Website apa saja yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan programming?

pemrograman

(Heraa) #1

Untuk dapat meningkatkan kemampuan programming tidak hanya dapat dilakukan di kelas saja, ada banyak sarana untuk bisa mengasah kemampuan programming salah satunya adalah belajar lewat website. Lalu website apa saja yang bagus untuk meningkatkan kemampuan programming?


(Rizky Fachrizzar Revaldy) #2

Menurut saya dalam pengembangan kemampuan pemrograman yang paling dibutuhkan adalah dengan terus berlatih melakukan coding dan mengasah logika kita. Salah satu pilihan terbaik untuk hal tersebut adalah dengan mengakses website www.codehunt.com

Apa itu CodeHunt?
CodeHunt pada dasarnya sama seperti website online judge atau pengasah logika programming lainnya namun perbedaan dasarnya adalah CodeHunt dirancang layaknya sebuah game berbasis web. CodeHunt merupakan website kembangan tim riset dari Microsoft yang bernama RiSE atau Research in Software Engineering. Selain perbedaan pada tampilan yang seperti game, perbedaan CodeHunt dengan website sejenis yang lain adalah CodeHunt menilai suatu program bukan hanya dari ketepatan logika dan efisiensi program namun juga melihat dari keindahan susunan code. Pada jadwal - jadwal tertentu tampilan CodeHunt akan berubah jika ada event lomba atau sejenisnya dan akan kembali ketika lomba telah selesai.

Mengapa CodeHunt ?

  1. Tampilan yang Menarik
    Berbeda dari website online judges lainnya, CodeHunt dikemas secara unik layaknya sebuah game berbasis web sehingga menarik perhatian user dan tidak membuat user cepat bosan.
  2. Berlatih Membuat Code yang "Indah"
    Selain ketepatan sebuah logika, seorang programmer juga harus mampu membuat code yang sedap dipandang mata, sehingga orang lain bisa membaca dan menginterpretasikan code dengan mudah
  3. Berlatih Menjadi Seorang yang Kompetitif
    Dengan diadakannya lomba yang rutin akan membuat kita tertantang mencoba dan bersaing didalam leaderboard.
  4. Kualitas Soal Terjamin
    Kualitas soal yang dibuat di CodeHunt sudah sangat terjamin mutunya karena buatan langsung dari tim riset Microsoft

Bagaimana Peran CodeHunt dalam Meningkatkan kualitas Programming?
Seperti yang sudah sebutkan diatas, berlatih di CodeHunt selain membuat kita lebih berpikir kritis juga dapat membuat kita lebih memperhatikan hal - hal yang lebih detil seperti aestetik dari code itu sendiri dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih kompetitif dan disiplin.

Sumber:

  1. https://www.codehunt.com/about.aspx

(Hummam Aly Baziyad) #3

Udacity adalah website untuk belajar pemrograman. Kalian dapat belajar tentang website developer, app developer (Android dan iOS), Analisis data dan berbagai bentuk pembelajaran lain tentang menjadi seorang progammer profesional. Udacity menawarkan media pembelajaran untuk pemula hingga yang sudah mahir.

Apa itu Udacity?
Udacity dapat dikatakan sebagai universitas online dengan media pembelajaran yang komprehensif untuk mendidik seseorang menjadi programmer profesional. Udacity awalnya dilahirkan sebagai salah satu eksperimen Sebastian Thrun dan Peter Norvig di Universitas Stanford yang menawarkan kursus online tentang “Introduction to Artificial Intelligence” secara gratis. Saat ini Udacity sudah berkembang dengan tim pendidik dan media yang komprehensif.

Program Nanodegree
Udacity bekerja sama dengan beberapa industri internet dan telekomunikasi global --Google, AT&T, Facebook, Salesforce, Cloudera, dll-- dengan menawarkan program yang disebut “Nanodegree”, suatu program pembelajaran tentang programmer dan developer profesional yang mampu untuk membuat dan mengembangkan aplikasi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Nanodegree sendiri dapat disebut sebagai sertifikasi dimana seseorang tersebut telah menempuh beberapa ujian tertentu sesuai dengan kriteria yang dia pilih. Atau dengan bahasa sederhananya, Nanodegree merupakan ijazah online. Jika kita mendapatkan sertifikasi tersebut, kita dapat memasukkannya kedalam resume CV kita sebagai bahan pertimbangan ketika kita akan mendaftar ke dunia kerja.

Perisapan belajar di Udacity
Tidak banyak yang diperlukan untuk belajar di Udacity, karena Udacity sendiri menawarkan layanannya secara gratis. Namun perlu dicatat bahwa kebanyakan media pembelajarannya merupakan kursus online dimana untuk dapat belajar, kalian harus memerlukan perangkat agar bisa mengakses internet. Ditambah, kebanyakan media pembelajarannya menggunakan video. Jadi disarankan untuk memiliki koneksi yang stabil dan kuota yang memdai.

SUMBER :


(Nur Fajri Hayyuni Maulidya) #4

PLURALSIGHT

Belajar programing tidak harus dibangku kuliah, kita bisa belajar otodidak dimana saja kapan saja asal ada jaringan internet. Kamu bisa mempelajari semuanya secara online jika Kamu tahu di mana mencarinya, semua sudah ada di browser. Nah salah satu yang bisa manfaatkan adalah belajar melalui web. Banyak sekali web yang bisa kita kunjungi untuk belajar programming. Salah satunya kalian bisa mengunjungi https://www.pluralsight.com/ .

Pluralsight adalah salah satu situs terbaik untuk mengajarkan keterampilan praktis kepada diri sendiri tanpa gelar sarjana. Sebagian besar program pemodelan / animasi asli diciptakan oleh Digital Tutor. Tapi ini dipindahkan ke Pluralsight saat kedua perusahaan tersebut bergabung pada 2014 . Di dalam dasbor pengguna kalian dapat mencari kursus atau melihat-lihat berdasarkan topik. Sejak Pluralsight bergabung dengan Digital Tutor ada banyak kategori dengan kursus mulai dari pemrograman hingga karya desain kreatif. Sekarang perpustakaan video terbesar untuk apa pun yang ingin Anda pelajari: ZBrush, 3ds Max, lukisan digital di Photoshop atau bahkan animasi 3D umum.


APA ITU PLURALSIGHT?

Pluralsight adalah solusi berbasis web terkemuka yang menawarkan pelatihan teknologi dan kreatif bagi individu profesional. Platform ini menawarkan banyak pilihan kursus pelatihan video untuk pengembang perangkat lunak, administrator TI, dan profesional kreatif melalui situs webnya.

Pluralsight didirikan pada tahun 2004 sebagai perusahaan pelatihan kelas yang melibatkan pengiriman instruktur ke acara bisnis atau pelatihan. Tiga pengembang visioner membuat web ini untuk membantu orang lain mengembangkan keterampilan teknologinya. Pada tahun 2007, perusahaan beralih penekanannya pada pelatihan video online. 2008, pluralsight bercabang dari awal berbasis kelas dan membawa platform online untuk menjangkau lebih banyak orang. Sejak 2011, perusahaan telah mengalami pertumbuhan yang pesat. Telah dinobatkan menjadi daftar 5000 perusahaan swasta yang tumbuh paling cepat di Indonesia, berada di peringkat teratas sebagai perusahaan Top Education Top 9 dan perusahaan Utah Top 19. Dan 2017 platform online digunakan oleh ribuan organisasu diseluruh dunia, termasuk 40% perusahaan fortune 500. [Pada bulan Oktober 2017, Pluralsight diberi nama # 29 di daftar Utah 100 MountainWest Capital Network. Pada tahun 2017, itu bernama 2017 Best Workplaces di kategori perusahaan menengah oleh Great Place to Work. Pada tahun yang sama, peringkat # 20 di daftar Forbes Cloud 100.

Pluralsight menawarkan sejumlah pilihan untuk mencari katalog kursus mereka. Solusinya memiliki sejumlah kursus dasar untuk membantu pemula belajar dengan cepat dari awal, serta topik lanjutan untuk para profesional dan pengembang TI di tempat kerja. Di samping sudah memiliki perpustakaan besar kursus, pelanggan Pluralsight diberi akses ke katalog lengkap kursus di Digital Tutor, sebuah situs yang ditujukan khusus untuk perangkat lunak perancangan, dan profesional kreatif. Pluralsight memiliki perpustakaan besar yang mencakup semua tingkat keahlian dan ratusan topik yang terkait dengan industri animasi & video game. Jika semua terdengar hebat maka kalian akan menyukai semua hal tentang pustaka video premium.


