Warna pada anjing dalmatian

Apakah anjing dalmatian itu warnanya hanya hitam putih saja? lalu apakah totol-totol hitam muncul dengan sendirinya?

black-brown-dalmatian

Dalmatian mempunyai dua warna spot yaitu hitam dan coklat liver. Untuk Dalmatian berspot hitam pada bagian hidung dan kuku kaki harus berwarna hitam juga. Dan sebaliknya untuk Dalmatian berspot coklat liver, pada bagian hidung dan kuku harus berwarna coklat. Dan warna selain dua warna tersebut terkena diskualifikasi dan tidak disarankan untuk dibiakkan/dipacakkan.

Warna mata pada spot hitam berwarna coklat tua dan pada spot coklat liver berwarna coklat muda (amber). Semakin gelap warna mata semakin bagus. Selain itu juga ditemukan warna mata biru, kuning dan hijau pada Dalmatian baik pada kedua matanya atupun salah satu matanya. Ketiga warna mata tersebut tidak disarankan untuk dibiakkan/dipacakkan dan sudah tentu tidak dapat ikut show.

Susahnya mendapatkan Dalmatian yang bagus adalah selain memperhatikan anatomi kita juga harus melihat spotnya. Karena ini adalah hal yang paling dapat dilihat dan paling penting pada Dalmatian. Spot yang bagus adalah spot yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, berdiameter +2-3 cm. Penyebaran spot yang bagus adalah merata pada seluruh tubuhnya. Dan pada bagian kepala, kaki dan ekor, ukuran spot lebih kecil dari pada di badan.

Patches (tompel) tidak bisa disebut spot pada Dalmatian. Patches bisa ada karena pada awalnya Dalmatian adalah hasil kawin silang dengan beberapa anjing salah satunya pointer, patches inilah yang masih terkadang muncul di Dalmatian. Patches biasanya terletak pada telinga, mata dan ekor dengan luas area yang lebih besar dari spot dan berwarna hitam/liver sesuai dengan warna spot. Patches dapat dilihat pada anakan yang baru lahir dimana untuk anakan yang berpatches warna hitam/liver sudah terlihat pada daerah2 tertentu tersebut. Patches tidak sama dengan spot yang saling bertumpukan, hal ini dapat dilihat pada adanya bulu putih diantara tumpukan spot tersebut dan pada patches tidak ada bulu putih sama sekali. .Dalmatian yang berpatches tidak dapat diikutkan untuk show dan sangat tidak disarankan untuk