Vaksin untuk anjing

Demi menjaga anjing agar bisa tumbuh cerdas, aktif, dan sehat, pemilik diharuskan untuk melakukan pemberian vaksin yang tepat. Jika tidak, anjing kesayangan kita bisa terkena berbagai penyakit parah yang dapat berakhir dengan kematian. lalu apa saja kah vaksin yang tepat untuk anjing?

Untuk menjaga anjing tetap sehat dan tumbuh dengan baik, setidaknya ada 5 jenis vaksin yang bisa diberikan kepada anjing, yaitu adalah:

  1. Vaksin DP

Singkatan dari vaksin Distemper dan Parvovirus untuk mencegah kedua penyakit tersebut. Distemper menyerang saluran pernapasan anjing dan bisa berakhir dengan pneumonia. Sedangkan parvovirus menyerang saluran cerna dan sangat menular (bahkan bisa menularkan ke manusia juga!). Gejala parvovirus adalah lesu, muntah-muntah, diare, dan demam tinggi. Dan gejala distemper mirip seperti flu berat, demam tinggi, muntah, diare. Kedua penyakit ini menyerang sistem pencernaan dan jantung. Harga vaksin ini sekitar Rp 200.000.

  1. Vaksin PiBr

Vaksin ini tepat untuk mencegah penyakit Parainfluenza dan Bordetella yang keduanya sama-sama menyerang pernapasan. Walau tidak menyebabkan kematian tapi keduanya bisa memperpendek usia anjing. Harga vaksin ini cukup beragam di kisaran Rp 150.000-an. Vaksin bisa diberikan untuk anjing usia 10-12 minggu. Setelah divaksin, titer antibodi baru bisa maksimal terbentuk setelah 2 minggu, jadi pemeliharaan yang baik sangat diperlukan di masa-masa ini.

  1. Vaksin DHLPI

Suntikan lengkap untuk mencegah Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus, dan Rabies 2. Leptospirosis dapat menyebabkan gagal ginjal akut hingga berakhir kematian. Penyakit ini juga bisa menular ke manusia! Gejalanya anjingmu akan bersikap depresi, kehausan, diare berdarah, dan muntah-muntah karena menyerang ginjal dan hati. Harga vaksin ini sekitar Rp 225.000.

  1. Vaksin DHLPII+R

Inilah vaksin lengkap untuk mencegah Distemper, Hepatitis, Leptospirosis, Parvovirus, dan Rabies. Kamu bisa memberikan vaksin seharga Rp 250.000-an ini ketika usia anak anjing sudah mencapai 20 minggu. Pastikan anjingmu sedang dalam kondisi sehat saat diberikan vaksin ya. Kalau kamu baru membeli anjing, sebaiknya adaptasikan dulu dengan rumahmu selama 1 minggu, baru divaksin.

  1. Vaksin rabies

Gunanya untuk mencegah penyakit anjing gila yang menyerang susunan saraf otak dan selalu berakhir dengan kematian. Vaksin ini dianjurkan diberikan pada anjing usia 4-6 bulan, dan diulang setahun sekali. Harga vaksin ini sekitar Rp 100.000-an. Sangat terjangkau untuk mencegah penyakit yang bisa ditularkan ke hewan lain atau bahkan ke manusia!