Unsur-Unsur Manajemen Itu Seperti Apa Saja?

manajemen
Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, seorang manajermembutuhkan sarana manajemen yang disebut dengan unsur manajemen.

Lalu, apa saja unsur-unsur manajemen?

Menurut pendapat yang dikemukakan oleh Manullang sebagaimana dikutip oleh Mastinitentang unsur manajemen tersebut, terdiri atas manusia, material, mesin, metode, money dan markets, setiap unsur-unsur tersebut memiliki penjelasan dan perananbagi suatu memanajemen agar untuk mengetahui bahwa manajemen memiliki unsur-unsur perlu dimanfaatkan unsur-unsur manajemen tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut dapat dijelaskan unsur-unsur manajemen seperti di bawah ini.

  • Manusia (Man). Sarana penting atau sarana utama setiap manajer untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh individu-individu tersendiri atau manusianya. Berbagai kegaitan-kegiatan yang dapat diperbuat dalam mencapai tujuan seperti yang dapat ditinjau dari sudut pandang proses, perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengawasan ataudapat pula kita tinjau dari sudut bidang, seperti penjualan, produksi, keuangan dan personalia. Man atau manusia ataupun juga seringdiistilahkan dengan sumber daya manusia dalam dunia manajemen merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan. Manusia yang merancang tujuan, menetapkan tujuan dan manusia jugalah yang nantinya akan menjalankan proses dalam mencapai tujuan yang ditetapkan tersebut. Sudah jelas, tanpa adanya manusia maka tidak akan pernah ada proses kerjakarena manusia pada dasarnya adalah mahluk kerja.

  • Material (Material). Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusiamenggunakan matrial atau bahan-bahan. Oleh karna itu, material dianggappula sebagaialat atau sarana manajemen untuk mencapai tujuan.c.Mesin (Machine).Dalam kemajuan teknologi, manusia bukan lagi sebagaipembantu mesin seperti pada masa lalu sebelum Revolusi Industri terjadi.Bahkan, sebaliknya mesin telah berubah kedudukannya menjadi pembantumanusia.d.Metode (Method). Untuk melakukan kegiatan secara guna dan berhasilguna, manusia dihadapkan kepada berbagai alternatif metode caramenjalankan pekerjaan tersebut sehingga cara yang dilakukannya dapatmenjadi sarana atau alat manajemen untuk mencapai tujuan.

  • Uang (Money). Uang sebagai sarana manajemen harus digunakan sedimikian rupa agar tujuan yang diinginkan tercapai. Kegiatan atau ketidaklancaran proses manajemen sedikit banyak dipengruhi oleh pengelolaan keuangan.

  • Pasar (Markets). Bagi badan yang bergerak dibidang industri maka saranamanajemens penting lainnya seperti pasar-pasar atau market. Untukmengetahui bahwa pasar bagi hasil produksi.jelas tujuan perusahaanindustri tidak mustahil semua itu dapat diurai sebagian dari masalah utamadalam perusahaan industri adalah minimal mempertahankan pasar yangsudah ada. Jika mungkin, mencari pasar baru untuk hasil produksinya. Olehkarena itu. market merupakan salah satu sarana manajemen penting lainnya.baik bagi perusahaan industri maupun bagi semua badan yang bertujuanuntuk mencari laba.

Dari beberapa unsur-unsur manajemen di atas dapat disimpulkan, bahwamanusia adalah unsur dan sarana utama untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berbagai kegiatan yang dapat diperbuat dalam mencapai tujuan seperti dari sudut pandang proses, perencanaan, pengorganisasian, staffing, pengarahan, dan pengawasan hanya dapat dilakukan oleh manusia ataupun juga sering diistilahkan dengan sumber daya manusia dalam dunia manajemen merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan.

1 Like

image

  1. Pengertian Manajemen
    Manajemen secara etimilogis, berasal dari bahasa latin manus yang berarti “tangan”, dalam bahasa prancis management yang berarti “seni melaksanakan dan mengatur”,
    sedangkan dalam bahasa inggris berasal dari kata to manage yang berarti “mengatur”. Pengaturan yang dilakukan melalui proses aktivitas dan diatur berdasarkan urutan dan fungsinya dinamakan manajemen. Maka manajemen merupakan suatu proses untuk mewujudkan keinginan yang hendak dicapai atau yang diinginkan sebuah organisasi, baik bisnis, organisasi sosial, organisasi pemerintah dan sebagainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses kerja sama dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengkoordinasian dan pengendalian untuk mencapai tujuan organisasi efektif dan efisien dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

  2. Unsur-unsur manajemen
    Unsur-unsur manajemen terdiri dari 6 unsur yang disingkat dengan 6 M, yaitu man, money, methods, materials, machines, market. Adapun penjelasannya diantaranya:

    • Manusia (Man)
      Man merupakan orang-orang yang akan menjalankan fungsi-fungsi manajemen dalam oprasional suatu organisasi, man merujuk pada sumber daya manusia yang dimiliki organisasi. Hal ini termasuk penempatan orang yang tepat, pembagian kerja, pengaturan jam kerja dan sebagainya. Dalam manajemen faktor man adalah yang paling mentukan. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan.

    • Uang (Money)
      Money merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan, uang merupakan modal yang dipergunakan pelaksanaan program dan rencana yang telah ditetapkan, uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai, seperti pembelian alat-alat, pembelian bahan baku, pembayaran gaji dan lain sebagainya. Besar kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa besar uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dalam suatu organiasi.

    • Material
      Material adalah bahan-bahan baku yang dibutuhkan biasanya terdiri dari bahan setengah jadi dan bahan jadi dalam operasi awal guna menghasilakan barang atau jasa. Dalam organisasi untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dibidangnya juga harus dapat menggunakan sebagai salah satu sarana. Bahan baku dan manusia tidak dapat dipisahkan, tanpa bahan baku aktivitas produksi tidak akan mencapai hasil yang dikehendaki.

    • Mesin (Machine)
      Machine adalah peralatan termasuk teknologi yang digunakan untuk membantu dalam operasi untuk menghasilakan barang dan jasa. Mesin yang digunakan untuk memberi kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efisiensi kerja. Terutama pada penerapan teknologi mutahir yang dapat meningkatkan kapasitas dalam proses produksi baik barang atau jasa.

    • Metode (Methods)
      Methods adalah cara yang ditempuh teknik yang dipakai untuk mempermudah jalannya pekerjaan manajer dalam mewujudkan rencana oprasional. Metode dapat
      dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbanganpertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan aktivitas bisnis.

    • Pasar (Market)
      Market merupakan pasar yang hendak dimasuki hasil prosuksi baik barang atau jasa untuk menghasilkan uang, mengembalikan investasi dan mendapatkan profit dari hasil penjualan atau tempat dimana organisasi menyebarluaskan produknya.

  3. Fungsi-fungsi manajemen
    Fungsi-fungsi manajemen adalah serangkaian kegiatan yang dijalankan dalam manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan-tahapan tertentu dalam pelaksanaannya. Ada beberapa pendapat yang berbeda
    dari para tokoh dalam menentukan fungsi manajemen diantaranya:

    • Dr. SP. Siagian, MPA : Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
    • George R. Terry : Planning, Organizing, Actuating, Controlling.
    • Henry Fayol : Planning, Organizing, Comanding, Coordinating, Controlling.
    • James F.Stoner : Planning, Organizing, Leading, Controlling.
    • John F. Mee : Planning, Organizing, Motivating, Controlling.
    • Luther Gullick : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, Budgeting.