MANFAAT DAN KEUNGGULAN PLURALSIGHT

Pluralsight adalah penyedia pelatihan online yang memberi pengguna akses ke materi pembelajaran berkualitas dan pembelajaran berkualitas tinggi dan hemat biaya dengan biaya bulanan tanpa mengharuskan mereka masuk ke kontrak jangka panjang. Untuk bisnis, sistem ini adalah platform yang dapat memberi tim Anda pelatihan teks berdasarkan pakar, pelatihan berdasarkan permintaan dan alat belajar yang hebat untuk menjaga ketrampilan mereka tetap tajam dan diperbarui tanpa menghabiskan banyak dan mengorbankan operasi bisnis. Bagi para ahli, Pluralsight memungkinkan mereka bergabung dengan jaringan pengarang mereka dan berbagi keahlian dan pengetahuan mereka dengan pelajar di seluruh dunia.

Web ini fokus pada hal-hal yang penting ketika otoritas internal Anda dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas, dan sedikit waktu untuk mencari teman sebaya. Berdayakan tim untuk mengatasi rintangan proyek dan memperjelas materi pelajaran. Dengan platform ini, kalian dapat mengevaluasi kemampuan teknis tim, menyelaraskan pembelajaran dengan tujuan bisnis utama dan menutup kesenjangan keterampilan di bidang kritis seperti clods, desain, keamanan, seluler dan data.

Beberapa diatara keunggulan web ini untuk kesedian video. Video HD dengan suara jernih dan narasi yang hebat. kualitas videonya fantastis dengan narasi yang sangat jelas dan latihan yang mudah diikuti. Instruktur ini harus diperiksa oleh Pluralsight sebelum mereka bisa mengajar kursus. Dan mereka harus mengikuti peraturan tertentu yang diajukan oleh Pluralsight untuk memastikan bahwa semua video memiliki perasaan yang sama.

  1. Kecepatan pemutaran video yang dapat dialamatkan (dari kecepatan 0.5x hingga 2x)
  2. Pintasan keyboard
  3. Opsional layar penuh
  4. Putar otomatis pilihan
  5. Teks / terjemahan pilihan opsional

Pluralsight memiliki perpustakaan yang sangat seimbang dari semua 3 tingkat keterampilan.

  1. Pemula (278 video)
  2. Intermediate (404 video)
  3. Lanjutan (325 video)

PLURALSIGHT MENTORING

Pluralsight menawarkan koneksi langsung ke profesional di puluhan topik di mana kalian dapat mengajukan pertanyaan, mengumpulkan kritik, dan mengobrol satu lawan satu dengan veteran industri. Sayangnya bagi seniman / animator yang bercita-cita tinggi, tidak ada satu pun mentor dalam kategori tersebut. Sebagian besar mentor fokus pada topik IT & teknis seperti pemrograman. Tapi Anda bisa menemukan beberapa mentor untuk perangkat lunak industri yang kompleks seperti Unity and Maya.

Mentoring bukan bagian dari harga biasa sehingga memerluak biaya ekstra. Biasanya dibayar per menit yang bisa mahal. Jika Anda sedang belajar topik dan tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu, Anda akan bergantung pada Internet atau kalian harus bermain sendiri, kalian tidak bisa meminta video bagaimana melakukan sesuatu. Tapi kalian bisa meminta mentor melalui video chat. Bagian pendampingan Pluralsight bersifat mandiri sehingga kalian memiliki akses penuh ke segala sesuatu langsung dari dasbor. Kalian dapat menjadwalkan sesi dan meninjau log obrolan untuk membahas hal-hal yang mungkin terlupakan.

Fitur mentoring ini cukup keren dan tentunya bukan sesuatu yang pernah saya lihat di situs pembelajaran premium lainnya. Memang kita mungkin tidak memiliki kebutuhan untuk ini segera. Tapi beberapa mentor ini sangat terampil. Melihat beberapa mentor animasi, kita melihat orang-orang dengan pengalaman industri 10+ tahun dengan sejarah kerja termasuk Pixar and Blue Sky Studios. Fitur ini tidak akan membuat atau menghancurkan keputusan kalian untuk bergabung dengan Pluralsight. Tapi itu bonus manis yang terasa seperti modul pengajaran satu lawan satu opsional di samping kursus premium.


FITUR PLURALSIGHT

  • 4.500+ kursus
  • Kursus baru ditambahkan setiap hari
  • Tampilan tak terbatas
  • Jalur belajar
  • Forum diskusi kursus
  • Tampilan seluler dan offline
  • File latihan yang dapat diunduh
  • Pemeriksaan Belajar Kursus
  • Sertifikat penyelesaian kursus
  • Portal grup khusus
  • Laporan & analisis
  • Pendaftaran anggota yang mudah
  • Manajemen lisensi
  • Alat organisasi tim
  • Single sign-on (berdasarkan ukuran)

BERAPA BIAYA PLURALSIGHT?

PluralSight menawarkan dua rencana harga untuk individu dan paket khusus yang ideal untuk kelompok, tim, dan departemens. Hubungi PluralSight untuk informasi harga. Setiap paket juga hadir dengan pilihan uji coba gratis. Kalian dapat mendaftar ke Pluralsight untuk uji coba gratis yang berlangsung selama 10 hari dan menawarkan 200 menit pelajaran video gratis. Ini berarti kalian dapat menonton video sekitar 3 jam sebelum Anda harus meningkatkan versi rencana kalian.

  1. Standar - $ 24.92 / bulan
     4.500+ kursus
     Kursus baru ditambahkan setiap hari
     Tampilan tak terbatas
     Jalur belajar
     Forum diskusi kursus
     Tampilan seluler

  2. Plus - $ 41.58 / bulan
     Semua fitur standar
     File latihan yang dapat diunduh
     Pemeriksaan Belajar Kursus
     Sertifikat penyelesaian kursus

  3. Bisnis
     Portal grup khusus
     Laporan & analisis
     Pendaftaran anggota yang mudah
     Manajemen lisensi
     Alat organisasi tim
     Single sign-on (berdasarkan ukuran)


FITUR KEPUASAN PENGGUNA

Pengembang menyadari bahwa ketika kita membuat keputusan untuk membeli Learning Management System - LMS penting tidak hanya untuk melihat bagaimana para ahli mengevaluasinya dalam tinjauan mereka, tetapi juga untuk mengetahui apakah orang-orang nyata dan perusahaan yang membelinya benar-benar puas dengan produk tersebut. Itulah sebabnya pengembang telah menciptakan Algoritma Kepuasan Pelanggan berbasis perilaku yang mengumpulkan ulasan pelanggan, komentar dan ulasan Pluralsight di berbagai situs media sosial. Data tersebut kemudian disajikan dalam bentuk yang mudah dicerna yang menunjukkan berapa banyak orang yang memiliki pengalaman positif dan negatif dengan Pluralsight. Dengan informasi di tangan kita, memudahkan untuk membuat keputusan membeli informasi yang kita tidak akan menyesal.


SUMBER

https://reviews.financesonline.com/p/pluralsight/ (diakses pada tanggal 23 November 2017)
http://conceptartempire.com/pluralsight-review/(diakses pada tanggal 23 November 2017)


(Natasya Eldha) #5

image

Apa itu Dicoding ?

Dicoding menghubungkan developer dan partner untuk berkolaborasi dalam mengembangkan produk teknologi. Developer mendapatkan jaminan investasi untuk pengembangan produk teknologi. Partner mendapatkan produk teknologi terbaik dari developer yang tepat.

Dicoding ingin menjadi tempat bagi developer berunjuk gigi di hadapan semua orang tanpa batasan geografi lewat internet. Sebelum adanya platform seperti Dicoding, biasanya developer yang ingin mencoba kemampuan mereka akan datang ke acara hackathon. Dicoding mengubah cara para developer ini berkompetisi dari hackathon (offline) ke Dicoding (online).


Mengapa dicoding dianggap cocok sebagai website pengembangan belajar programming?

  1. Membuat Challenge
    Partner atau investor dapat membuat spesifikasi produk yang diinginkan. Dicoding akan membantu menerjemahkan spesifikasi produk teknologi tersebut dalam bentuk challenge. Challenge bisa bersifat private (non publik). Investasi partner untuk setiap challenge dalam bentuk point yang kemudian bisa diredeem oleh developer dengan rewards untuk mendukung pengembangan aplikasi.
  2. Developer Mengembangkan Aplikasi
    Dicoding akan menghubungkan challenge dengan developer yang relevan. Developer mengembangkan aplikasi berdasarkan spesifikasi dan timeline yang sudah ditentukan. Partner dapat menghubungi developer yang follow challenge untuk memberikan update terkait challenge.
  3. Partner Memilih Pemenang
    Partner dapat memilih developer dengan aplikasi terbaik. Tiap challenge dapat memiliki lebih dari satu pemenang. Partner dapat terus berkolaborasi dengan developer setelah aplikasi selesai dibuat untuk memasarkan produk tersebut lebih lanjut.

