Vaksin apa yang harus diberikan agar kucing berumur panjang?

kucing

(Elmo) #1

image

Vaksin adalah keperluan yang sangat penting bagi kesehatan kucing, terlebih untuk anak kucing. Vaksin apa yang harus diberikan agar kucing berumur panjang?


(Stella A) #2

Vaksin-vaksin yang harus diberikan kepada kucing, untuk menjaga kesehatannya, adalah :

  1. Vaksin Tricat
    Vaksin ini berfungsi untuk mencegah kucing terjangkit penyakit berbahaya yang sangat mudah menyerang kucing, yaitu panleukopenia, rhinotracheitis, dan virus calici. Ketiga virus ini berisiko kematian untuk kucingmu, terutama saat musim hujan. Kucing dianjurkan disuntik vaksin tricat saat umurnya 8-10 minggu. Pada tahap vaksin ini, biasanya kucing juga akan diberikan obat cacing untuk mencegah kucing tertular cacing dari induknya, kutu, atau makanan mentah. (

  2. Vaksin tetracat
    Vaksin tetracat bisa dibilang mirip dengan vaksin tricat karena fungsinya mencegah tiga penyakit mematikan di atas. Namun, vaksin ini juga memiliki tambahan untuk mencegah penyakit Chlamydia yang disebabkan oleh bakteri yang bisa menyerang sistem pernapasan kucing. Vaksin yang satu ini sebaiknya diberikan dengan jarak 3-4 minggu setelah vaksin tricat diberikan. Yang berarti, vaksin tetracat diberikan saat kucing berumur 12-14 minggu.

  3. Vaksin rabies
    Vaksin ini berfungsi untuk mencegah kucing terjangkit virus rabies. Banyak orang mengira rabies hanya terjadi pada anjing, padahal kucing juga sama rentannya untuk terjangkit penyakit ini dan tentunya juga bisa menularkannya padamu lewat gigitan atau kontak air liur. Vaksin rabies sebaiknya diberikan pada kucing saat dia mencapai umur 20 minggu.

Source:
https://petlogue.com/curation/ingin-kucingmu-panjang-umur-3-jenis-vaksin-ini-wajib-kamu-berikan/


(Bhanu Wayan Mehrunisa) #3

Vaksinasi merupakan kebutuhan terhadap tindakan pencegahan penyakit pada kucing. Menurut Queensland Code of Practice for Pet Shops, program vaksinasi yang tepat harus sesuai dengan saran dokter hewan. Anak kucing mendapatkan vaksin awal ketika berusia 6-8 minggu. Namun praktik yang terbaik adalah anak kucing divaksin ketika berusia 2 minggu dan mendapatkan vaksin ulang ketika berumur 12 minggu.

Kucing dan anak kucing yang divaksin harus mendapat sertifikat vaksinasi. Menurut Asali (2004) bahwa pemberian vaksin berguna untuk memberi kekebalan yang baik terhadap penyakit menular.

Pemberian jenis vaksin dilakukan terhadap penyakit-penyakit virus yaitu, feline panleukopenia (feline distemper), feline rhinotracheitis, feline calcivirus, feline infectious peritonitis, feline leukemia virus dan rabies.

Berikut adalah jadwal pemberian vaksin pada kucing

image