Wisata Gua Agung Garunggang

image

Bogor merupakan kota yang lokasinya tidak jauh-jauh dari Ibu Kota, Jakarta. Bisa banget jadi alternatif wisata untuk warga Ibu Kota yang ingin menghilangkan penat karena berbagai tuntutan. Bogor makin dipercantik dengan datangnya banyak tempat wisata eksotis. Salah satu yang belum banyak diketahui namun memiliki keindahan yang sangat eskotis adalah Goa Agung Garunggang atau yang biasa disebut dengan Gua Garunggang saja. Alam di sini sangatlah cantik, asri dan masih alami belum terjamah tangan-tangan jahil manusia.
Bagaimana keindahan dari gua ini?

Mulut Gua Menganga Secara Vetikal

Inilah keunikah dari gua yang terdapat di sini, pintu masuknya mengangga secara vertikal. Sehingga kamu yang ingin melihat keindahan di dalamnya perlu untuk menggunakan anak tangga yang sebelumnya sudah disediakan oleh pengelola. Sebenarnya di area ini memiliki 4 gua, tetapi baru satu yang sudah dibuka untuk umum. Di dalamnya cukup sempit, namun keindahan alam akan terpampang cantik di depan mata.

Lokasi Gua Agung Garunggang

Gua Agung Garunggang ini berlokasi di Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Bagi kamu yang ingin datang ke sini disarankan untuk mengendarai motor saja karena aksesnya terbilang sulit. Tapi jika terpaksa menggunakan roda empat, kamu akan berjalan kaki sekitar 1,5 meter dari parkiran ke tempat tiket. Lalu melanjutkan perjalanan ke Goa Agung Garunggang sejauh 2 kilometer.

1 Like

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Di Gua Garunggang ini, kamu tidak hanya menyaksikan pemandangan saja, ada banyak aktivitas ayik dan seru yang bisa kamu lakukan. Contoh aktivitas seru yang bisa kamu lakukan adalah camping, panjat tebing, trekking sampai berkeliling yang bakal ditemani oleh seorang pemandu. Kamu juga bisa mandi di sungai yang dialirkan membelah hamparan bebatuan.

Harga Tiket Masuknya

Untuk menikmati beragam aktiviats seru di Gua Garunggang, tidak ada retribusi yang ditarik oleh pengelola. Tapi akan ada guide yang menemanimu selama berjalajah di sekitar. Dan lagi-lagi, guide ini tidak dipatok tarifnya, alias kamu bisa memberinya uang secara cuma-cuma. Nah, setelah selesai menelusuri Gua Agung Garunggang, kamu bisa lanjut ke destinasi sekitar. Misalnya saja ada Leuwi Lieuk, Curug Baliung, Leuwi Hejo yang memiliki panorama tak kalah cantik.