Bagaimana cara dicoding membantu pembelajaran programming?

Saat Anda melakukan registrasi di Dicoding, Anda bisa memilih sebagai seorang developer (mengikuti tantangan) atau menjadi seorang partner (memberikan tantangan). Setelah melakukan proses registrasi, Anda harus melalui proses verifikasi. Dicoding menanggapi proses verifikasi dengan serius.

Jika Anda mendaftar sebagai developer, mereka akan meminta Anda untuk memberi bukti screenshot dashboard akun store (PlayStore, App Store, atau Windows Store) dan alamat website yang menunjukkan profil Anda di store tersebut. Jika Anda mendaftar sebagai partner, admin Dicoding akan menghubungi Anda untuk melakukan proses verifikasi. Proses-proses yang dilakukan di Dicoding bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak yang terlibat di dalam Dicoding dapat mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Setelah terverifikasi sebagai developer, Anda dapat mulai mengerjakan tantangan. Jika Anda seorang partner, Anda dapat memulai memberikan tantangan. Bagi para developer, Dicoding memberikan dua jenis penghargaan berupa Winning Point dan Winning Experience. Winning point dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah yang tersedia di Dicoding, seperti Macbook Air, laptop Lenovo, gadget high-end seperti LG G3, Samsung Galaxy Tab S, dan Lumia 1520, hingga pulsa senilai Rp 25 juta. Sedangkan Winning experience adalah indikator untuk menentukan peringkat Anda di leaderboard yang disediakan oleh tim Dicoding. Kedua penghargaan tersebut bisa Anda dapatkan dengan cara terus-menerus mengikuti tantangan yang diberikan oleh partner atau pun tim Dicoding.

Dengan platform Dicoding ini, partner tentunya bisa menemukan bakat-bakat developer yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Metode crowdsourcing yang digunakan Dicoding sendiri dapat menjadi solusi langsung untuk industri startup teknologi. Dengan memberikan tantangan yang berkaitan langsung dengan masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi, partner bisa langsung memperoleh solusi dari hasil tantangan yang sudah diselesaikan oleh para developer yang bergabung di Dicoding.

SUMBER :
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150111125153-185-23806/dicodingcom-tempat-asah-kemampuan-bikin-aplikasi-mobile/
https://id.techinasia.com/dicoding-platform-bagi-developer-lokal


(diakses pada tanggal 24 November 2017)


(Meriza Nadhira Atika Surya) #6

CODE AVENGERS

image

Code Avengers dari New Zealand telah memperpanjang pemilihan coursenya dan mengubahnya dari sebuah model à la carte menjadi bentuk subscription sejak kita lihat pada tahun 2015. Servisnya mudah digunakan, and peralatan pembangunannya membuatnya mudah digunakan untuk memeriksa dan memperbaiki kode anda, menguji pengetahuan anda, dan melihat kode anda pada kehidupan nyata. Code Avengers juga saat ini menawarkan live chat support yang berguna dan channel Slack. Code Avenger adalah starting point yang bagus jika anda ingin belajar pengkodean.

Dalam tambahan pada online course, Code Avengers juga menawarkan Code Camps secara langsung di seluruh dunia, di mana murid-murid bisa bersama-sama untuk 3-5 hari belajar bersama. Code Avengers cukup mudah untuk segala pelajar dalam berbagai umur. Pengajar juga dapat mengatur Code Avengers untuk kelas mereka. Hal ini menarik, interface yang berwarna-warni dan tombol yang lebar bermakna bahwa anak-anak mudah juga diperbolehkan untuk ikut serta.

Interface dan Harga

Subscription plan untuk Code Avengers berharga $29 per bulan atau $120 untuk enam bulan (untuk simpanan $9 per bulan) dan termasuk akses untuk lebih dari 500 pelajaran, quiz, dan lebih dari 100 projek yang dibimbing. Code Avengers juga termasuk sertifikat course dan akses ke channel Slack, tentunya lebih mahal dibandingkan Lynda.com dari LinkedIn (suatu pilihan editor untuk layanan belajar mengkode berbayar), yang termasuk video instruksi, yaitu sesuatu yang tidak ditawarkan oleh Code Avengers. SitePoint, $99 per tahun atau $8,25 per bulan, juga menawarkan video instruksi. Pada sisi lain, Safari Books Online oleh O’Reilly Media adalah layanan belajar pengkodean yang termahal yang pernah kami tinjau.

Uji coba selama 7 hari tersedia, dan anda tidak harus memenuhi informasi pembayaran, sehingga tidak perlu khawatir ditagih hingga berakhir. Selama masa percobaan, anda dapat mencoba hingga lima pelajaran per coursenya, sehingga anda bisa mendapatkan feel untuk gaya pembelajaran Code Avenger. Aplikasi Android juga tersedia.

Para pengajar dapat mendaftar untuk percobaan 30 hari yang termasuk akses untuk semua course, juga seperti lima pelajaran penantar untuk digunakan pada kelas anda. Lisensi tahunan biayanya $25 per pelajar. Rencana-rencana khusus tersedia jika anda ingin menyediakan Code Avenger untuk ke seluruh sekolah anda.

Selain itu juga ada kategori Class dengan biaya $500 untuk akses semua course, rencana pembelajaran, laporan murid dan kelas, akun pengajar. Biaya $3750 untuk kategori School yang terdiri atas fitur untuk akses semua course, rencana pembelajaran, laporan murid dan kelas, akun pengajar, pengembangan pengajar, dan pelatihan pengajar. Serta kategori University dimana untuk info biaya bisa didapatkan dengan menghubungi kontak layanan dengan fitur yang sama dengan kategori School.

Code Avenger menawarkan delapan jalur, termasuk HTML/CSS, JavaSript, dan Python, juga penawaran yang lebih luas seperti Web Dev, Desain, dan Computer Science. Setiap jalur menawarkan level multiple course, terbuat dari pelajaran-pelajaran yang dicerna. Saat anda semakin berkembang, anda dapat mencoba quiz untuk apa yang sudah kamu pelajari, melengkapi pelajaran dan quiz dapat menambah point dan lencana.

Membaur dengan situs itu mudah. Sekali anda mendaftar, anda akan dialihkan ke halaman profil anda, yang bertindak sebagai dasbor yang menunjukkan perkembangan anda dalam setiap course, projek dan tantangan-tantangan yang telah anda selesaikan, dan memperoleh lencana. Mengakses dukungan lebih mudah dibandingkan selama masih dalam iterasi Code Avenger sebelumnya; dasbor anda termasuk link terkemuka menuju FAQ, dan informasi kontak support. Code Avenger telah menambahkan area projek, di mana anda dapat menulis kode anda sendiri dan membangun program.

Pemilihan Kelas, Fitur, dan Bantuan

Code Avenger menawarkan delapan jalur berbeda, termasuk bahasa coding dan keahlian-keahlian yang berhubungan. Jalur-jalur ini juga memiliki fitur bernama Hour of Code yang menjalankan anda melalui projek satu jam, seperti membuat game, membangun sebuah aplikasi, dan desain grafis.

Seperti layanan lainnya, course Code Avenger menyediakan suatu campuran tantangan dan quiz sehingga anda dapat menguji keterampilan anda. Pengenalan course Python dimulai dengan perintah-perintah sederhana yang bisa anda bangun saat anda berkembang. Selesai setiap pelajaran, anda bisa mencoba quiz; pelajaran kesepuluh adalah rekap dari semua yang telah anda pelajari di course. Seperti Treehouse, suatu pilihan para editor untuk layanan pembelajaran kode berbayar, Code Avenger menghadiahkan lencana dan poin saat anda melengkapi pelajaran dan tantangan-tantangan.

Yang disukai dari Code Avenger yaitu memiliki built-in text editor, di mana anda bisa menulis kode anda, memerika keakuratan, dan melihatnya dalam tindakan. Jika anda terjebak, anda dapat mengakses petunjuk, dan bahkan membandingkan kode anda terhadap solusinya, sebagai contoh sehingga anda dapat melihat apabila anda lupa untuk menutup kurungannya. Petunjuk dan solusi seharga poin, sehingga anda harus menggunakannya dengan bijaksana.

Dalam perkenalan kelas untuk HTML & CSS, anda menonton video yang memberikan anda tinjauan untuk setiap pelajaran atau secara sederhana bergantung pada teks instruksi. Anda dapat memilih antara mode video dan teks kapanpun dari dasbor.

