© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Untuk menjadi seorang ahil front end dev, apa saja skill yang harus dikuasai?

Skill Front End Developer

Dalam dunia IT Engineering khususnya Web Programming pada masa sekarang skill IT dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu:

  • Design UI/UX
  • Front End Developer
  • Back End Developer

Pada topik kali ini saya ingin bertanya menurut anda apa sajakah skill yang harus dimiliki oleh seorang Frontend Developer?.

Beberapa skill yang harus disiapkan apabila ingin menjadi ahli front end developer,

###Skill Teknis

  • HTML
    Merupakan dasar dari design web. Banyak berhubungan dengan layout dari sebuah website. Hal-hal yang perlu dipelajari antara lain; Semantic elemen, Block-level, Inline, Forms, Input Types

  • CSS
    Apabila HTML berbicara tentang layout, CSS lebih banyak berbicara bagaimana memperindah sebuah website. Hal-hal yang perlu dipelajari antara lain; Display Value, Box Model, Basic Positioning, Font Styling and Web Fonts, Backgrounds, Pseudo-selectors, Animations and transitions.

  • JavaScript
    Javascript lebih menekankan interaksi antara website dengan pengguna. JavaScript sudah termasuk kedalam bahasa pemograman. Hal-hal yang perlu dipelajari antara lain; Syntax, Data types, Functions, Object Literals, Object-Oriented Programming, Design Patterns, AJAX, jQuery

  • Responsive Web Design
    Saat ini website tidak hanya dominan dibuka pada satu layar dengan ukuran yang sama. Banyak device dengan karakteristik yang berbeda-beda digunakan oleh pengguna dalam mengakses sebuah website.

  • CSS Frameworks
    CSS Frameworks yang saat ini populer digunakan adalah Bootstrap, CSS Framework yang dikembangkan oleh Twitter dan Foundation, CSS framework yang dikembangkan oleh Zurb

  • JavaScript Frameworks
    JavaScript Frameworks yang saat ini populer digunakan adalah AngularJS, EmberJS dan KnockoutJS

  • **Version Control**
    Sebuah website pasti akan mengalami perbaikan/pengembangan secara terus menerus, baik dari sisi fornt end maupun back end. Begitu juga jumlah pengembangnya, ketika website telah tumbuh menjadi besar, maka dibutuhkan banyak sekali developer yang mengembangkan website tersebut. Oleh karena itu version control dibutuhkan untuk memanajemen perkembangan code-code yang ada. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah Git dan GitHub.

  • Web Performance
    Salah satu fokus utama dalam web performance adalah loading time yang cepat. Data yang paling besar yang diambil pada server pada sebuah website biasanya adalah front end itu sendiri. Oleh karena itu, hal-hal seperti Critical rendering path, Image optimization dan JavaScript minification perlu menjadi perhatian khusus.

###Skill Seni

Walaupun designer UI dan front end developer untuk beberapa perusahaan besar dibedakan role-nya, tetapi tidak sedikit yang menggabungkan keduanya. Oleh karena itu, kebutuhan dasar dari desain web adalah SENI itu sendiri.

Bagaimana kita memilih dan memadupadankan warna, pembuatan logo, pemilihan dan editing gambar, pemilihan font dan lain sebagainya.

###Testing Skill
Semakin komplek website yang dibuat, semakin banyak kebutuhan terkait website itu sendiri, maka semakin banyak tantangan yang dihadapi oleh front end developer. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kesuksesan sebuah desain web adalah ketika pengguna puas berinteraksi dengan website yang kita kembangkan.

Metode-metode testing yang diperlukan untuk dapat meyakinkan bahwa pengguna puas perlu dipelajari oleh seorang front end developer.

###Soft Skill
Walaupun tidak ada hubungannya dengan teknis sama sekali, tetapi soft skill mempunyai peran yang sangat besar dalam pengembangan sebuah web, baik dari sisi front end maupun back end.

Beberapa soft skill yang sangat dibutuhkan adalah kemampuan untuk berpikir kreatif, suka terhadap tantangan, selalu memberikan yang terbaik. Dan yang paling penting adalah kemampuan berkomunikasi.

Yang perlu diperhatikan bahwa yang dibutuhkan seorang front end developer adalah skill.

Melatih skill hanya bisa dengan cara berlatih, Learning by doing.
Semakin banyak kita berlatih, maka semakin baik skill kita, practice make better.
Salah satu yang perlu diingat adalah, untuk menjadi ahli, maka kita harus berlatih selama 10.000 jam , 10.000 hours rule.

Oleh karena itu, manajemen waktu juga perlu dipersiapkan, bagaimana anda mengalokasikan waktu anda untuk berlatih sehingga anda mempunyai skill seperti yang anda harapkan.