Wang Xing : Founder of Xiaonei, Fanfou, and Meituan

Biografi Wang Xing


Pekerjaan

Co-Founder & CEO Meituan.com.

Afiliasi lainnya

• iCarsClub
xiaonei.com sekarang berubah menjadi renren.com
fanfou.com
• Dianping Holdings Ltd
Qiandai.com

Tempat dan Tanggal Lahir

Longyan Provinsi Fujian pada tahun 1979

###Kewarganegaraan

China

###Pendidikan

1997-2001 Bachelor’s Degree, Electronic Engineering, Tsinghua University
2001-2004 Master’s, Computer Engineering, University of Delaware

###Total Kekayaan

US$ 3,4 Billion Dollar – 45,8 Trilliun Rupiah (2016)

###Peringkat berdasarkan Forbes

• 53 China Rich List (2016)
• 58 Richest In Tech (2016)
• 688 Billionaires (2016)
• 60 Billionaires in China (2016)

###Riwayat Hidup


Wang Xing adalah programmer yang memiliki bakat alami.Dia merupakan lulusan dari MIT China, Tsinghua University, dan dia juga pernah menempuh pendidikan di Amerika Serikat. Dengan bakat yang ia miliki, ia bisa saja menjadi CEO dari ratusan startups Cina.

Wang mulai menaruh minat pada komputer pada waktu ia SMP pada tahun 1992. Sekitar setahun kemudian orangtuanya membelikannya sebuah PC. Ia menganggap komputer itu adalah sebuah alat dan sebuah mainan.

Wang tengah mengejar gelar doktor di bidang teknik di University of Delaware ketika ia menemukan tiruan Friendster pada tahun 2003. Setelah ia melihat peluang bisnis pada jaringan sosial di internet, ia memutuskan untuk pergi lebih awal dan kembali ke China.

###Riwayat Karir


Sebelum mengembangkan website e-commerce meituan.com, Wang Xing telah mencoba berbagai proyek dalam bidang IT. Beberapa diantaranya adalah Xiaonei dan Fanfou. Wang Xing mengembangkan bisnis tersebut karena ia terisnpirasi oleh media sosial di Amerika Serikat.

Wang membangun Xiaonei dengan modal awal sebesar US$ 50.000. Namun biaya server yang cukup mahal membuat wang kehabisan dana dan ia pun menjual xiaonei ke investor. Padahal pada saat itu nama xiaonei sedang melambung dan peminatnya semakin banyak. Nama xiaonei akhirnya diubah menjadi renren semenjak dijual kepada investor.

Setelah menjual Xiaonei, wang masih terus mencoba mengembangkan bisnis baru. Ia masih mencoba mengembangkan bisnis yang berbasis media sosial seperti xiaonei. Ia pun membuat platform baru yang diberi nama Fanfou. Wang mendapatkan ide platform baru ini karena ia terinspirasi dari Twitter.

Pada Tahun 2009, Fanfou ditutup secara paksa oleh pemerintah cina karena fanfou dianggap terlibat dalam kerusuhan Xinjiang. Kerusuhan itu bermula dari protes damai yang dilancarkan warga etnis Uighur. Mereka meminta keadilan terkait nasib dua warga Uighur yang tewas terbunuh dalam pertikaian dengan pekerja Han di sebuah pabrik di selatan Tiongkok

Sepertinya Wang memang orang yang tidak mudah menyerah. Kegagalan Xiaonei dan juga Fanfou tidak membuatnya berhenti mengembangkan bisnis baru. Bersama Kedua orang temannya, Wang kembali membuat situs web baru bernama meituan. Kali ini wang terinspirasi dari web Groupon di Amerika Serikat.

Kemunculan awal meituan sempat mendapatkan respon yang kurang baik dari masyarakat karena website tersebut dinilai meniru web groupon milik amerika serikat. Namun wang xing tetap menjalankan bisnisnya. Akhirnya berkat kerja kerasnya, meituan berhasil berkembang menjadi perusahaan yang sukses dan mampu mengalahkan perusahaan sejenis lainnya. Strategi yang diterapkan wang terbukti berhasil dan hal tersebut membuat meituan menguasai 60% pasar bisnis group buying di China.

###Fakta-fakta


  1. Untuk menghadapi persaingan yang ketat, wang memutuskan menggabungkan diri dengan perusahaan saingannya yaitu Dianping.com
  2. Margin yang dipatok Meituan merupakan yang paling rendah yaitu di bawah 5%. Padahal, perusahaan serupa, Groupon, mengambil margin ke merchant mencapai 40%.
  3. Valuasi Meituan Dianping meningkat 18% pasca merger.
  4. Wang menyewa kantor di dekat kampus untuk mengembangkan Xiaonei.
  5. Di awal Januari 2015, Meituan mendapat suntikan dana sekitar US$ 700 juta sehingga valuasi menjadi US$ 7 miliar. Pada semester I tahun lalu, valuasi Meituan mencapai US$ 7,4 miliar atau setara dengan CNY 47 miliar. Nah usai merger valuasi perusahaan mencapai CNY 100 miliar atau setara US$ 15,8 miliar.
  6. Perusahaan hasil merger Wang, Meituan Dianping kini menjadi penguasa pasar dengan menguasai 51,9% pangsa pasar layanan e-commerce yang menyediakan informasi diskon secara daring kepada konsumen di China.
  7. Ketika menempuh pendidikan PhD di jurusan teknik komputer di Universitas Delaware, Wang memutuskan untuk drop out dari kampus dan kembali ke negaranya China.
  8. Wang pernah mengembangkan peniru friendster namun gagal.
  9. Wang pernah meminjam uang kepada orang tuanya agar Xiaonei dapat terus berjalan.
  10. Orang tua wang adalah seorang pengusaha serial, seorang petani bunga, dan juga pekerja konstruksi.

###Quotes


I prefer to look forward, I like to create, build Things Wang Xing
Don’t Let Your Money Use You. Wang Xing
Disruptive innovation is admittedly important, but having choices is also important. Wang Xing
To offer the best service to partners, that’s not enough. Wang Xing
Only deep integration can lead to full transition. Wang Xing

[details=Referensi]


https://cn.linkedin.com/in/wangxing

https://www.crunchbase.com/person/xing-wang-2#/entity

https://www.techinasia.com/chinas-successful-founders-afraid-copycat[/details]