Pelajaran HTML pertama dimulai dari dasar-dasarnya. DI mana kelas lain dari Treehouse dan Codeacademy (pilihan para editor untuk layanan pembelajaran kode gratis) menyelam dalam judul tag style, Code Avenger mendemonstrasikannya bagaimana dalam HTML, space dan line break tidak menunjukkan seperti yang dilakukannya dalam suatu teks editor dengan anda mengetik dua kalimat tanpa menggunakan tag line break yang merupakan panduan yang baik untuk pemula yang bisa digunakan untuk interface WYSIWYG.

Code Avengers menjalankan anda melalui level yang berbeda, tetapi untuk beberapa bagian, fokusnya adalah pada mengajar pemula. Pada saat ini, tidak ada banyak course lanjutan menutupi bahasa pemrograman atau teknologi web, seperti Ruby, Java, atau bahkan PHP.

Sembari mengambil pelajaran, anda dapat melihat kurikulum seluruhnya, mengambil catatan dan akses peralatan coding. Di dalam track HTML, juga terdapat panduan referensi untuk tag HTML. Terdapat dua pelajaran yang dapat diacungi jempol yang dikhususkan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam kode anda, yang merupakan peralatan yang bagus untuk para coder untuk semua level.

Tidak seperti Treehouse dan Codeacademy, Code Avenger tidak menawarkan forum course spesifik, yang dapat menjadi suatu sumber pertanyaan-pertanyaan tech support seperti permintaan untuk bantuan programming. Bantuan live chat dan telepon tersedia dari Senin hingga Jum’at, dari pukul 8.30 hingga 17.20 (NZST).

Sumber yang Bagus untuk Pembelajaran Bagaimana Cara Mengkode

Code Avenger telah memperpanjang penawarannya dan menambahkan sumber dukungan lebih untuk bibit coder. Peralatan built-in nya membuat belajar menjadi seru dan membantu anda untuk mencari tahu kesalahan coding anda, dan dapat menahannya sendiri terhadap Treehouse dan Codeacademy.

Sumber

http://sea.pcmag.com/code-avengers/15724/review/code-avengers (Diakses pada tanggal 26 November 2017)
https://www.codeavengers.com/edu (Diakses pada tanggal 26 November 2017)


(Delischa Novia Sabilla) #7

Apa itu codecademy?


Codecademy is an education company. But not one in the way you might think. We’re committed to building the best learning experience inside and out, making Codecademy the best place for our team to learn, teach, and create the online learning experience of the future. —codecademy web

Codecademy adalah sebuah online freemium platform interaktif yang menawarkan kelas ngoding gratis dalam 12 bahasa pemrogramman berbeda termasuk Phyton, Java, PHP, JavaScript, Ruby, SQL, dan Sass, dan juga HTML dan CSS. Situsnya juga menawarkan opsi berbayar “pro” yang memberi user akses ke rencana pembelajaran yang dipersonalisasi, kuis, proyek realistis, dan bantuan langsung dari para penasihat codecademy.

PREMIUM CODECADEMY


PRO CODECADEMY
dengan fitur pro, kita dapat mendapatkan kursus free codecademy ditambah dengan mengakses support/bantuan dari developer profesional, dapat menguji progress pembelajaran dengan beberapa kuis pada akhir unit pembelajaran, dan dapat mengaplikasikan apa yang sudah kita pelajari dengan tantangan berupa proyek. fitur ini dibandrol harga dimulai dari $19.99 per bulan.

PRO INTENSIVE CODECADEMY
Dengan fitur pro intensive, kita mendapatkan kursus pro ditambah:

  • Belajar dengan komunitas rekan dengan minat yang sama, penasihat, dan mentor
  • Dapat bangun proyek dunia nyata dengan menggunakan alat profesional
  • Proyek yang dikerjakan ditinjau oleh developers asli
  • Dapat mengikuti kurikulum yang ketat dan tetapkan jadwal
  • Lulus dengan sertifikasi dan portofolio proyek dari codecademy

Semua fitur tersebut dapat dimiliki dengan harga yang dibandrol dari $199.


Lalu, ada apa lagi?


BLOG CODECADEMY

Codecademy memiliki blog sendiri dimana kita dapat stay up to date dengan perilisan fitur-fitur baru di web codecademy, events / acara-acara codecademy, sampai artikel-artikel penting mengenai dunia programming dan bahasa pemrograman.

FORUM DISKUSI CODECADEMY

Codecademy juga memiliki forum diskusi layaknya dictio. Namun, forum tersebut khusus membahas seputar pemrogramman dan bahasa pemrogramman. Forum tersebut mengumpulkan orang-orang dengan minat yang sama untuk saling membantu dan berdiskusi.

Beberapa alasan untuk belajar di Codecademy


Ada beberapa keuntungan yang pasti untuk belajar kode dengan Codecademy. Mereka telah membantu lebih dari 24 juta siswa belajar untuk kode.

Berikut adalah tiga alasan mengapa kalian harus mempertimbangkan untuk menggunakan Codecademy untuk mempelajari keterampilan ngoding, terutama saat kalian pertama kali memulai:

  1. GRATIS

Jelas salah satu keuntungan terbesar Codecademy yang dimiliki dari banyak perusahaan lain yang mengajarkan coding secara online adalah gratis.

Anda tidak perlu mendaftar berlangganan bulanan atau membayar kelas. Bagi seseorang dengan anggaran yang ketat, itu bisa menjadi faktor penentu.

Jadi jelas, jika Anda baru mulai belajar kode dan Anda tidak yakin apakah itu untuk Anda atau tidak, cobalah beberapa kelas gratis adalah tempat yang menarik untuk memulai.

  1. Codecademy mengatasi semua pekerjaan setup yang hampir tidak mungkin untukmu

Salah satu hal yang paling mengganggu tentang belajar kode adalah sering kali, pekerjaan setup adalah bagian tersulit. Dan itu berarti banyak pemula bahkan tidak pernah memiliki kesempatan mencoba.

Ini tidak terjadi ketika kalian mempelajari bahasa frontend seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Tapi jika kalian pernah mencoba bermain dengan bahasa backend seperti PHP, Ruby, atau Python maka kalian akan tahu.

Untuk bahkan menulis aplikasi “Hello World” sederhana di komputer lokal kalian di Ruby kalian harus melewati jam pembuatan komputer yang menginstal Ruby, memastikan semua “packages” benar, mengkonfigurasi ulang hak akses folder, membuat server berjalan, mencari tahu bagaimana menghubungkan ke browser Anda.

Bayangkan saja jam dari hari Anda dihabiskan di terminal mencoba untuk memahami pesan kesalahan aneh yang belum pernah Anda lihat.

Apa yang telah dilakukan Codecademy dengan begitu cemerlang, memungkinkan Anda mempelajari sintaks bahasa pemrograman melalui pengalaman interaktif di browser web Anda. Tidak ada waktu setup, apa pun.

  1. MEREKA MELAKUKAN BANYAK BAHASA & TOPIK

Codecademy bukan apa-apa jika tidak produktif, dan salah satu fitur terbaik mereka hanyalah pelebaran persembahan mereka. Sampai saat ini mereka memiliki tutorial tentang HTML, CSS, Sass, JavaScript, Rails, AngularJS, ReactJS, Ruby, Command Line, Git, SQL, dan Java. Lebih dari cukup untuk membuat kalian sibuk untuk sementara waktu, dan lebih dari cukup kesempatan bagi kalian untuk menentukan apakah kalian menyukai keseluruhan ngoding ini dan ingin mencobanya.

sources

https://skillcrush.com/2017/01/16/codecademy-learn-to-code/
https://discuss.codecademy.com/top/all
https://www.codecademy.com/about


(Rahadian fernandika) #8

CODE CONQUEST

Code Conquest - panduan online gratis untuk coding untuk pemula. Jika Anda adalah seseorang yang ingin belajar tentang coding, tapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Situs ini memiliki semua informasi selangkah demi selangkah yang Anda butuhkan untuk memulai.

Plus, Anda akan senang mengetahui bahwa Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pendidikan tinggi jika Anda ingin menjadi seorang coder. Anda bisa mendapatkan pendidikan coding dari banyak situs pelatihan khusus, buku berkualitas dan kelas murah yang ada akhir-akhir ini.

Dengan kekurangan coders, keterjangkauan dan ketersediaan layanan pelatihan di seluruh dunia lebih penting dari sebelumnya. Itulah mengapa situs web ini ada di sini: untuk membantu Anda menggunakan layanan pelatihan coding baru ini sesuai potensi maksimal mereka. Inilah hal-hal yang dapat Anda lakukan di sini:

Tutorial Coding Gratis

Ingin mendapatkan wawasan tentang bagaimana kode asli bekerja, tanpa melakukan pelatihan apa pun? Anda bisa melakukannya dengan tutorial coding pemula Code Conquest yang gratis.

