Wakidi - Senja di Dataran Mahat

Wakidi (lahir di Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, 1889 – wafat di Bukittinggi, Sumatera Barat, 1979) adalah seorang pelukis naturalis asal Indonesia yang lukisannya banyak mengandung corak Mooi Indie (Hindia molek).

Wakidi dikenal sebagai pelukis di era Moi Indie yang hanya menggambarkan keindahan alam saja. Bukan hanya keindahannya, Senja di Dataran Mahat juga dikenal sebagai salah satu lukisan Wakidi yang menggunakan cat buatan sendiri.

Beberapa lukisan Wakidi memang bukan berasal dari cat minyal asli, tetapi dari cat minyak buatan sendiri. Meski cukup menghemat biaya produksi, namun lukisan ini jadi mudah berjamur dan buram jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk membuat lukisan ini, awalnya Wakidi menggambarkan sketsa dengan sangat detail, dengan pengerjaan area landscape yang meninggalkan ruang-ruang kosong untuk menghemat cat. Pada masanya, cat minyak memang relatif sulit didapat. Wakidi juga dikenal jarang menggunakan kuas besar kecuali untuk mengisi bagian langit.

Lukisan Senja di Dataran Mahat sendiri merupakan gambaran daerah Mahat, Kabupaten Lima Puluh Kota, sekitar tahun 1969 saat ia mengungsi dari kota Bukittinggi ke pedalaman Mahat di masa pemberontakan PRRI.