Website Apa Saja yang Dapat Digunakan untuk Mencari Refrensi Karya Tulis Ilmiah?

Pada zaman yang serba modern ini, Segala hal dapat dilakukan dengan mudah. Tidak terkecuali untuk mencari refrensi jurnal atau karya ilmiah lainnya yang dibutuhkan mahasiswa, biasanya untuk menyusun penelitian skripsi. Kita tidak perlu lagi harus pergi ke perpustakaan hanya untuk mencari refrensi. Karena pada zaman ini, bisa dibilang bahwa internet adalah perpustakaan yang dapat dapat diakses setiap saat. Nah, Apakah di Internet terdapat website untuk mencari jurnal dan karya ilmiah secara online ?

gambar
Anda dapat menggunakan Google Scholar untuk mencari jurnal atau refrensi yang anda butuhkan. Website yang diluncurkan pad atahun 2004 ini dapat memudahkan kita untuk mencari materi materi berupa berbagai karya ilmiah yang paling relevan dengan hasil pencarian. Google Scholar bekerja dengan cara menyusun artikel seperti yang dilakukan peneliti, dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama. Anda tidak perlu lagi berjuang dengan berbagai buku atau jurnal di perputakaan karena anda dapat menemukannya di sini.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pertama anda hanya perlu mengunjungi website https://scholar.google.co.id/ dan akan menjumpai website seperti ini.

Website diatas adalah web yang diakses dengan bahasa Indonesia. Jika anda ingin menggunakan versi Bahasa Inggris dapat mengklik tulisan Google Scholar in English . Kemudian anda dapat menuliskan judul karya ilmiah yang ingin anda cari. Disini saya menggunakan “high availability computer systems” sebagai contoh.

Kemudian akan tampil hasil pencarian seperti dibawah ini.

Anda dapat menemukan berbagai refrensi dari beberapa sumber. Anda juga dapat mengatur rentangan publikasi sesuai yang anda inginkan. Dengan ini, mencarai refrensi dapat dilakukan lebih mudah.

Tambahan mengenai aplikasi yang sudah teman saya tampiklkan di atas, berikut beberapa website yang di percaya dan di rekomendasikan dari rekan mahasiswa saya guna mencari refrensi jurnal demi kepentingan skripsi.

1. sciencedirect(dot)com

Dipercaya menjadi website refrensi karya ilmiah terlengkap skala internasional.

2. jstor(dot)org

Website ini terbukti banyak membantu mahasiswa tingkat akhir untuk mencari refrensi mengenai skripsi mereka. Walaupun website ini bersifat berbayar namun beberapa perpustakan universitas negeri di Indonesia sudah banyak berlangganan pada website ini.

3. id(dot)portalgaruda(dot)org

Dari sekian websita yang sudah di sebutkan di atas, portalgaruda menjadi alternativ perpustakaan online mahasiswa untuk mencari jurnal yang berskala lokal, walaupun beberapa artikel dan jurnal yang berada di dalamnya sudah berbahasa inggris.


Ini adalah situs tempat berkumpulnya komunitas online peneliti, peneliti bisa mengupload jurnal atau saling request jurnal secara gratis. Untuk mendaftar menggunakan email institusi atau kampus. Kamu bisa ke IPTIK atau ICT kampus masing-masing untuk meminta email student atau email khusus mahasiswa

Dibandingkan dengan situs dan alat kolaborasi lainnya, ResearchGate telah mengembangkan alat pencarian Internet semantik yang mampu untuk mencari makalah penelitian dari sumber internal dan database eksternal terkenal seperti PubMed, CiteSeer, arXiv, NASA Library dan sebagainya. Alat pencarian internet ini dikembangkan untuk menganalisa kata - kata dan ungkapan yang lebih luas daripada yang biasa digunakan pada alat pencarian internet lainnya dengan cara menganalisa seluruh abstrak makalah penelitian sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih akurat.

Sistem pencarian semantik ini juga diterapkan pada platform untuk mendukung jaringan sosial pengguna. Dengan menganalisa informasi yang telah diberikan oleh pengguna pada halaman profil mereka, platform ini dapat menyarankan grup, pengguna lain dan juga makalah penelitian yang relevan dan mungkin menarik bagi sang pengguna. Sejauh ini, sudah 1,100 grup yang telah diciptakan dalam ResearchGate[5] . Grup - grup ini dapat dibuka bagi umum untuk para pengguna ResearchGate, atau juga dapat ditutup menjadi grup privat. Setiap pengguna dapat membuat grup pada waktu apapun juga. Setiap grup memiliki perangkat lunak kolaboratif, yaitu semisalnya alat berbagi file yang dapat digunakan dengan anggota grup lainnya untuk menulis dan menyunting dokumen