Tutorial ini akan memberi Anda rasa kode biner dan empat bahasa situs yang banyak digunakan. Jika Anda memutuskan ingin menggali lebih dalam, setiap tutorial selesai dengan rincian tentang bagaimana dan di mana untuk belajar lebih banyak

Kuis Pengkodean

Ingin menguji pengetahuan Anda tentang bahasa atau topik tertentu? Beri kuis pengkodean gratis kami coba! Setiap kuis memiliki 10 pertanyaan yang total dipilih secara acak dari kelompok yang lebih besar, dan semuanya adalah pilihan ganda. Setiap kali mengikuti tes itu akan sedikit berbeda.

Sumber :
http://www.codeconquest.com/


(Nurfatima Selle) #9

Apa itu Jagocoding.com??

Jagocoding.com berdiri pada tanggal 3 Mei 2012. Jadi usia sampai saat ini baru satu bulan. Suatu perkembangan yang baik dengan satu bulan ini Jagocoding.com dapat memiliki visitor dengan IP berbeda 90-160 orang per harinya. Dengan fanspage yang sudah memiliki fans 2000 orang lebih.
JagoCoding merupakan sebuah website tutorial yang dibangun dengan kultur social network. Penulis tutorial pemrograman bisa siapapun jika telah mendaftar sebagai member di JagoCoding. Seseorang dapat mengikuti dan diikuti oleh programmer lain. Sehingga orang yang mengikuti seorang member lain dapat menerima tutorial terbaru dari seseorang. Mau tahu seperti apa JagoCoding? mari simak wawancaranya berikut ini.

Desain website Jagocoding.com terinspirasi dari suatu website bernama css-tricks.com yang mana situs ini menyediakan tutorial-tutorial CSS yang berkualitas dan mempunyai “snippets” (kode siap pakai) sama seperti Jagocoding.com.

Ada fitur apa saja di Jagocoding.com ini?

Fitur utama pada situs Jagocoding.com tentu saja membuat tutorial. Tutorial dibuat oleh pengguna yang sudah mendaftarkan diri di situs Jagocoding.com, yang kemudian rela membagikan ilmunya ke publik untuk dibaca oleh pengguna/pengunjung jagocoding.com lainnya. Adapun fitur-fitur lainnya adalah:

  • Follow, yaitu sejenis subscribe, berlangganan tutorial terhadap orang yang kita follow. Jika kita memfollow “James”, maka kita akan selalu mendapatkan notifikasi bahwa James telah membuat tutorial baru.

  • Comments and Discussion, pengguna dapat memberikan komentar dan diskusi di setiap tutorial.

  • Love, pengguna dapat menyukai tutorial dan dilihat siapa yang menyukai tutorial tersebut.

  • Download PDF, pengguna dapat mendownload versi PDF dari setiap tutorial.

  • Message, fitur untuk mengirim pesan sesama pengguna yang difollow atau memfollow user.

  • Notifications, fitur untuk menampilkan notifikasi ketika ada perubahan/update pada suatu tutorial, komentar, dan sebagainya.

  • Ratings, fitur untuk memberikan rating terhadap suatu tutorial. Kenapa dibuat? Karena pengguna ingin tahu mana tutorial yang paling berkualitas dan mana tutorial yang kurang begitu bagus.

  • Snippets, yaitu koleksi kode-kode siap pakai (tinggal copy paste). Dan beberapa fitur kecil lainnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

jc1

jc2

jc3

jc4

Keunikannya Jagocoding.com dibanding dengan website – website belajar pemrograman lainnya apa ?

Keunikannya sebenernya banyak, cuma saya sebutkan yang paling terlihat berbeda dengan tutorial yang lainnya, yaitu: user dapat berlangganan tutorial dari user lain, dan dapat berdiskusi secara dinamis pada suatu tutorial. Fitur lainnya yang membedakan dan murni ide dari Jagocoding.com adalah download PDF pada setiap tutorial. Dengan begitu, user dapat mempelajari tutorial-tutorial Jagocoding.com secara offline. User juga dapat mengkoleksi tutorial-tutorial yang berkualitas dengan download PDF yang diinginkan.


(Muhammad Wildan Aldiansyah) #11

Sphere Online Judge (SPOJ)

Apa itu SPOJ ?

SPOJ (Sphere Online Judge) adalah suatu web yang memberikan tantangan soal programming atau biasa disebut Online Judge System. Bagian utamanya adalah kontes yang terus berlanjut dalam memecahkan masalah terbanyak dengan skor total dari tingkat mudah hingga sulit. Di SPOJ terdapat berbagai macam bahasa pemrograman yang didukung, termasuk Prolog, Skema, Smalltalk, dan beberapa bahasa esoteris.

Masalah yang ada di SPOJ adalah soal yang telah disiapkan oleh komunitas pengetesan masalah atau diambil dari sebuah kontes / perlombaan tentang pemrograman. SPOJ juga membuat para pengguna tingkat lanjut untuk mengatur kontes berdasarkan peraturan mereka sendiri, serta menyertakan forum dimana programmer dapat mendiskusikan bagaimana memecahkan masalah dari soal-soal yang ada.

SPOJ ini awalnya dibuat untuk menilai karya siswa dibeberapa universitas di Polandia. Bagian dari visi jangka panjang dari situs ini adalah untuk memungkinkan para pengguna membuat dan atau menjalankan kompetisi pemrograman mereka sendiri dengan fleksibilitas yang tinggi.

Mengapa SPOJ cocok untuk mengembangkan skill programming kita ?

1. Mendukung lebih dari 45 bahasa pemrograman

Dengan banyaknya Bahasa pemrograman yang telah ter-support di SPOJ membuat para pengguna dapat lebih mudah untuk mengenal soal – soal dengan Bahasa pemrograman lainnya. Serta pengguna bisa belajar tentang Bahasa pemrograman lainnya

2. Soal tantangan (Challenge)

Dengan soal – soal tantangan membuat siapa saja dapat berlatih dalam memecahkan suatu masalah, SPOJ menyediakan soal dengan tingkatan mudah hingga sulit. Dengan adanya soal tantangan ini membuat para programmer bisa berlatih mengasah logikanya.

3. Forum Diskusi

Dengan forum diskusi yang sudah tersedia untuk SPOJ membuat para programmer dapat lebih mudah untuk membahas suatu keluhan, masalah soal, dan lain-lain. Sehingga mereka dimudahkan dalam menyelesaikan suatu soal / keluhan yang ada di SPOJ.


Bagaimana peran SPOJ dalam mengembangkan skill programming kita ?

SPOJ menyediakan soal dengan tingkat kesulitan dari yang mudah hingga sulit sehingga dengan seringnya kita mencoba menyelesaikan soal dari tingkatan yang mudah maka kita akan terbiasa dengan soal yang ada dan mungkin sama, dengan adanya fitur Scoring pada SPOJ kita juga bisa mengukur poin yang kita miliki dari menyelesaikan soal tersebut. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana kalian menyelesaikan masalah (soal) tersebut bukan karena skor skill programming kita sudah meningkat.

SUMBER :


(Fathina Atsila Firdausi) #12

Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk melatih kemampuan pemrograman. Dari mulai membaca buku, dan menggunakan internet sebagai sarana pembelajaran. Salah satu website yang dapat dijadikan tempat pembelajaran adalah learnjavaonline.org

image

Apa itu learnjavaonline ?
Learnjavaonline adalah sebuah website yang memiliki visi mengajar bahasa pemrograman Java di browser menggunakan latihan yang singkat dan efektif. Singkat dalam hal penjelasan materi, dan mudah dimengerti. Efektif karena setelah penjelasan materi kita dapat mencoba latihan yang terdapat di website, jika kita berhasil mengerjakan latihan yang diperintahkan maka dapat melanjutkan ke pembelajaran selanjutnya.

Gambar diatas adalah tampilan jika kita menjalankan kode Java di learnjavaonline.org , ini dilakukan secara langsung dari browser web, tanpa perlu menginstalnya. Ini menciptakan proses belajar yang lebih efisien, karena kita fokus pada hal-hal penting - belajar bagaimana memprogramnya.

Situs ini dapat digunakan secara bebas dan tanpa biaya, dan akan selalu bebas.

source : learnjavaonline.org


(Muhammad Wildan Oktavian) #13

Belajar programming bisa dibilang gampang-gampang susah karena di setiap orang tingkat pemahamannya tentu berbeda-beda. Berdasarkan hal tersebut, banyak developer yang terinspirasi akan hal tersebut dan membuat berbagai media sebagai wadah untuk belajar programming. Salah satu website pembelajaran yang menarik perhatian saya www.tutorialspoint.com

image

Apa itu?
Tutorials Point berawal dari ide untuk dapat memberikan pembelajaran yang responsif pada konten online dan belajar skill baru dengan menyesuaikan kecepatan pemahaman pribadi masing masing.
Dengan misi untuk memberikan pembelajaran simple dan mudah dengan konten yang jelas, segar, dan to-the-point pada ruang lingkup yang luas dari pelajaran teknikal maupun non-teknikal tanpa syarat.

