Untuk Kamu Yang Benci Diri Sendiri

Untuk kamu yang benci diri sendiri, pasti sedang merasakan di titik terendah dalam hidupmu sehingga kamu tidak bisa melihat kelebihan yang pernah kau capai. Manusia seringkali mengakui bahwa tidak menyukai dirinya sendiri. Bahkan mereka juga tidak peduli apa yang sudah dilakukan dan hanya menemukan dari sisi kelemahannya. Mengapa begitu? Mengapa kau merasa dirimu begitu menyedihkan dank au merasa tidak layak dimuka bumi ini?

Ya, jawabannya adalah karena kalian hanya terpaku dengan memperhatikan kekuranganmu dan mengucakan bahwa tidak menyukai dirimu sendiri. Berhenti dan lupakan hal tersebut. Hal itu sama sekali tidak menguntungkan diri kamu malah hanya akan menjadikan depresi. Aku yakin kalian sebagai manusia masih tidak memilliki kepercayaan diri dan selalu pesimis terhadap segala hal. Bahkan kalian terlalu canggung untuk mengkhawatirkan pandangan orang lain, dan hidup dengan rasa tidak percaya yang berkelanjutan kepada orang lain. Kalian masih terlalu sering melebih-lebihkan sesuatu yang ada melalui perkataan dan perbuatan. Bahkan, bukan hanya pribadi yang tidak disukai melainkan wajah dan tubuhmu. Apakah itu salah?

Manusia wajar sekali merasakan hal tersebut, tetapi itu tergantung keputusan Anda apakah kalian mau merubah pola pikir negatif tersebut menjadi hal yang positif dan lebih bermakna? Untuk kalian yang masih kurang percaya diri dengan dirimu sendiri, percayalah you are percious, you are smart and you are strong. Manusia diciptakan dengan adanya kekhawitaran hanya sebagai alasan atas ketidakmampuan untuk mengakui perasaannya sendiri. Contohnya, kamu tidak percaya diri dan khawatir dengan wajah dan tubuhmu. Kekhawatiran terhadap wajah bisa menerima ketidakpuasan pada dirimu sendiri dan dunia sekitarmu, hal ini menjadikan hidupmu menjadi tidak berjalan mulus. Mengapa kau bisa menjadi dirimu sendiri sedemikian? Karena kamu hanya takut dibenci oleh orang lain dan takut terluka oleh hubungan interpersonalmu. Kamu takut diremehkan, ditolak dan menderita luka batin yang dalam. Kamu takut oleh sebuah luka.

Dengan hal tersebut, yang kita bisa lakukan sebagai manusia adalah melawan rasa kekhawatiran itu dan membuat menjadi menerima dirimu yang sekarang. Menjadi apa adanya dirimu akan dengan segala kekurangan yang ada di dirimu akan menjadikan diri mu menjadi lebih berharga. In other words, something makes you luckiest person. So, dengan kalian mengakuinya adalah sikap yang baik. But don’t forget untuk tidak terluka dalam hubunganmu dengan orang lain. Psikolog Adler mengatakan “yang bisa dilakukan seorang manusia untuk menyingkirkan masalahnya hanyalah menjalani hidupnya seorang diri di alam semesta ini.”