Whatsapp adalah aplikasi messenger terbaik saat ini

  • Agree
  • Not Agree

0 pemilih

Di era yang serba modern ini, penggunaan sosial media mungkin telah menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang untuk menjalin komunikasi. Banyak perusahaan yang telah mengembangkan aplikasi pesan lintas platform tanpa biaya SMS guna memudahkan para pengguna untuk berkirim pesan. Salah satu yang paling terkenal adalah Whatsapp.

Siapa yang tak kenal Whatsapp? Mungkin hampir setiap orang yang menggunakan smartphone telah menginstal aplikasi ini. WhatsApp diciptakan pada awal tahun 2009 oleh Jan Koum, seorang imigran Ukraina yang tinggal di Mountain View, California.

Semenjak kemunculannya, Whatsapp menggembung menjadi raksasa setelah Jan Koum menambahkan fitur pesan instan dan memperluas aplikasinya untuk platform lain seperti Android, BlackBerry, dll. Whatsapp terus menambahkan fitur baru pada aplikasinya. Dan pada 2014, Whatsapp dibeli oleh Facebook dan hingga saat ini Whatsapp menjadi aplikasi chatting yang paling populer dengan jumlah pengguna aktif mencapai 1 milyar pengguna.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda setuju bahwa Whatsapp adalah aplikasi messenger terbaik saat ini?

1 Like

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Whatsapp adalah aplikasi messenger yang dapat digunakan oleh smartphone dan ponsel yang punya fitur internet. Sebagai tambahannya, pengguna bisa saling mengirim gambar, video, pesan suara dan mengirim lokasi menggunakan fitur petanya.
Whatsapp mengatakan apliakasi messenger ini sudah digunakan secara luas di luar asia dan ini menarik untuk dicatat apakah aplikasi yang digunakan secara luas ini tidak punya sisi negative sama sekali. Berikut hal – hal yang saya tidak suka dengan whatsapp

Adding friends

Ini adalah satu hal yang saya tidak suka tentang whatsapp. Saya hanya tidak suka saat semua orang yang mempunyai nomor ponsel saya bisa secara otomatis mempunyai kontak whatsapp saya. Saya tahu kebanyakan dari kalian yang membaca ini akan tidak setuju dengan saya. Tapi hal ini membuat kita tidak bisa mengatur dengan siapa kita akan berteman di whatsapp. Repotnya saat teman yang kita block, mengganti nomor ponselnya. Hal ini akan menjadi situasi yang canggung.

Terbatasnya jumlah anggota grup

Di grup whatsapp ini memiliki keterbatasan jumlah anggota. Kita harus membuat lebih dari 1 grup Karena keterbatasan jumlah anggota grup . Hal ini menyebabkan kita mempunyai banyak grup di whatsapp kita. Hal ini juga yang menyebabkan ponsel kita terus berdering Karena kebanyakan grup di whatsapp kita.

Online activity dan time stamp

Di fitur ini kita bisa melihat apakah kita sedang online atau tidak. Kita juga bisa melihat jam berapa kita terakhir kali kita online. Sayangnya whatsapp tidak memberikan pengaturan untuk menonaktifkan fitur ini. Terkadang saya juga ingin orang tidak melihat aktivitas online saya juga. Jadi saat saya malas chat dengan seseorang, saya tidak bisa memberikan alasan kalau saya ‘sibuk’.

Download foto secara otomatis

Di iphone, aplikasi whatsapp ini mendownload foto dan video dan menyimpan secara otomatis ke gallery kita tanpa diperintahkan. Beberapa orang inteligen bilang ada cara untuk menonaktifkan fitur ini. Tapi itu hanya mencegah untuk menyimpan ke gallery. Foto dan video tetap di download menuju folder whatsapp gallery yang masih kita bisa akses melalui ‘view all media’ option.

Whatsapp: The merciless battery drainer

Di negara seperti Nigeria, sumber daya listrik sangat susah dicari. Anda jarang mengecek ponsel anda, dan tiba – tiba baterai ponsel anda sudah sedikit. Sekitar 3 kali sehari ponsel ini harus di charge dengan 500 pesan whatsapp.

referensi : http://techcribng.com/hates-about-whatsapp/

1 Like

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

WHATSAPP IS NOT SECURE

Sangat disayangkan Whatsapp sebagai aplikasi yang populer (gratis) namun memiliki kekurangan yang sangat fatal. Baru-baru ini Whatsapp memang telah mengkonfirmasi di update versi terbarunya bahwa mereka mengembangkan proteksi protokol enkripsi end-to-end. Fitur ini berfungsi agar pesan tidak bisa dibaca maupun disadap oleh pihak ketiga dan bahkan tidak bisa dibaca oleh WhatsApp sendiri. Namun pada praktik di lapangan, teknologi enkripsi yang dikembangkan WhatsApp belum 100 persen aman karena ada potensi man in the middle attack yang tetap bisa mencuri informasi.

Saat awal peluncuran, enkripsi WhatsApp sangat rentan disadap karena memungkinkan aplikasi lain untuk mengakses database dan membaca semua percakapan chatting pengguna di dalamnya. Hal ini cukup mengganggu users karena merasa obrolannya tidak aman dan tidak bisa berbicara dengan
bebas. Bagi user yang kesehariannya menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi messenger, mungkin tidak masalah jika ingin membicarakan tentang hal-hal yang sifatnya bukan rahasia. Disisi lain, user yang aktif mengirim pesan rahasia seperti dokumen perusahaan dan sebagainya akan sangat dirugikan, Siapapun dapat dengan mudah mengakses database Whatsapp dan mendapatkan file percakapan tersebut dengan cara masuk ke akun user dengan MD5 hash of the reversed IMEI number.

(read more: http://www.indiatimes.com/lifestyle/technology/this-new-update-on-whatsapp-will-make-you-want-to-delete-the-app-asap-233850.html
https://www.nditech.org/instant-messaging-smartphones-whatsapps-lack-security)

1 Like

:white_check_mark: Agree

Saya setuju whatsapp merupakan aplikasi messenger terbaik saat ini. Menurut SimilarWeb salah satu perusahaan analisis data, Whatsapp merupakan aplikasi messenger yang paling banyak digunakan di 109 negara dan merupakan yang terbesar di dunia.

Alasan utamanya adalah whatsapp merupakan aplikasi yang ringan. Selain itu, aplikasi ini juga sederhana dan mudah sekali untuk digunakan. WhatsApp akan secara otomatis mengambil daftar kontak dari smartphone penggunanya, kemudian menambahkan mereka ke dalam daftar kontak di WhatsApp. Jadi anda tidak perlu repot-repot melakukan registrasi ID terlebih dahulu. WhatsApp dapat beroperasi dengan baik di koneksi internet lemah sekalipun. Whatsapp juga memiliki kualitas suara free call terbaik dibandingkan aplikasi messenger lainnya.

1 Like

:white_check_mark: Agree

Saya pikir Whatsapp memang aplikasi chatting terbaik saat ini. Mengapa?

Whatsapp ini gratis

Salah satu kelebihan whatsapp adalah aplikasi ini dapat anda gunakan secara gratis. Biasanya di aplikasi gratis, orang-orang akan mengambil keuntungan dengan memasang iklan pada aplikasi tersebut. Namun di aplikasi whatsapp ini kita tidak akan menjumpai iklan-iklan yang mengganggu sehingga kita akan nyaman dalam menggunakan aplikasi ini.

Pendaftaran yang mudah
Untuk menggunakan whatsapp, pengguna tidak perlu membuat akun baru menggunakan email. Kita tidak perlu menggunakan email, lalu kita juga tidak harus mengisi data-data dan juga mengkonfirmasi pendaftaran kita terlebih dahulu. Kita hanya perlu memasukkan nomor handphone kita untuk login di Whatsapp. Cukup mudah bukan? Dan juga kita tidak perlu menambahkan teman kita secara manual karena kontak dari teman kita akan otomatis terbaca di Whatsapp.

Tampilan antarmuka yang simpel dan mudah untuk dipahami.
Dengan desain antarmuka yang simpel, setiap orang yang akan menggunakan whatsapp pasti akan dengan sangat mudah untuk memahami bagaimana cara penggunaan aplikasi ini. Selain itu, dengan desain yang simple ini juga membuat whatsapp lebih ringan dan dapat berjalan dengan mulus di smartphone anda.

Mendukung berbagai platform

Whatsapp telah mengembangkan aplikasinya agara dapat digunakan di berbagai platform seperti android, ios, windows, symbian, blackberry, dll. Hal ini tentu akan mempermudah kita untuk saling berkomunikasi dengan siapapun tanpa perlu khawatir dengan perbedaan platform.

referensi : https://www.quora.com/Why-is-WhatsApp-product-so-popular

1 Like

:white_check_mark: Agree

Whatsapp telah merilis fitur video call

Whatsapp memang selalu memperbarui dan menambahkan fitur-fitur baru pada aplikasinya untuk dapat memberikan yang terbaik kepada para penggunanya. Setelah sebelumnya menambahkan fitur drawing dan stiker pada kameranya, Whatsapp sekarang telah merilis fitur video call.

Fitur video call ini tentunya akan sangat membantu para pengguna untuk pengalaman berkomunikasi yang lebih baik. Fitur voice call whatsapp sendiri telah diklaim sebagai fitur panggilan dengan kualitas terbaik. Tidak menutup kemungkinan fitur video call ini juga akan menjadi yang terbaik diantara aplikasi lain yang menawarkan fitur serupa. Jadi bagaimana? Masih ragu kalau whatsapp adalah aplikasi chatting terbaik saat ini?

referensi : http://gadgets.ndtv.com/apps/features/whatsapp-video-calling-is-here-how-to-make-your-first-video-call-via-whatsapp-1625449

1 Like

For your information.

untuk keluhan seperti online acivity dan time stamp yang membuat tidak nyaman dengan penggunaan whatsapp. mungkin sebaiknya lebih giat lagi melakukan eksplorasi terhadap fitur whatsapp. karena pasalnya untuk problem seperti itu, aplikasi whatsapp sudah menyertakan perlindungan privasi melalui pengaturan akun -> privasi.
pada pengatran akun -> privasi ini terdapatan layanan “who can see my personal info” seperti terakhir kali pengguna online, foto profil, dan status. dengan informasi yang sudah jelas tercantum “jika anda tidak membagikan kapan terakhir kali anda online, maka anda tidak dapat melihat milik orang lain.”

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

Pengambilan data kontak secara otomatis akan menimbulkan berbagai masalah terutama masalah privasi. Beberapa orang memilih untuk tidak mengekspos media sosialnya ke publik. Sedangkan dengan Whatsapp, kontak akan otomatis updated hanya dengan menyimpan nomor telfon pengguna. Penggunaan ID sebagai media menambahkan kontak akan lebih efektif. Pengguna dapat menentukan apakah dia ingin memberikan ID penggunanya ke orang lain atau tidak. Dengan demikian, privacy akan lebih terjaga dan pengguna akan lebih merasa nyaman menggunakan Whatsapp.

1 Like

:white_check_mark: Agree

Whatsapp Menghadirkan Fitur Enskripsi untuk Keamanan Pesan

Pada bulan april 2016, WhatsApp ini telah resmi merilis mode keamanan enkripsi end-to-end.

Apa itu Enkripsi end-to-end?

Enkripsi end-to-end adalah metode komunikasi di mana hanya mereka yang terlibat dalam obrolan yang bisa mengetahui isi pesan yang dikirim dan diterima. Tidak ada pihak yang bisa dengan mudah mengintip isi pesan tersebut, baik itu peretas, provider telekomunikasi, penyedia internet, bahkan perusahaan pembuat layanan pesan itu. WhatsApp sudah menegaskan bahwa mereka tidak dapat melihat isi pesan para pengguna layanan mereka. Pesan juga tidak dapat dibaca oleh peretas yang tidak memiliki decryption key. Sistem enkripsi ini akan menutup peluang si peretas melacak pesan secara pribadi. Jika ingin membobol pesan, sederhananya peretas harus membuka kunci satu per satu.

Fitur ini sendiri sudah siap digunakan secara otomatis dengan catatan pengguna harus mengupgrade aplikasi WhatsApp mereka ke versi yang paling terbaru. Untuk bisa mengahadirkan sistem keamanan canggih ini, ternyata WhatsApp tidak bekerja sendiri karena dibantu Open Whisper Systems yang merupakan pengembang aplikasi khusus untuk keamanan perangkat android atau mobile.

sumber : http://www.makeuseof.com/tag/whatsapp-encryption-now-secure-instant-messenger/

:negative_squared_cross_mark: Not Agree

[coba simak perbandingan ini]

Perbandingan Whatsapp Messenger dan Line Messenger

Baik Whatsapp maupun Line, keduanya dapat membuat dan menerima free call, keduanya juga termasuk aplikasi messenger terpopuler jaman sekarang ini.
Tapi manakah yang lebih baik??? Mari kita lihat perbandingannya.