Mengapa Tutorials Point?
Banyak fitur menarik yang bisa kita dapatkan dari Tutorials Point, Berikut ini adalah beberapa konten menarik dari seluruh konten yang ada di tutorials point, yaitu:

  1. Code ground
    Adanya codeground ini dapat meunjang kemampuan programming kita, karena source code yang kita buat bisa di bagikan ke banyak orang dan dari hal tersebut kita pasti akan mendapat komentar akan source code kita agar menjadi lebih baik.

  2. Tutorials Library
    Tutorialspoint memiliki perpustakaan tutorial terbesar yang mencakup banyak hal, misalnya computer programming, database , telekomunikasi, bahkan ada lowongan pekerjaan di bifdang IT dan masih banyak lagi. Dengan hal tersebut, tidak hanya skill programming kita yang akan meningkat namun wawasan juga akan semakin luas.

  3. Video tutorial
    Tidak hanya tutorial berbasis step-to-step saja disini, terdapat juga video tutorial yang semakin meningkatkan skill programming kita.

  4. Tutor connect
    Ada banyak sekali tutor yang siap membantu kita dalam programming, serta tutor-tutor tersebut merupakan orang-orang yang berpengalaman di bidangnya masing masing. Untuk dapat terhubung dengan tutor kita harus menghubunginya terlebih dahulu melalui menu contact.

Bagaimana peran Tutorials point pada kita?
image
Dengan fitur-fitur yang lengkap serta cara pengajaran yang step-by-step, Tutorials point bisa menjadi media belajar programming yang ideal bagi pemula bahkan yang berpengalaman sekalipun untuk mengasah kemampuan. Dan juga pada Tutorials point tidak dikenakan biaya apapun sehingga semakin membuat website ini menjadi website paling ideal untuk belajar programming.

Sumber :
www.tutorialspoint.com


(Nur Iqbal Darmawan) #14


Apa itu Stack Overflow ? :open_mouth:
Didirikan pada tahun 2008, Stack Overflow adalah komunitas online terbesar yang terpercaya bagi pengembang untuk belajar, berbagi pengetahuan, dan membangun karir mereka. Lebih dari 50 juta pemrogram profesional dan calon pengembang mengunjungi Stack Overflow setiap bulan untuk membantu memecahkan masalah coding, mengembangkan keterampilan baru, dan mencari peluang kerja.

Mengapa Stack Overflow digunakan untuk menunjang pemrograman ? :roll_eyes:
Stack Overflow bermitra dengan bisnis untuk membantu mereka memahami, mempekerjakan, melibatkan, dan memungkinkan pengembang dunia. Stack Overflow merupakan sebuah wadah perkumpulan para pengembang teknologi untuk saling belajar, berbagi pengalaman, dan saling membantu menyelesaikan masalah-masalah khususnya di bidang IT, karena sifat websitenya yang berupa komunitas kita bisa belajar berbagai macam bahasa pemrograman didalamnya.

image

Bagaimana kegunaan Stack Overflow sebagai website pembelajaran pemrograman ? :smile:
Stack Overflow ini para pengembang bisa melatih kemampuannya dan mendapatkan komisi karena di stack overflow ini terdapat projek-projek yang menghasilkan uang yang dapat diakses di developer jobs, dengan menyelesaikan projek yang diminta konsumen IT kalian dapat mendapatkan uang dan bisa juga dijadikan lapangan pekerjaan. Stack Overflow terdapat beberapa web cabang yang sifatnya khusus seperti Stack Overflow Talent, Stack Overflow blog, dan lain-lain. Stack Overflow ini juga memberikan semacam penghargaan atau reputasi untuk user yang memberikan tanggapannya dan aktif di web ini.

Sumber :man_technologist: :


(Agus Purnomo Ruminto) #15


GitHub

Apa itu Github?
Github adalah layanan web populer bersama untuk proyek pengembangan perangkat lunak yang menggunakan sistem pengontrol versi Git atau bisa dikatakan layanan hosting untuk proyek open source yang menggunakan Tool System revisi kontrol Git. Pengertian mudahnya, Github adalah jejaring sosial untuk para developer dalam mengembangkan suatu proyek.

Situs github ini menyediakan fungsionalitas jejaring sosial dan grafik jejaring sosial untuk menampilkan bagaimana para pengembang menggarap versi repositori mereka.

Github juga mengoperasikan layanan-layanan lain: situs bergaya pastebin bernama Gist yang menyajikan wiki untuk masing-masing repositori dan laman web yang bisa disunting melalui sebuah repositori Git, layanan penginangan slide bernama Speaker Deck, serta platform analisis web bernama Gauges.

Per Januari 2010, Github dioperasikan dengan nama Github, Inc. Perangkat lunak yang menjalankan Github ditulis dengan Ruby on Rails dan Erlang oleh para pengembang Github, Inc. (sebelumnya dikenal sebagai Logical Awesome), yakni Chris Wanstrath, PJ Hyett, dan Tom Preston-Werner.


Apa itu Git?
GIT merupakan sebuah Version Control System (VCS) yang digunakan dalam tim pengembangan perangkat lunak untuk bekerja bersama. Version Control maksudnya sistem Git akan mencatat setiap perubahan yang terjadi pada source code kita sehingga memungkinkan untuk mengambil kembali source code lama jika suatu saat kita ingin kembali ke versi berapapun dari aplikasi yang pernah kita tulis.

Yang membedakan Github dari Project hosting yang lain bisa kita lihat di bawah ini:

Github menggunakan Git sebagai tool utama dalam merevisi code.
Github menyediakan free hosting untuk proyek open source, namun Github juga menawarkan hosting berbayar untuk proyek perusahaan atau pribadi yang sifatnya private.
Github ditargetkan untuk para developer yang bekerja secara tim dan tidak disatu tempat.
Github mempunyai fitur Social seperti Twitter seperti follow atau favorit (Star).
Github mendukung semua bahasa pemrograman, anda bebas memakai bahasa dan tool yang biasa anda pakai.


Sumber

http://d3f4lt.github.io/pengetahuan/post/2014/06/10/kenalan-dengan-github/


(Fakhri Wajih H) #16

Untitled

Apa itu hack.pledge ()?
hack.pledge () adalah sebuah gerakan bagi pemrogram di seluruh dunia untuk berkumpul dan saling mentor,
sehingga kita secara kolektif dapat meningkatkan kemampuan dan kemampuan kita dalam menguasai perangkat lunak
pengembangan.
Dengan bekerja sama, kita bisa belajar dari satu sama lain, membuang sedikit waktu untuk terjebak, menulis kode yang lebih baik, dan memprogram lebih cepat.
Apa penandatanganan janji itu?
Anda bisa:
Mentor pengembang lain
• Menerima mentoring gratis untuk menguasai keahlian Anda
• Atau keduanya

Kami akan menghubungkan Anda secara otomatis dengan mentor atau mentee. Ini difasilitasi oleh Pluralsight, yang memiliki layanan untuk menghubungkan pemrogram satu sama lain secara real-time. Pluralsight adalah
mensubsidi biaya infrastruktur dan menyumbangkan teknologinya untuk menghubungkan mentor dengan mentees. Sebagai alternatif, Anda juga dapat memenuhi janji Anda sendiri di komunitas lokal Anda sendiri.
Sebanyak yang kamu mau Ini adalah eksperimen berdasarkan sistem kehormatan, jadi kami harap Anda tidak menyalahgunakannya.
Saya ingin mentor. Kapan saya perlu melakukan sesi mentoring saya?
Kapan pun itu sesuai untuk Anda.
Saya ingin mentor. Berapa banyak mentoring yang harus saya lakukan?
Kita semua memiliki niat baik, tapi hidup menghalangi. Dengan menjaga agar janji tetap sederhana, hal itu mempermudah pemenuhan. Jadi kami hanya meminta mentoring selama 1 jam dari setiap mentor. Tapi kami diam-diam berharap beberapa orang memilih untuk menyumbang lebih dari 1 jam begitu mereka melihat betapa menyenangkannya itu,


(Aditya Luthfi Alvari Ramadhan) #17

HACKERRANK

HackerRank merupakan website yang didirikan oleh Vivek Ravisankar yang menghubungkan developer atau programmer melalui tantangan yang menarik dan kompetisi reguler. Dengan kedua hal tersebut, pendirinya berharap dapat membuat semua developer atau programmer lebih bersenang-senang dalam meningkatkan kemampuan pemrogramannya. Untuk menggunakan HackerRank, pengguna hanya diperlukan untuk sign up di website hackerrank.com.



