Tutorial Tehnik Drybrushing pada Gunpla

Tutorial Tehnik Drybrushing pada Gunpla

Dry brushing adalah cara paling sederhana dan mudah yang digunakan untuk merapikan dan menambahkan efek weathering seperti kotor pada model kit gundam anda. kenapa disebut dry brushing adalah karena cat yang akan digunakan pada kuas sudah dikeringkan/dilap ketisu atau kain sehingga hanya seperti meninggalkan residu cat kering yang kemudian diaplikasikan ke gunpla anda, Maksud dari cat kering pada kuas adalah agar saat kuas dioleskan pada gunpla  cat hanya terlihat tipis seperti shadow untuk menambahkan efek weathering.

Umumnya untuk weathering, cat perak kering disapukan pada bagian-bagian tertentu dari model Anda (misalnya armor, artikulasi), sehingga weathering ini memberikan kesan bahwa bagian tersebut telah mengalami pelapukan dan keausan logam/karatan. Berbeda dengan Weathering pada battle damage yang berguna untuk menambah realistis.
Berikut ini tutorial untuk membuat weathering silver pada part yang sudah dijelaskan diatas, walaupun tehniknya sama anda dapat menyesuaikan tidak hanya untuk weathering silver.  Jadi yang Anda butuhkan adalah kuas cat, cat perak dan handuk kertas.

Tutorial ini dapat digabung dengan beberapa efek lain yang anda inginkan, idenya adalah tutorial ini tidak bermaksud menjelaskan satu tehnik, tetepi bisa dikombinasikan dengan efek lain yang anda inginkan. tidak ada urutan urutan tertentu untuk membuat efek weathering tetapi tergantung dari prefensi anda masing-masing.

Alat yang dibutuhkan :

  • Cat enamel dan pengencernya
  • kuas
  • handuk/tisu
  • kilik kuping (opsional)

1. Hapus cat yang berlebihan dari bulu kuas dengan cara dilap di atas handuk kertas sampai hanya menyisakan sedikit cat pada bulu kuas, seperti gambar dibawah

Dry brushing gunpla

2. sapukan kuas  pada gabian part gundam yang ingin diweatheing. Anda akan melihat beberapa cat perak menempel tipis tipis pada part. Berikut adalah senap Jesta sebelum kering menyikat:

dry brushing gunpla
3. dan ini adalah hasilnya setelah jadi
dry brushing gunpla



Demikian tutorial kali ini tentang drybrushing pada gunpla semoga dapat bermanfaat. Terima kasih

Referensi
Tutorial Tehnik Drybrushing pada Gunpla

hallo agan semua…ane baru mulai main nih di dunia mokit

kemaren baru beli mokit messerschmitt bf109e-3 Heinz Baer produksi academy, disitu kan dapet decal-nya…nah ane bingungnya, apakah kalo mokitnya dicat, decalnya juga perlu dipasang (khusus decal sayap), atau cat itu sebagai pengganti decal yang sudah disediakan ya gan? emoticon-Bingung (S)

oiya sama cat primer buat foundation mokit yg kaya gimana ya gan? ane belum tau…

takut hasilnya kurang bagus…hehe…thanks gan