UKM & UMKM apakah yang dimaksud itu?


UKM

UKM adalah usaha kecil menengah yang artinya merupakan sebuah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri pelakunya adalahnya perorangan atau badan usaha yang bukan anak atau cabang perusahaan yang dimiliki secara langsung maupun tidak langsung.

UMKM

UMKM adalah usaha mikro, kecil, dan menengah yang artinya merupakan usaha prosuktif milik badan usaha atau perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro, kecil, menengah yang diatur dalam undang-undang.

Perbedaan UKM dan UMKM

Dari pembahasan diatas, perbedaan UKM dan UMKM dapat kita simpulkan dibawah ini:

Modal

Perbedaan UKM dan UMKM dari modal yang digunakan saat mendirikan usaha. Modal untuk mendirikan UKM sebesar 45 juta, sedangkan modal awal untuk UMKM sebesar 250 juta atau bisa juga mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk mendapatkan modal tersebut.

Adanya peran pemerintah membantu Produk UMKM jember daripada UKM dikarenakan UKM usahanya lebih bersifat perorangan dengan usaha dan keuntungan kecil. Serta UKM kurang memiliki pengaruh terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia.

Jumlah tenaga kerja

Perbedaan berikutnya terletak yang terlihat begitu jelas yaitu dari jumlah tenaga kerja. Usaha UKM yang memang berskala kecil jumlah tenaga yang dimilikinya yaitu sekitar 5 smapai 29 orang. Lain halnya dengan UMKM yang memang memiliki jumlah tenaga kerja mulai 20 sampai 100 orang. Dengan semakin banyak tenaga kerja tentunya emakin besar pula pendapatan yang dihasilkan. Selain itu banyaknya jumlah tenaga kerja pun mempercepat produksi serta target-target yang ditetapkan para pelaku usaha.

Omset penjualan

Perbedaan selanjutnya terlihat dari omset penjualan yang didapatkjan, karena UKM berskala kecil, maka omset penjualan yang didapatkan biasanya dibawah 200 juta. Sedangkan omset penjualan dari UMKM memiliki skala besar hasil yang didapatkan pun cukup yaitu 300 juta. Maka dari itu, dari omset penjualan tersebut bisa diklasifikasikan bahwasannya jika ada usaha perongan di bawah 200 juta disebut usaha UKM dan diatas itu disebut dengan UMKM. Jual produk online jember ini juga bisa menambahkan omset anda juga lho.

Aset dan kekayaan

Dari pembahasan sebelumnya, maka sudah menemukan titik terang tentang perbedaan UKM dan UMKM. Karena itu ketika membahas tentang aset dan kekayaan maka bisa diimpulkan bahwa UKM ada usaha yang berskala kecil dengan aset kekayaan yang didapat berkisar jutaan rupiah. Sedangkan UMKM adalah usaha yang berskala cukup besar dan aset kekayaan yang didapat adalah ratusan juta rupiah sebagaimana yeng telah dibahas dalam undang-undang dan pembahsan diatas.

Bagi anda yang minat bisa langsung hubungi 0877 7530 9776 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.