing adalah kecokelatan. Di tepi-tepinya Anda akan mendapati sawah yang hijau dan segar.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Tempat Wisata di Tangerang ini adalah saat matahari menjelang terbenam dan saat matahari menjelang terbit. Anda bisa mendapatkan suasana sunrise dan juga sunset dengan cukup unik walau lokasinya masih berada di sekitaran Jakarta.

Tebing Masigit

image

Di Bandung juga ada salah satu tebing wisata yang cukup populer akhir-akhir ini. Namanya adalah Tebing Masigit. Tebing ini berada di Gunung Masigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Kegiatan wisata yang ada di sana cukup menantang karena pengunjung akan menikmati sensasi melayang di udara, tepat di atas ketinggian dari tebing itu sendiri. Tentunya kamu tidak melayang sendiri karena ada hammock-hammock yang menjadi media untuk melayang.

Namun juka kamu tidak punya nyali karena memiliki phobia dengan ketinggian, menikmati suguhan alam dengan pemandangan yang begitu indah dari sana juga sudah cukup untuk menggenapi rasa rindu dengan alam semesta.

Tebing Lembah Harau

image

Tebing Lembah Harau merupakan sebuah tebing yang berada di dekat Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Lokasi ini memang sudah dikenal sebagai salah satu lokasi wisata. Selain karena pemandangan yang indah, tebing ini juga cocok untuk panjat tebing.

Titik panjat tebing sebenarnya ada banyak jalurnya. Ketinggiannya bermacam-macam, mulai dari 80 meter hingga 300 meter. Tebing Lembah Harau sendiri memang cocok untuk olahraga climbing.