HackerRank menyediakan berbagai materi dan challenge yang dapat dikerjakan. Materi dan challenge disajikan dalam HackerRank berbentuk Track. Di akhir setiap materi, pada challenge atau tantangan yang harus diselesaikan.

Pengguna akan diberikan format-format yang diperlukan untuk menyelesaikan challenge menggunakan code editor yang disediakan. Jika pengguna merasa kurang nyaman menggunakan code editor yang telah disediakan, pengguna dapat mengupload code yang telah dibuat dengan IDE pilihan pengguna.

Website ini juga menyediakan berbagai kompetisi coding. Pengguna dapat menantang diri masing-masing dengan mengikuti kompetisi yang ada. Bahkan sebagian kompetisi akan membagikan hadiah untuk pemenang.

Fitur lain yang kerap disorot adalah Jobs. HackerRank dapat menjembatani perusahaan yang mencari tenaga kerja dengan pengguna yang mencari pekerjaan. Website ini menyediakan online judgement yang dapat mengetes kemampuan pelamar kerja. Fitur ini memudahkan kedua pihak untuk berhubungan. Proses seleksi pekerja akan lebih mudah melalui website ini dan pelamar kerja juga dapat melamar kerja dari rumah.

Web ini juga memiliki fitur Rank dan Leaderboards. Kedua fitur ini memacu pengguna untuk lebih kompetitif dalam coding. Challenge-challenge yang dilakukan dengan baik akan mendapatkan nilai bagus. Nilai tersebut dimasukkan ke leaderboards dan disaingkan dengan pengguna lain.

Jadi, website HackerRank merupakan website yang multifungsi. Pengguna tidak hanya dapat belajar dan melatih skill coding di, tetapi pengguna juga dapat melamar kerja di perusahaan yang mereka inginkan. Code editor dan sistem judgement yang disediakan dapat melatih skill coding pengguna dan menyeleksi pelamar kerja. HackerRank juga sangat berguna bagi perusahaan yang ingin mencari tenaga kerja yang kompeten. HackerRank dapat diakses melalui hackerrank.com.

Note: Sebagian besar review ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis.
Sumber: https://teknojurnal.com/tingkatkan-kemampuan-pemrogramanmu-di-situs-hackerrank/


(rishaniputriaprilli) #18

image
Banyak web-web yang bisa membantu kita dalam belajar programming tetapi saya lebih memilih “Tutorials Point” sebagai web penunjang untuk meningkatkan kemampuan saya dalam programming.Nah sebelum itu mari kita cari tahu Apa itu Tutorials Point?

Tutorials Point awal mulanya berasal dari sebuah gagasan bahwa ada sekelompok orang lebih senang akan membaca sebuah konten online dibandingkan dengan hal lainnya karena menurut mereka banyak hal yang bisa mereka dapatkan dari konten-konten online dimana memang benar bahwa mereka lebih nyaman membaca dan mempelajari banyak hal diluar dari belajar offline.

Perjalanan dimulai dari web ini dengan satu tutorial di HTML pada tahun 2006 dan karena banyaknya tanggapan yang dihasilkannya, dan didalam web ini telah banyak tutorial-tutorial bahasa pemrogramman dan setelah dilakukan perhitungan ternyata terdapat 20 juta pembaca membaca 50 juta halaman setiap bulannya. Konten dan sumber daya web tersedia secara gratis dan hal ini karena web dilakukan dengan cara mendorong pembaca mendapatkan keterampilan sebanyak yang mereka mau.

Misi

Misi dari web ini adalah menyediakan cara yang sederhana dalam belajar dengan konten yang jernih, tajam, dan to-the-point pada berbagai materi pemrogramman teknis dan non-teknis tanpa prasyarat dan hambatan apa pun.
Produk yang telah dimiliki dari web ini adalah :

  1. Share Large File
    image

Bagi File Besar Online secara Gratis melalui port 10 GB upto 18 GB sekali jalan. Produk ini sangat membantu dalam membagikan file ke seluruh dunia.

  1. Tutorials Library
    image

Perpustakaan tutorial online terbesar yang dimiliki web ini memiliki koleksi tutorial yang paling terkenal tentang berbagai topik teknis dan non teknis.

  1. Coding Ground
    image

Edit, Kompilasi, Jalankan dan Bagi C, C '++, Java, Python, Perl, PHP, Node.js, Javascript, HTML-5 atau proyek apa pun di jaringan sosial Anda menggunakan tautan sederhana

Disini saya akan membahas produk mengenai “Coding Ground” jika dilihat dari halaman web yang pertama akan terlihat banyak bahasa pemrograman yang telah tersusun rapi beserta gambarnya untuk online terminals hanya ada beberapa pemrograman yang bisa dilihat dibawah
image

Didalam “Coding Ground” terdapat tutorial-tutorial mengenai java yang menurut saya sangat efektif karena dilengkapi dengan video jika anda membukanya akan terlihat gambar seperti dibawah
image

Dan jika anda membuka home awal akan menjelaskan bagaimana awal mula dari dimana java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang awalnya dikembangkan oleh Sun Microsystems dan dirilis pada tahun 1995. Java berjalan pada berbagai platform, seperti Windows, Mac OS, dan berbagai versi UNIX. Tutorial ini memberikan pemahaman yang lengkap tentang Jawa. Referensi ini akan membawa Anda melalui pendekatan sederhana dan praktis saat belajar bahasa Pemrograman Java.

Kelebihan web ini yaitu:

  1. Telah menyediakan tutorial ini bagi para pemula untuk membantu mereka memahami konsep dasar dan lanjutan yang terkait dengan bahasa Pemrograman Java.
  2. Terdapat banyak contoh-contoh soal yang terdapat diweb ini
  3. Tidak hanya java tapi terdapat banyak bahasa pemrogramman mulai dari C++,HASKELL,dan BASH juga ada
  4. Dalam situs ini, pembaca akan disajikan tutorial, contoh kode, latihan, dan penghargaan menarik mengenai bahasa pemrograman…
  5. Ketika pembaca melakukan latihan terhadap bahasa pemrograman yang dipilih, maka situs ini akan menyajikan penjelasan inti, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak dari
  6. Menariknya untuk belajar pemrograman di situs ini, pembaca akan disajikan kotak yang berisikan petunjuk untuk kode, kotak untuk memasukkan kode, dan kotak yang berisikan hasil dari kode yang pembaca masukkan. Apabila kode yang telah dimasukkan benar, maka pembaca dapat langsung menyimpan, dan mengajukan program.

sumber:
https://www.tutorialspoint.com/about/index.htm


(Muhammad Verrel Radiman) #19

COURSERA

Coursera merupakan perusahaan teknologi yang didukung oleh usaha yang fokusnya dipusatkan pada pendidikan mengenai dunia programming yang didirikan oleh Prof. Standford Andrew Ng dan Daphne Koller yang dimana mereka menawarkan kursus online berbasis di Mountain View, CA. Coursera Bekerjasama dengan berbagai macam universitas dan organisasi lainnya untuk menawarkan kursus, spesiallisasi dan gelar online dalam berbagai bentuk mata pelajaran, seperti salah satunya yaitu ilmu komputer dan programming. Pada Oktober 2017 baru-baru ini, Coursera memiliki lebih dari 28 juta pengguna dan membuka lebih dari 2 ribu kursus yang disediakan untuk para penggunanya.

**SEJARAH **

Coursera didirikan pada tahun 2012 oleh Professor ilmu komputer Universitas Standford, Andrew Ng dan Daphne Koller. Mereka terinsipirasi oleh pengalaman mereka yang menawarkan kursus Standford secara online di musim gugur 2011 silam. Mereka segera meninggalkan Standford untuk berencana meluncurkan Coursera, Kemudian mereka mulai merekrut aliansi untuk bekerjasama dengan perusahaan mereka dimulai dari Princeton, Standford, University of Michigan, dan University of Pennsylvania yang ditawarkan platform agar bekerjasama dengan mereka. Kemudian penawaran diperluas sejak mereka menggaet beberapa aliansi untuk mencakup spesialisasi konten yang akan mereka cantumkan di dalam program tersebut. Koleksi kursus yang membangun keterampilan dalam mata pelajaran tertentu serta gelar dan produk pengemabangan tenaga kerja untuk bisnis dan organisasi pemerintah telah tersedia di Coursera sehingga dapat dikatakan perkembangan mereka sangatlah signifikan.

DANA

Startup Coursera mengumpulkan dana awal $ 16 juta yang didukung oleh Kleiner Perkins Caufield & Byers dan New Enterprise Associates. Pada tahun 2013, Grup Bank Dunia memimpin investasi Seri B, yang mencapai $ 63 juta. Kemudian, pada tahun 2015, EDB Investments memimpin divisi usaha penyewa Seri C, yang berjumlah lebih dari $ 60 juta. Perusahaan ini telah mendapatkan dana $ 146,1 juta sampai dengan sekarang.

COURSERA MISSION
Coursera adalah platform pendidikan yang bermitra dengan universitas dan organisasi terkemuka di seluruh dunia, untuk menawarkan kursus online bagi siapa saja untuk diambil secara gratis.

Coursera membayangkan masa depan di mana setiap orang memiliki akses terhadap pendidikan kelas dunia. Coursera bertujuan untuk memberdayakan orang-orang dengan pendidikan yang akan memperbaiki kehidupan, kehidupan keluarga mereka, dan masyarakat tempat mereka tinggal.

COURSERA APPROACH

The Coursera Experience ( Pengalaman Coursera )
Coursera ingin membantu siswa belajar lebih baik - dan lebih cepat. Itulah sebabnya Coursera telah merancang sebuah platform berdasarkan metode pengajaran yang telah terbukti yang diverifikasi oleh para periset terkemuka. Inilah 4 gagasan kunci yang berpengaruh dalam membentuk visi kita:

  1. Effectiveness of Online Learning ( Efektivitas Pembelajaran Online )
    Pembelajaran online memainkan peran penting dalam pendidikan seumur hidup. Sebenarnya, sebuah laporan baru-baru ini oleh Departemen Pendidikan A.S. menemukan bahwa “kelas dengan pembelajaran online (baik yang diajarkan secara online atau campuran) rata-rata menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih kuat daripada kelas dengan instruksi tatap muka semata.”

  2. Mastery Learning ( Penguasaan Pembelajaran )
    Berdasarkan sebuah pendekatan yang dikembangkan oleh psikolog pendidikan Benjamin Bloom, Mastery Learning membantu siswa memahami topik sebelum beralih ke topik yang lebih maju. Coursera biasanya memberi umpan balik langsung pada sebuah konsep yang tidak dimengerti oleh seorang siswa. Dalam banyak kasus, Coursera menyediakan versi acak dari tugas tersebut sehingga seorang siswa dapat mempelajari kembali dan mencoba kembali pekerjaan rumah.

  3. Peer Assessments ( Penilaian Rekan )
    Dalam banyak kursus, tugas yang paling berarti tidak dapat dinilai dengan mudah oleh komputer. Itulah sebabnya Coursera menggunakan penilaian sebaya, di mana siswa dapat mengevaluasi dan memberikan umpan balik mengenai pekerjaan masing-masing. Teknik ini telah ditunjukkan dalam banyak penelitian untuk menghasilkan umpan balik yang akurat bagi siswa dan pengalaman belajar yang berharga bagi siswa kelas.

  4. Blended Learning
    Banyak institusi mitra kami menggunakan platform online kami untuk memberi siswa di kampus mereka pengalaman belajar yang lebih baik. Model pembelajaran campuran ini telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan keterlibatan, kehadiran, dan kinerja siswa.

COURSERA ADVANTAGES

  • Katalog yang sangat beragam. Anda dapat menemukan lebih banyak topik daripada di tempat lain. Selain kursus bisnis dan ilmu komputer dengan permintaan tinggi, mereka juga memiliki banyak kursus seni, humaniora, psikologi, pengembangan diri sendiri. Jangan meremehkan mereka. Banyak dari mereka benar-benar brilian dan sukacita untuk mengambil. Benar benar menakjubkan!

  • Batas waktu sangat fleksibel. Mereka membuat tenggat waktu begitu lentur sehingga tidak mungkin anda untuk gagal. Pada dasarnya Anda hanya berhenti belajar untuk kursus tertentu, tapi Anda tidak bisa gagal dalam kursus tersebut. Mereka telah mencapai hal ini dengan memperkenalkan auto-cohort dan menerapkan tenggat waktu yang sangatlah baik.

  • Sangat mudah untuk menggunakan forum, maka diskusi cukup aktif. Forum ini merupakan salah satu fitur terbaik dari platform mereka. Ini merupakan kelebihan yang dapat dikatakan melampaui edX.

  • Sistem peninjauan rekan: tugas penilaian rekan mereka lebih luas, dan lebih mudah digunakan daripada edX, yang memungkinkan mereka memiliki lebih banyak proyek sebagai bagian dari kursus.

  • Mekanisme verifikasi identitas yang kuat: verifikasi identitas foto webcam + pola pengetikan cukup kuat. Sungguh menakjubkan bagaimana pola pengetikan memang bisa memverifikasi identitas pengguna.

  • Mereka dapat menghasilkan uang menjadi keuntungan, mereka dapat menghasilkan uang, dan karenanya, memiliki lebih banyak potensi untuk memperluas dan menawarkan lebih banyak kursus.

Source :


https://blog.coursera.org/about/
https://www.linkedin.com/company/coursera
https://www.academiccourses.com/universities/USA/Coursera/
https://www.quora.com/What-are-the-advantages-and-disadvantages-of-Coursera-edX-and-Udacity-compared-to-one-another


(Aji Gumiwang) #20

image

Apa itu Reddit?
Reddit adalah sumber berita sosial, web, dan diskusi yang berasal dari Amerika Serikat. Member yang terdaftar dapat mengirimkan konten ke situs Reddit seperti tautan, teks, dan gambar, yang kemudian bisa diberikan upvote ataupun downvote dari member lain. Post-post diatur dalam subjek tertentu yang dinamakan “subreddits”, yang mencakup berbagai topik termasuk berita, sains, film, video game, music, buku, makanan, programming, dan lain-lain.
Pada tahun 2017, Reddit memiliki 542 juta pengunjung bulanan, memiliki peringkat sebagai website keempat yang paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat dan keempat di dunia. Reddit didirikan oleh mahasiswa University of Virginia yang bernama Steve Huffman dan Alexis Ohanian pada tahun 2005. Reddit berbasis di San Francisco, California. Reddit juga gratis untuk dikunjungi setiap orang. Tidak perlu membayar apapun untuk mengakses Reddit.

image

Bagaimana cara belajar programming melalui Reddit?
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, reddit mempunyai kumpulan post yang berbasis pada subjek tertentu. Jika ingin mengetahui tentang berita-berita politik, maka ada subreddit yang bernama /r/Politics, jika ingin mengetahui informasi tentang gadget-gadget terkini, bisa membuka subreddit bernama /r/gadgets, dan jika ingin mengetahui tentang programming, bisa membuka subreddit bernama /r/learnprogramming, selain itu ada juga /r/python, /r/java, /r/javascript, /r/learnpython, /r/excel, dan /r/unity3d.

Sumber:


(Muhammad Nafis) #21

cs
CodeSchool merupakan situs untuk belajar bahasa pemrograman secara otodidak. Codeschool lebih mirip tempat kursus untuk para programmer pemula yang ingin mempelajari bahasa pemrograman secara mendalam. Jika anda free membership anda akan mempunyai keterbatasan akses, sedangkan untuk menikmati semua fitur yang ada di codeschool anda haruskan membayar terlebih dahulu.

Di Codeschool, ada 4 kursus yang bisa anda ikuti secara gratis yaitu HTML/CSS, Ruby, iOS, dan Javascript. Kelebihan Codeschool dari situs lainnya adalah setiap kursusnya di ajarkan melalui artikel dan video, sehingga lebih mudah untuk dimengerti. Kursus di Codeschool juga diberikan secara bertahap dan setelah itu anda akan diberikan tantangan-tantangan yang harus anda lewati untuk bisa menerima tantangan selanjutnya. Tantangan ini berupa pembuatan sebuah objek yang ditampilkan dengan kode yang dipelajari. Kekurangannya sama seperi Codeavengers, Codeschool tidak menyediakan kursus untuk PHP.

Di Code School, kalian dapat mempelajari Bahasa Pemrograman secara lebih mendalam dan lebih rumit, jauh lebih rumit dibandingkan Code Academy. Kalian dapat belajar HTML5, CSS, CSS3, jQuery, Ruby, Ruby on Rails, dan iOS. Kebanyakan pelajaran yang disediakan gratis, namun ada beberapa pelajaran yang mengharuskan kalian untuk membayar sebelum dapat mengakses materi pelajaran.

Kelebihan :

  • Mempelajari Bahasa pemrograman yang lebih mendalam

  • Lebih mengarah ke language-oriented learning

  • Setiap kursusnya di ajarkan melalui artikel dan video, sehingga lebih mudah untuk dimengerti

Kekurangan :

  • Ada beberapa pelajaran yang berbayar

  • Tidak menyediakan pelajaran PHP

Sumber :