Wisata Gunung Dunia Paling Terkenal dan Indah

Gunung memang merupakan sebuah tempat yang menarik untuk dijadikan tujuan berwisata. Masing-masing gunung pasti memiliki karakteristik dan keindahan tersendiri yang unik. Banyak orang yang memang suka berwisata ke gunung dan pegunungan daripada ke laut dan pantai. Alasannya bermacam-macam. Apapun alasannya, berikut beberapa destinasi wisata gunung dunia yang menarik untuk dikunjungi.

1. Gunung Everest, Nepal

image

Jika bicara gunung, mungkin satu gunung yang terlintas pertama kali di benak kamu adalah gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung Everest. Gunung yang satu ini memang menarik dan memiliki daya tarik masing-masing.

Tidak mudah untuk berhasil mencapai puncaknya. Bahkan pendakian ke gunung Everest terbilang pendakian yang sangat berisiko karena tergolong dalam Wisata Ekstrim Dunia. Kebanyakan yang berani mendaki Everest adalah mereka yang benar-benar sudah terlatih.

Pendakian pertama ke Gunung Everest sendiri dilakukan pada Bulan Mei 1953 dengan jalur pendakian dari Nepal. Gunung ini berada di Pegunungan Himalaya dan berada di perbatasan antara Nepal dan juga Tibet.

2. Gunung Kilimanjaro, Tanzania

image

Setelah Gunung Everest, wisata gunung dunia berikutnya yang cocok untuk para pendaki yang sudah terlatih adalah Gunung Kilimanjaro yang berada di Tanzania. Nama Kilimanjaro diambil dari Kili yang berarti gunung dan Manjaro yang berarti putih.

Gunung ini memiliki ketinggian 5.582 meter di atas permukaan laut. Sebelum mendaki, sama halnya dengan gunung ekstrem lainnya, pendaki diwajibkan untuk melakukan beberapa latihan fisik untuk meminimalisir risiko perjalanan.

Tidak seperti Everest, biaya perjalanan untuk mendaki Kilimanjaro tidak begitu mahal. Sehingga gunung ini lebih terjangkau oleh para pendaki dari segi harganya. Pemandangan yang ada di sana juga sangat indah.

3. Mont Blanc, Perancis – Italia

image

Gunung yang satu ini adalah gunung tertinggi di Eropa dan merupakan salah satu lokasi Wisata Alam Terbaik Dunia. Dimana Mont Blanc berarti Gunung Putih. Lokasinya ada di pegunungan Alpen yang berada di antara Italia dan Perancis. Ketinggiannya adalah 4.810 meter di atas permukaan laut.

Gunung ini populer sebagai salah satu gunung untuk pendakian. Selain pendakian, kegiatan lain yang populer dilakukan di gunung ini adalah olahraga ski. Sebelumnya, pendakian pertama ke puncak terjadi pada tajun 1786.

Sebelum melakukan kegiatan olahraga di gunung tersebut, sebaiknya melakukan latihan fisik dan persiapan yang benar-benar matang. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan tentang cuaca di sekitar gunung itu sendiri, mengingat cuaca di gunung tersebut bisa berubah kapan saja.

Gunung Fuji, Jepang

image

Tips Wisata ke Jepang adalah mengunjung objek wisata yang sudah terkenal. Siapa yang tidak kenal Gunung Fuji di Jepang ini? Mungkin Gunung Fuji menjadi salah satu lokasi impian Anda untuk berwisata. Lokasinya ada di kurang lebih 100 kilometer dari Tokyo. Gunung ini memang sangat terkenal.

Fuji adalah gunung yang masih aktif. Letusan terakhirnya adalah pada tahun 1707 lalu. Selain terkenal sebagai gunung tertinggi di Jepang, Gunung Fuji juga dikenal sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Jepang.

Menjadi bagian dari Taman Nasional Fuji Hakone Izu, Gunung yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya. Tercatat kurang lebih 3 juta wisatawan datang ke sana per tahun untuk berwisata. Waktu terbaik wisata adalah pada Juni sampai Agustus.

Gunung St. Helens, USA

image

Gunung berikutnya yang menarik untuk wisata adalah Gunung St. Helens yang berada di USA. Gunung ini adalah gunung berapi paling aktif di USA yang terakhir kali meletus pada tahun 1980 lalu.

Gunung ini masuk ke dalam Monumen Nasional Gunung Vulkanik. Ada ribuan wisatawan yang datang ke sana setiap tahunnya untuk menikmati keindahan gunung tersebut. Namun jarak aman pengunjung adalah 6,4 kilometer dari kawah.

Jika kamu ingin berkunjung ke sana, jangan lupa juga mampir ke Johston Ridge Observatory yang merupakan sebuah tempat yang tepat untuk mengetahui beberapa informasi penting dari gunung berapi ini dan juga budaya yang ada di sekitarnya.

Gunung Popocatepetl, Meksiko

image

Gunung yang berada di Meksiko ini juga cocok dijadikan destinasi wisata gunung dunia yang menarik. Gunung ini merupakan gunung yang dikenal juga dengan istilah Gunung El Popo.

Posisinya ada di kurang lebih 70 kilimeter dari tenggara Meksiko City. Terbilang gunung berapi aktif, gunung ini baru meletus pada tahun 2013 yang lalu. Di dekat gunung juga ada biara yang dibangun pada abad ke-16 dan merupakan biara di kaki gunung.

Saat ini gunung ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO. Pengunjung bisa berwisata ke sana pada bulan-bulan Desember sampai Maret, karena bulan-bulan tersebut adalah bulan terbaik untuk berkunjung ke sana. Meksiko sendiri juga dikenal sebagai salah satu negara Wisata Budaya Dunia.