Wisata curug apa saja yang ada di Purworejo ?


(annisa icha) #1

image

Purworejo merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Yogyakarta . Kota ini merupakan kota yang sedang berkembang, wilayah Purworejo sendiri hampir 70 % terdiri dari pegunungan dan 30% lainnya merupakan dataran. Jadi pastinya banyak potensi alam yang dapat dijadikan sebagai objek wisata, seperti yang akan saya ekplor berikut beberapa curug atau air terjun yang ada di Kota Purworejo


( Carellia An-nisa Monik ) #2

Berikut merupakan beberapa curug yang ada di Purworejo
1. Curug Muncar
image

Curug Muncar ini merupakan salah satu objek wisata di purowrejo yang masih alami dan pastinya asri. Air terjun tersebut berada di pegunungan dengan ketinggian 900 . Namun untuk menuju ke loaksi wisata tersebut di butuhkan sedikit perjuangan melewati lembah dengan berjalan kaki. Tapi semua akan terbayarkan jika kita sudah sampai di curug muncar karena kita akan disuguhkan dengan derasnnya air dari atas pegunungan dan tentunnya pemandangan nan elok, sayangnnya tempat ini belum terlalu banyak fasilitas pendukung jadi sangat disayangkan sekali. Tapi buat para pecinta traveler curug ini sangat direkomendasikan. Wisata ini berada di Kecamatan Bruno, Purworejo.

2. Curug Silangit
image

Purworejo Curug Silangit merupakan tempat wisata di Purworejo yang menjadi aset wisata kota Purworejo. Dinamakan Curug Silangit karena ketinggian curug ini mencapai 50 meter yang dibagi atas 3 tingkatan curug. Pada curug paling atas setinggi 30meter, curug kedua dan ketiga memiliki tinggi yang sama yaitu 10 meter. Tapi jika anda bermain air di sekitar curug ini sebaiknya hati-hati karena jika anda tidak bisa berenang sebaiknya anda bermain di tepian saja. Curug ini dikenal memiliki kedalaman kedung yang sangat dalam. Akses ke Curug Silangit dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi dan letaknya pun mudah dijangkau karena lokasinya berada di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

3. Curug Gunung Putri
image

Air terjun atau dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan “curug” memang selalu menarik hati untuk dinikmati. Terlebih kalau air terjunnya dipadukan dengan rerumputan dan pepohonan hijau yang nampak memukau mata. Curug Gunung Putri adalah salah satunya. Wisata alam tersembunyi ini terletak di Kecamatan Bruno, tepatnya di desa Cipedak. Jalur menuju curug ini memang agak susah diakses karena letaknya yang kurang lebih 20 km dari pusat kota Purworejo.

4. Curug Abang Purworejo
image

Curug Abang ini merupakan salah satu curug atau air terjun yang berada di Desa Wonosuko, Kecamatan Kemiri. Kalo air terjun yang satu ini lokasinya sangat mudah dijangkau oleh pengunjung karena letaknya dengan jalan raya hanya sekitar 200meter saja. Keindahan air terjun ini terdapat dalam ornamen dinding atau tebing disekitar air terjun yang berwarna merah sehingga namanya menjadi curug Abang atau merah. Dan disekitar lokasi terdapat banyak hutan pinus yang indah, jadi sangat disayangkan jika sedang ke Purworejo tidak mengnjungi tempat yang satu ini.

5. Curug Nabag
image

Curug ini masih sangat sepi pengunjung hal ini sangat disayangkan sekali kebanyakan alam yang ada di Purworejo ini tidak terlalu didukung oleh Pemerintah Daerah sehingga tidak dapat dimanfaatkan dengan baik, padahal air terjun ini sangat prospek sekali untuk menjadi salah satu destinasi wisata di Purworejo selain wisata pantai. Air terjun yang masih asri ini memang memerlukan perjuangan untuk sampai disana tetapi rasa capek kalian akan dibayar lunas oleh pemandangan eksotis yang ditawarkan sepanjang jalan ke curug nabag. Curug nabag ini berlokasi di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo.

Referensi : http://tokoilmukita.blogspot.co.id/2017/02/13-wisata-curug-atau-air-terjun-di.html