Wisata ke Antariksa dari Australia emang bisa?

wisata antariksa

Luar angkasa atau Antariksa mungkin akan menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat berikutnya. Para ahli mengungkapkan, akan segera ada wisata luar angkasa. Nampaknya ini merupakan sebuah lompatan besar meski harganya yang memang tidak murah dan Australia dianggap cocok sebagai negara yang memiliki pariwisata penerbangan Antariksa, apa alasannya?

Astronot Andy Thomas menilai Australia pantas menjadi basis pariwisata penerbangan ke antariksa. Karena Australia memiliki kondisi daerah dan fasilitas yang sangat cocok dengan sektor wisata baru yang diperkirakan akan menjadin tren beberapa dekade mendatang.

Mantan insinyur penerbangan ini sedang menjadi pengawas dari 40 mahasiswa di kota kelahirannya Adelaide bersama astronot Italia Paolo Nespoli. Thomas dan Nespoli berbagi pengalaman mengenai kehidupan di luar garis Karman-titik sekitar 100 kilometer di atas permukaan laut yang menandai akhir dari atmosfer bumi dan awal luar angkasa.

Andy Thomas mengatakan ada banyak promosi penting sekitarnya pariwisata ke luar angkasa dan Australia nampaknya cocok untuk memainkan peran utama dalam pengembangan sektor pariwisata baru tersebut. Australia akan menjadi tempat yang ideal untuk beberapa operasi ini dan sejumlah investor swasta sudah mulai datang kesini karena Australia punya ruang terbuka lebar yang ideal untuk fasilitas peluncuran, iklim yang baik serta latar belakang teknik yang baik.

Prediksi soal booming pariwisata perjalanan ke antariksa ini juga dikuatkan dengan langkah NASA yang baru saja mengumumkan kalau Stasiun Luar Angkasa Internasional mereka akan tetap terbuka selama empat tahun ke depan sampai 2024. Keputusan ini memberikan peluang baru bagi astronot sekaligus memberi ruang untuk program pariwisata antariksa.

Sumber: