Wisata apa saja yang di Hangzhou?

Negeri yang terkenal dengan nama tirai bambu ini memang nggak ada habisnya kalau dieksplor, ada satu rekomendasi kota yang bisa dikunjungi. Nama kotanya adalah Hangzhou, yang katanya merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di Cina. Wisata apa saja yang di Hangzhou?

Beberapa tempat di Hangzhou pyang bisa kamu nikmati:

  1. Danau Xihu atau West Lake
    Destinasi wisata yang pertama adalah Danau XiHu atau biasa disebut dengan West Lake. Konon, danau ini sudah berumur ribuan tahun lho, guys! Saking terkenalnya, banyak stasiun televisi yang meliputnya, bahkan nggak sedikit juga serial TV yang mengambil latar di tempat ini, salah satunya adalah serial Legenda Siluman Ular Putih. Berkat keindahannya inilah Danau XiHu masuk dalam UNESCO World Heritage pada tahun 2011.

  2. Longjing Tea Village
    Longjin dalam bahasa Indonesia artinya “Sumur Naga” atau disebut Dragon Well. Tempat wisata ini terkenal banget sama tehnya. Teh dari Longjin ini adalah salah satu teh terbaik di Cina dan sudah membawa kota Hangzhou ke kancah internasional. Kebun teh ini letaknya di Gunung Longjing yang ada di area Hangzhou, sebelah barat daya West Lake. Saat ini, Longjin Village Tea dijadikan tempat enak buat bersantai sambil menikmati hangatnya secangkir teh. Selama perjalanan, kamu akan melewati pegunungan hijau. Nah, desa yang diapit dua pegunungan ini juga merupakan tempat yang sejuk dan enak untuk jalan-jalan santai bareng keluarga, teman, atau pacar.

  3. The Grand Canal
    The Grand Canal Hangzhou adalah bagian hilir dari Grand Canal (Tiongkok), yang dikenal dengan nama Beijing-Hangzhou (Jinghang) Grand Canal. Tempat ini memiliki keindahan yang nggak kalah dari West Lake. Di tahun 2014, UNESCO mendaftarkan canal ini sebagai salah satu situs warisan budaya dunia. Di sini, kamu bisa mencoba naik perahu kecil dan menikmati pemandangan sekitar canal layaknya di Venice.

  4. Jiuxi (Nine Streams)
    Selanjutya ada Jiuxi, sungai yang ngalir melalui pegunungan bagian barat Hangzhou dan ngalir ke Sungai Qiantang. Airnya sangat jernih dan dikelilingi pepohonan yang hijau. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat feed instagramnya jadi lebih keren dengan foto pemandangan alam. Di sini juga ada kuil, namanya Kuil Li’an (Kuil Fayu) yang dibangun selama tahun 907-960. Musim paling oke buat kesana itu musim gugur. Di kuil ini kamu bisa melepas penat dan istirahat sambil ngeteh. Dan yang paling penting sih, kamu bisa datang dan masuk ke kuil ini tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

  5. Zhejiang Art Museum
    Buat kamu yang menyukai seni, rasanya wajib banget untuk berkunjung ke museum terbesar di Cina ini. Yup, dialah Zhejiang Art Museum yang letaknya di 138 Nanshan Road, berdekatan dengan West Lake. Museum ini punya gaya etnik lokal, dan dari rooftop kamu bisa menikmati pemandangan West Lake. Koleksi seni yang ada di museum ini berasal dari berbagai kota di Cina, karya representatif dari sekolah yang berbeda, dan ada juga yang berasal dari berbagai seniman.

Sumber: