Ular apa yang aman dipelihara apabila terdapat anak kecil di rumah?

Ular

Ular apa yang aman dipelihara apabila terdapat anak kecil di rumah?

Anak-anak akan lebih sering bermain dengan ular peliharaan ketimbang orang dewasa. Usia minimum anak-anak untuk memelihara ular adalah 5 tahun.

Ular jagung dan ular sanca bola adalah pilihan yang tepat bagi anak-anak karena ular jenis ini sangat ramah, bergerak lamban, tidak akan tumbuh terlalu besar, dan tidak akan cepat mati.

Buat kamu yang ingin memelihara ular, beberapa jenis ular berikut ini dapat menjadi pertimbangan, apabila mencari ular yang tidak terlalu berbahaya bagi anak kecil :

Dari Keluarga Phyton:

  • Ball Phyton

    image

    Dari keluarga Phyton ada Ball Phyton. Dinamakan Ball Phyton karena karena ular ini jika terancam akan melindungi diri dengan membentuk bola, bukan menyerang. Ular ini bukan jenis ular yang agresif. Makanannya pun sangat mudah, yaitu tikus kecil atau rat. Sifatnya yang pemalu sejalan dengan bentuknya yang imut.

  • Blood Phyton atau Dipong

    image

    Dipong ini banyak diminati pencinta ular karena dianggap lucu, dikarenakan bentuk tubuhnya yang tidak proporsional, cenderung bantet. Ukuran panjang ular ini pun maksimal hanya dua meter. Jenis ular ini juga relatif aman dipelihara karena tidak memiliki bisa.

  • Python Reticulatas atau Sanca Kembang atau Retic

    image

    Jenis ular Python Reticulatus ini dikenal juga dengan nama ular Sanca Kembang. Namun, di kalangan para penggemar ular peliharaan, jenis ular Python Reticulatus ini lebih sering dikenal dengan sebutan ular retic. Jenis ular ini sangat diminati karena tubuhnya yang terlihat garang, namun sebenarnya jinak. Ia juga tidak agresif, mudah dijinakan, dan tidak berbisa. Jadi sangat direkomendasikan bagi para pemula.

  • Morelia Viridis

    image

    Masih dari keluarga Phyton ada Morelia Viridis atau Green Tree Python. Di Amerika ular cantik ini disebut Boa. Ia memiliki cara unik untuk tidur. Ular ini menggulung badannya sepanjang cabang pohon, mirip gaya pelana dan meletakkan kepala mereka pada bagian tengah.

Dari Keluarga Colubridae :

  • Corn Snake

    image

    Karena warnanya yang cerah juga karakternya yang jinak, tidak berbisa dan tidak agresif, Corn Snake telah menjadi “Pet Snake” atau ular kesayangan anak-anak hingga dewasa. Kebanyakan jenis ular Corn Snake ini biasanya berwarna oranye dan bermotif sadel merah atau sedikit kecoklatan. Sebagaian besar Corn Snake sekarang adalah hasil penangkaran yang begitu menetas pun sudah bersentuhan dengan tangan manusia.

  • King Snake

    image

Ini jenis ular yang paling galak dari kelompoknya, tetapi mudah dijinakkan. Gelar King Snake melekat karena ular ini bersifat kanibal, memakan ular-ular lainnya.

  • Milk Snake

    image

    Ular Milk Snake bukan termasuk ular berbisa. Warna Milk snakes ada tiga tipe patern: Tiga warna yang dimiliki adalah cincin yang melingkar adalah putih atau kuning, cincin kedua Hitam dan warna tubuh merah atau kuning yang mana semua melingkar di tubuhnya.

Sumber