Wisata Akuarium Terindah di Dunia

image

Siapa yang tidak senang menyaksikan sekelompok ikan berenang menari-nari kian kemari dalam sebuah akuarium yang luas. Apalagi jika kita merupakan orang yang hobi dengan ikan hias, bukan hal aneh jika di rumahmu ada akuarium dengan berbagai jenis ikan hias di dalamnya. Tentunya menyenangkan sekali jika memiliki akuarium cantik dalam rumah. Kali ini saya ingin membahas mengenaik akuarium terindah di dunia yang akan membuat kita kagum akan keindahannya dan tak ingin pulang dari tempat itu.

Georgia Aquarium

image

Atlanta, Georgia, Amerika Serikat memiliki akuarium besar yang mampu menampung 31.450 ribu liter air dan dihuni oleh lebih dari 100.000 hewan laut. Saking besarnya, Georgia Aquarium juga jadi rumah bagi ikan hiu paus. Akuarium di Georgia ini merupakan akuarium terbesar yang ada di dunia dan biaya pembangunannya sendiri menghabiskan hampir 2,8 triliun rupiah. Angka yang luar biasa untuk pembuatan sebuah akuarium.

image

image

Di dalam akuarium terbesar di dunia ini terdapat terowongan sepanjang 100 kaki yang letaknya tepat di bawah akuarium, memungkinkan pengunjung mengamati langsung berbagai jenis hewan laut dari dekat.

Air yang dipakai adalah air tawar biasa sebanyak 8,5 juta galon yang diberi campuran garam dan diatur dengan teknologi modern agar menyerupai habitat asli para hewan laut tersebut. Luar biasa bukan.

Akuarium Churaumi Okinawa

image

Okinawa Churaumi Aquarium terletak di Taman Ocean Expo, daerah barat laut Okinawa. Selain akuarium terbesar di Jepang, akuarium Chiraumi juga merupakan akuarium terbesar kedua di dunia setelah Georgia Aquarium di Atlanta.

Akuarium ini memamerkan beragam biota laut, mulai dari terumbu karang hingga makhluk laut yang berukuran besar. Kekayaan spesies laut di Okinawa disebabkan arus air hangat Kuroshio yang mengalir di sepanjang Okinawa. Akuarium Churaumi ini terdiri dari 77 tangki, yang terbesar berukuran 7.500m3, atau 3 kali lipat dari ukuran kolam renang olimpiade.

Berlin Aquadom

image

Berlin Aquadom terletak di dalam Hotel Radisson SAS di Berlin, Jerman. Di sebelah akuarium tersebut terdapat lift transparan supaya pengunjung dapat melihat bagian bawah hingga bagian atas akuarium.

image

Aquadom memiliki tinggi 82 kaki atau kurang lebih 24 meter. Di akuarium unik ini, kita dapat menemukan 2.600 ikan dari 56 jenis yang berbeda dan disebut sebagai tangki ikan silinder terbesar di dunia. Tangki ini berisi 198.000 kilogram air laut.

Dubai Aquarium

image

Dubai memiliki atraksi bawah air yang terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Terletak di The Dubai Mall, Uni Emirate Arab, yang merupakan mall terbesar di dunia, Dubai Aquarium & Underwater Zoo memiliki panel akuarium terbesar. Luasnya 51 meter x 20 meter x 11 meter. Luas tersebut sama dengan 50 kali luas lapangan bola.

image

Pemandangan yang disajikan akuarium terbesar di dunia ini melengkung 270 derajat pada bagian terowongan. Dengan begitu, pengunjung bisa mendapat pemandangan lebih fantastis. Di dalam akuarium ini juga ada penerangan unik yang mengikuti cuaca di luar ruangan.

image

Melalui Dubai Aquarium, kamu bukan hanya bisa melihat ribuan ikan, melainkan juga aneka biota laut yang menarik. Setidaknya ada 33.000 biota laut yang bebas berenang di sana dengan 85 spesies berbeda, termasuk 400 kombinasi dari hiu dan ikan pari.

Shanghai Ocean Aquarium

image

Akuarium ini dikenal sebagai akuarium terbesar di Asia. Yang membedakan akuarium ini dengan akuarium lainnya adalah tempat ini menyimpan hewan-hewan laut yang terbilang langka dan hampir punah. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Terletak di Distrik Pudong, akuarium ini memiliki panjang 155 meter dan dikenal sebagai akuarium dengan terowongan terpanjang di dunia.