Popularitas

Dari segi popularitas, Whatsapp punya 900 juta pengguna di seluruh dunia whatsapp mengklaim bahwa dia memimpin di 109 negara atau 55,6% dari dunia ini. Salah satu negara yang mayoritas menggunakan whatsapp adalah Brazil, Mexico, India, Rusia, dan banyak lagi negara - negaradi Eropa, Amerika dan Afrika. Sedangkan Line punya 200 juta pengguna di seluruh dunia, mayoritas penggunanya berada di asia terutama jepang, china dan iran.

Dari segi ini Whatsapp pemenangnya

Harga

Sekarang kedua aplikasi ini dapat digunakan secara gratis

Dari segi ini tidak ada pemenangnya

File sharing

Kedua aplikasi ini dapat melakukan file sharing seperti foto, video, lokasi, pesan suara dan kontak

Dari segi ini tidak ada pemenangnya.

Voice and video

Whatsapp baru meluncurkan fitur free call dan video pada tahun 2015 sedangkan line sudah dari sebelumnya. Hal ini menjadi hal yang menguntungkan bagi Line, selain itu Line memiliki fitur group call yang bisa menelpon 2 orang atau lebih. Dari segi kualitas, line memiliki kualitas suara yang lebih bagus dari Whatsapp. Mungkin hal ini juga dipengaruhi dari koneksi si pengguna. Lagi pula, Whatsapp calls memakan data lebih banyak dari Line calls, yang menyebabkan kuota berkurang lebih cepat

Dari segi ini Line pemenangnya

Calling landlines and mobiles
Poin besar didapat line dari faktor ini, whatsapp hanya menawarkan menelepon ke sesama pengguna. Katakanlah anda ingin menelpon seseorang di luar negri dan dia tidak terhubung dengan internet atau tidak terdaftar di Whatsapp. Hal ini belum mampu diatasi oleh whatsapp. Tapi line bisa, kalian bisa menelpon nomer telpon manapun di seluruh dunia termasuk nomor telpon rumah dengan harga yang murah
Fitur ini disebut Line out, dan harganya cukup dapat bersaing. Harganya hanya 1 dollar cent per menit di US. Sama juga di china dan mexico. Untuk destinasi lain seperti Australia dan Thailand, harganya 2 cent.

Dari segi ini Line pemenangnya

Group messaging
Keduanya aplikasi ini bisa melakukan group messaging. Tapi Line lebih baik, Karena kuota anggota grup lebih banyak dari pada Whatsapp. Fitur Untuk management grup line juga lebih baik dari whatsapp.

Dari segi ini Line pemenangnya

Privasi
Keduanya dapat melakukan registrasi melalui nomor telpon. Tapi Line memberikan opsi registrasi melalui facebook untuk mendapatkan privasi yang lebih jika merasa kurang aman dengan nomor telpon.

Dari segi ini Line pemenangnya

Fitur lain
Line mempunyai lebih banyak fitur dari Whatsapp
Pasar stiker di Line dikembangkan dengan baik, banyak sekali stiker yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman. Beberapa menggambarkan karakter – karakter asli dan beberapa menggambarkan emosi – emosi sehari – hari kita.
Line bisa menambahkan kontak tanpa memiliki nomor telpon teman kita. Lagi pula banyak cara - cara menarik untuk menambahkan teman kita di Line, salah satunya fitur shake your phone
Keduanya juga bisa dikatakan mempunyai fitur untuk social media. Tapi Line lebih mengembangkannya dengan adanya timeline seperti model facebook.
Hal ini juga menarik Karena ada beberapa negara yang memblock whatsapp call, sedangkan Line tidak.

Dari segi ini Line pemenangnya

Kesimpulan
Dari mempertimbangkan fiturnya saja, Line sudah melakukan hal yang bagus dari Whatsapp dari banyak aspek. Tapi pengguna whatsapp jauh lebih banyak dari Line. Tapi hasilnya Line adalah aplikasi yang lebih baik. Kebanyakan orang menggunakan Whatsapp Karena popularitas yang lebih dulu

So, Whatsapp belum bisa dikatakan aplikasi messenger terbaik saat ini.


https://www.similarweb.com/blog/worldwide-messaging-apps