Website apa saja yang dapat digunakan para programmer untuk berkumpul melakukan diskusi?

Ketika seseorang sedang belajar mengenai pemrograman, pasti akan menemukan sebuah kesulitan. Apalagi bagi mahasiswa baru dibidang IT, mahasiswa baru terkadang ingin melakukan diskusi dengan kesulitan yang ia alami. Dengan menggunakan website/ forum diskusi online, dapat mempermudah diskusi dengan cara online tanpa bertatap muka langsung.

1 Like

Programming atau coding adalah proses pembuatan sebuah program menggunakan bahasa pemrograman komputer. jika anda tertarik mempelajarinya lebih dalam, saat ini sudah banyak website yang memberikan fitur pelatihan programming.

Website tersebut memang sengaja di buat untuk para pemula dan orang yang ingin belajar bahasa pemrograman dari beginner/pemula sampai menjadi expert programmer atau developer.

Berikut ialah Website Website untuk kita Belajar Pemrograman :

  1. W3schools

W3school adalah website terbaik (menurut saya) untuk belajar pemrograman bagi pemula.di W3school kita dapat mencoba langsung kodingan yang kita buat sehhingga jika terjadi error kita dapat mengetahui letak errornya dimana. pengalaman saya belajar disini lumayan enak, dan sangat lengkap librarynya.

Pilihan bahasa di website ini melingkupi HTML/CSS (HTML5/CSS3), Javascript, PHP, ASP, XML, AJAX, jQuery

  1. Codecademy

Selanjutnya ada Codecademy , website untuk belajar pemrograman yang tidak membosankan , karena codecademy memang dirancang agar kita dapat belajar dengan cara yang menyenangkan. wajib dicoba

Pilihan bahasa di website ini melingkupi HTML/CSS, PHP, jQuery, JavaScript, Python, Ruby

  1. Code Avengers

Sama seperti codecademy, code avengers juga membuat belajar coding menyenangkan. ada tiga level yang harus di lewati untuk menjadi full expert.

image

Pilihan bahasa di website ini melingkupi HTML/CSS (HTML5/CSS3), JavaScript

  1. TeamtreeHouse

Lalu ada TeamtreeHouse, sama seperti codeschool menyediakan tampilan yang simpel dan mudah untuk belajar coding.

image

Pilihan bahasa di website ini melingkupi HTML/CSS, iOS, Android, WordPress

  1. Code School

Dalam situs ini, pembaca akan disajikan tutorial, contoh kode, latihan, dan penghargaan menarik mengenai bahasa pemrograman. Bisa dibilang situs ini bersifat interaktif dalam melakukan pengajarannya hampir sama seperti Codecademy.

Ketika pembaca melakukan latihan terhadap bahasa pemrograman yang dipilih, maka situs ini akan menyajikan penjelasan inti, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak dari hasil kode yang telah berjalan.

Menariknya, tampilan dari menu latihan pada situs ini ditambahkan dengan unsur game yang akan bergerak hingga menyelesaikan misi ketika pembaca berhasil menyelesaikan setiap tantangan pembuatan program dengan benar.

image

Setiap pembaca berhasil yang menyelesaikan menu latihan akan mendapatkan nilai seperti layaknya di sekolah. Situs ini mendukung bahasa pemrograman yang terdiri dari Ruby, JavaScript, HTML, CSS, dan Objective C.

  1. Learn

Situs ini terbilang seperti memiliki cabang, karena ketika pembaca mengakses salah satu menu bahasa pemrograman akan dihadapkan pada domain situs yang diawali dengan kata learn, namun belakangnya ditambahkan kata untuk bahasa pemrograman yang dipilih.

Situs ini terbilang interaktif dalam membantu penggunanya untuk mempelajari struktur pemrograman dari setiap bahasa karena pada bagian bawah situs Learn ini akan disajikan kotak yang digunakan untuk memasukkan kode untuk latihan, dan kotak hasil kode yang telah dijalankan.

Dukungan bahasa yang disediakan oleh situs Learn ini terdiri dari Python (learnpython.org), Java (learnjavaonline.org), C (learn-c.org), JavaScript (learn-js.org), PHP (learn-php.org), Shell (learnshell.org), dan C#(learncs.org).

image

  1. LearnStreet

Situs ini menyediakan tutorial, menu latihan, dan proyek untuk belajar pemrograman dari JavaScript, Ruby, dan Python. Untuk metode latihannya, situs ini hampir sama dengan Codecademy dan Code School dimana penggunanya akan disajikan penjelasan inti, glosarium, video tutorial, kotak memasukkan kode, dan kotak hasil kode yang berjalan.

Menariknya di situs ini terdapat proyek-proyek aplikasi yang dapat diujikan oleh situs ini kepada penggunanya agar dapat memahami struktur program dari proyek tersebut. Selain itu, pada LearnStreet ini pembaca bisa menjadi guru untuk memberikan tutorialnya.

Bagi pembaca yang ingin belajar pemrograman dapat langsung mengunjungi situs resmi LearnStreet.

image

sumber :
https://teknojurnal.com/belajar-pemrograman/

Saat sedang melakukan coding untuk membuat aplikasi ataupun mengembangkan perangkat lunak seoarang programmer pasti akan menemukan masalah, masalah kecil maupun masalah yang bisa dikatakan besar. Dengan adanya masalah itu tidak peduli kecil atau besar pasti akan menyusahkan programmer di tengah jalan. Tidak ada masalah jika programmer dapat menemukan solusi masalah itu dengan cepat tetapi jika tidak menemukan solusi akan merugikan programmer itu sendiri. Maka dari itu jika menemui sebuah kesalahan tidak ada salahnya jika seorang programmer melakukan diskusi dengan programmer lain. Melakukan diskusi dengan bertatap muka mungkin susah untuk dilakukan terlebih jika saling sibuk satu sama lain. Dan dengan adanya forum atau webstite-website online, programmer dapat melakukan diskusi tanpa bertatap muka secara langsung. Berikut adalah beberapa website yang dapat dikunjungi untuk melakukan diskusi antar programmer:

  • Quora
    Quora merupakan salah satu website yang memiliki beberapa topik untuk dipilih Website ini dapat berbagi dan bertanya berbagai persoalan umum… Berbagai topik tersebut dapat digunakan untuk berdiskusi sesuai keinginan. Termasuk dalam hal pemrograman, di segmen pemrograman dapat digunakan untuk berdiskusi antar programmer dalam memecahkan beberapa masalah yang ada. Soal coding seperti java C++, Android, Python, Ruby, HTML5, CSS3, dan lainnya tersedia disini.Sehingga tidak heran jika website ini cukup informatif.
    gambar

  • Reddit
    Website redit memiliki kesamaan dengan Quora, website ini dapat digunakan untuk tanya jawab dan berbagi topik yang umum, termasuk soal pemrograman, komputer, internet, dan lainya. Jika pengguna ingin membahas tentang programming, dapat mengunjungi topik programming pilih yang sesuai dengan bidang, seperti C++, Java, PHP, HTML dan lainnya.
    gambar

  • Code Project
    Website Code Project menyajikan berita, informasi dan source code yang sangat berguna untuk programmer yang mengunjungi website tersebut. Website ini juga memiliki forum diskusi umum untuk pengembang perangkat lunak dan disana saling berbagi pengalaman. Website ini sudah memiliki banyak sekali pengguna, yaitu sekitar 11 juta pengguna. Dari 11 juta pengguna tersebut banyak diantaranya melakukan diskusi tentang pemrograman baik itu .NET, C#, C++, Java, Android, SQL dan Web.
    gambar

  • Stack Exchange
    Stack Exchange merupakan tempat tanya jawab para komunitas. Tidak tanggung-tanggung pengguna website ini, banyak ahli yang bergabung disini. Jika bergabung dengan website ini, pengguna dapat langsung bertanya ataupun menjawab pertanyaan diskusi yang ada. Kurang lebih terdapat 150 komunitas yang ada di website Stack Exchange ini. Mulai dari komunitas yang membahas programming, sistem operasi, game dan website.
    gambar

  • Chegg
    Chegg merupakan sebuah website yang didalamnya terdapat edukasi. Dengan menggunakan Chegg pengguna dapat mencari berbagai solusi ataupun tips-tips yang sangat membantu. Salah satu fitur yang terdapat pada website ini adalah tutorial online, tutorial online ini dapat digunakan untuk memecahkan tugas-tugas yang ada. Dan untuk seorang programmer, terdapat topik Ilmu Komputer disana, yang memungkinkan pengguna untuk mencari konten seputar Algoritma, Sistem Database, Desain Software, Sistem Operasi, Pemrograman dan lainnya.
    gambar

  • StackOverLow
    StackOverflow merupakan website paling ramai yang digunakan programmer untuk membahas mengenai pemrograman. Dapat dikatakan website ini merupakan website pemrograman paling baik yang ada didunia. Di StackOverLow ini terdapat kuranglebih 4,7 juta programmer yang setiap harinya sebagian besar dari mereka berdiskusi mengenai masalah-masalah pemrograman. StackOverflow memiliki banyak segmen, mulai dari pembahasan tentang Javascript, Java, C#, PHP, Android, HTML, CSS, Jquery dan lain sebagainya.
    gambar

  • Code Ranch
    Code Ranch merupakan website tempat diskusi untuk programmer baik pemula sampai dengan yang profesional. Website Code Ranch hampir sama dengan Website Stack Over Low sebagian besar pengguna di website ini membahas tentang masalah pemrograman. Dengan selalu berdiskusi mengenai pemrograman, pengguna dapat dengan cepat melesaikan masalah ketika melakukan koding. Terdapat berbagai sub-forum database, komputer yang juga termasuk C/C++, Ruby, Python, PHP dan lainnya.
    gambar

  • Find Nerd
    Find Nerd merupakan sebuah jejaring sosial yang digunakan oleh developer. Find Nerd adalah tempat yang cocok untuk mencari aspek aspek teknik dari berbagai bahasa pemrogmanan yang telah ada. Dapat dikatakan website ini merupakan gabungan dari freelance market & forum belajar.
    gambar

  • Programmer Heaven
    Hampir sama dengan website atau forum pemrograman yang telah disebutkan diatas. Dapat dilihat dari namanya website ini juga salah satu website yang membahas mengenai pemrograman, dan dapat digunakan untuk tanya jawab mengenai pemrograman pula. Berbagai informasi mengenai pemrograman tersebar di website ini.

  • Google Group
    Google Group merupakan layanan yang dimiliki oleh perusahaan Google. Google Group dapat digunakan untuk membuat berbagai komunitas yang diinginkan oleh pengguna, termasuk mengenai programmer. Dengan membuat komunitas dan membuat topik pembicaraan sendiri membuat pengguna bisa bebas berekspresi sesuai minatnya. Layanan ini juga menyediakan berbagai kategori utama mengenai komputer, seperti Artificial Inttelligence, Database, Games, Graphic, Internet, Sistem Operasi dll.
    gambar

SUMBER :