Wisata apa yang ada disekitar sungai Barito?

sungai barito

Sekilas tentang sungai Barito, sungai ini termasuk kedalam sungai terbesar dan terpanjang di Indonesia. Untuk panjangnya, sungai Barito membentang dari hulu pegunungan Muller sampai ke laut Jawa sepanjang 909 km, sementara lebarnya itu berkisar antara 600 – 1000 meter. Ada hal menarik apa sih yang bakalan kita temukan di sungai Barito ini?

Sungai Barito nih berada di tengah-tengah dua buah pulau yang cukup menjanjikan untuk dikunjungi. Kedua pulau tersebut bernama Pulau Kembang dan Pulau Kaget.

Pulau Kembang, atau yang juga dikenal sebagai delta dari sungai Barito merupakan sebuah dataran terpisah dari pulau Kalimantan, dimana letaknya berada di tengah-tengah dari sungai Barito. Pulau yang termasuk kedalam Kabupaten Barito ini jarang sekali ditemukan manusia, adapun yang akan kalian temukan antara lain berbagai jenis kera, seperti Bekantan, Lutung, Ekor Panjang serta beberapa spesies burung. Di dalam pulau ini terdapat juga tempat yang sangat disakralkan oleh masyarakat setempat, yakni sebuah tempat pemujaan yang disertai ornamen berbentuk monyet putih / Hanoman. Biasanya masyarakat setempat datang ke Pulau ini untuk berziarah.

Masih seperti pulau Kembang, Pulau Kaget merupakan pulau berbentuk delta yang berada di tengah sungai Barito. Jaraknya gak jauh dari Pulau Kembang. Jika ngetrip ke pulau Kembang, sangat sayang banget kalo gak dilanjutkan ke Pulau Kaget. Hal ini karena Pulau Kaget gak kalah cantiknya dengan Pulau Kembang, dimana pemandangan lebih di dominasi oleh hutan berisikan pepohonan serta semak belukar Flora di pulau ini bisa dibilang asri. Adapun komposisi flora di Pulau ini antara lain Rambai (Sonneratia caseolaris), Nipah (Nypa fructicans), Bakung (Crinum asiaticum), dan Jeruju (Acanthus ilicifolius). Selain flora, faunanya juga ada. Sama seperti Pulau Kembang, di Pulau Kaget juga didominasi oleh kawanan Kera.

Sumber: