Wick system hidroponik dengan wadah transparan

Apakah akan memengaruhi pertumbuhan tanaman, jika menanam dengan wick system hidroponik pada bak atau wadah yang transparan, sehingga akar tidak pada ruang yg gelap?
Terimakasih atas jawabannya😊

1 Like

image
Salah satu sistem hidroponik yang sederhana ialah sistem wick (sumbu). Dalam sistem hidroponik ini, wick untuk alat penyaluran nutrisi untuk tanaman pada media tanaman. Larutan nutrisi sitarik ke media tanam dari bak atau tangki penampungan melalui sumbu. Air dan nutrisi akan dapat mencapai akar tanaman dengan memanfaatkan daya kapilaritas pada sumbu. Sistem bersifat pasif, dikarenakan tidak adanya bagian yang bergerak pada media ini.

Hidroponik ini adalah tidak memerlukan sumber daya listrik, jumlah pupuk dan pengairannya mudah dikontrol. Prinsip hidroponik sistem sumbu sangat mudah diaplikasikan, karena memiliki tingkat kesulitan yang sangat rendah. Selain itu semua bahan untuk membuat instalasi hidroponik bisa diperoleh dengan barang-barang bekas. Biasanya barang-barang yang kurang dimanfaatka misalnya, gelas plastik air mineral, botol-botol plastik air mineral, pipa paralon, baki bekas dan beberapa bahan organik seperti pelepah pisang, batang-batang bambu, dan tumbuhan eceng gondok, yang sangat kurang dimanfaatkan. Dalam hal ini barang-barang tersebut sangatlah bermanfaat untuk digunakan dalam pembuatan instalasi hidroponik karna memanfaatkan barang-barang berkas yang dapat dimanfaatkan, sehingga menghemat biaya pembuatan instalasi hidroponik sumbu. (Kurnia M, E, 2018)

Wadah transparan akan menjadi celah sinar matahari sehingga akan cepat ditumbuhi lumut karena wadahnya berwarna transparan dan terkontaminasi dengan cahaya matahari. Oleh karena itu, wadahnya di lapisi dengan lakban berwarna gelap untuk mengurangi tumbuhnya lumut secara
cepat. (Saroh M et al., 2016)

Sumber :
Kurnia Munalia Eka. 2018. Sistem Hidroponik Wick Organik Menggunakan Limbah Ampas Tahu Terhadap Respon Pertumbuhan Tanaman Pak Choy (Brassica chinensis L.). Lampung
Saroh Mai, Syawaluddin, Imelda S H. 2016. Pengaruh Jenis Media Tanam dan Larutan dan Hasil Produksi Tanaman Selada (Lactuca sativa L) dengan Hidroponik Sistem Sumbu. J : Agrohitma 1 (1)

2 Likes

Berdasarkan pengalaman saya waktu praktikum kuliah dulu, wadah transparan memang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Tanaman akan tumbuh kurang sehat, airnya cepet kotor karna ditumbuhi lumut, pertumbuhannya juga lambat yg akhirnya lama kelamaan akan mati.

3 Likes

Benar sekali seperti yang telah dijawab sebelumnya, bahwa wadah transparan pada sistem wick ataupun sistem lainnya dapat menyebabkan tumbuhnya lumut pada tandon nutrisi.
image

Namun, ternyata tidak hanya itu. Wadah yang transparan cenderung dapat menyerap panas dari matahari ataupun lingkungan sekitar dan hal tersebut tidak baik bagi pertumbuhan tanaman hidroponik. Temperatur yang terlalu tinggi akan mempengaruhi ketersediaan kadar oksigen dalam larutan, sehingga menyebabkan akar kekurangan energi untuk menyerap air. Hal tersebut dapat menyebabkan tanaman tidak dapat tumbuh dan bahkan mati.

Selain itu, suhu tinggi juga dapat menyebabkan tanaman lebih cepat pertumbuhannya dan pada tanaman tertentu menyebabkan Bolting. Hal tersebut disebabkan akibat suhu yang tinggi menyebabkan reaksi kimia berjalan dengan cepat, sehingga proses fisiologis pada tanaman akan terganggu. Selain itu juga, pertumbuhan yang kurang baik tersebut dapat menyebabkan rasa sayuran menjadi lebih pahit pada tanaman selada.

Suhu yang sesuai untuk larutan nutrisi pada sistem hidroponik adalah berkisar 28-30 derajat celcius.

Semoga membantu :grin:

Referensi

Susilawati. (2019). Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik. Palembang: Universitas Sriwijaya

3 Likes