Tutorial Cara Menggunakan Pastel Weathering Master

Tutorial Cara Menggunakan Pastel Weathering Master

Weathering pastel seperti crayon bubuk yang sering digunakan modeler model kit sebagai efek weathering kotor ataupun besi karat, kebanyakan digunakan untuk modeler model kit military dan untuk orang yang suka membuat diorama, tetapi karena weathering bersifat universal jadi bisa untuk semua model kit ataupun figure, tergantung dari masing-masing diri sendiri. Weatherring pastel juga cenderung lebih mudah diaplikasikan kemedia gundam untuk membuat efek weathering kotor. weathering astel yang paling dikenala yakni Tamiya weathering master, dengan satu set terdiri dari 3 warna pastel berbeda dan juga dilengkapi kuas busa dan kuas bulu.

 Coba dilihat dengan baik baik bentuknya seperti apa? Ya, betul sekali tampilan tamiya weathering master itu mirip alat dandanya perempuan kalo gasalah namanya eye’s shadow, bahkan sama percis ada kuasnya. Kenapa sama? ya kara pengapliakasianya sama seperti alat dandan perempuan, atau mungkin aja yang buat tamiya weathering master ini terinspirasi dari eyes shadow perempuan hehe.

untuk menggunakannya cukup mudah hanya tinggal mengoleskan aplikator tongkat di pastel dan mengoleskannya pada bagian model kit yang anda inginkan. Tidak ada aturan harus warna apa dan digunakan dibagian mana, semuanya balik lagi keprefensi masing masing disertai dengan imajinasi yakan asik. Namun umumnya, biasnya cenderung menggunakan pastel hitam (efek residu beam) pada bagian di dekat penguat & pendorong pada barel. Berikut ini beberapa contoh sebelum & sesudahnya tetapi sebelumnya mari kenali tipe weathering master ini:

Mengenal Tipe TamiyaWeathering Master

Wheatering berarti menambahkan efek realistis untuk model kit anda, seperti bercah pasir disepatu, residu beam dan battle damage. Pada umunya tamiya weatherin set terdiri dari 3 kotak warna pastel berbeda dan juga terdapat tipe tipe yang membedakan dari masing masing warna. berikut penjelasannya:

Weathering Master set A

Sand (for dusty finish)
Light Sand (for dusty finish on light-colored vehicles)
Mud (for mud on tank treads and rally cars) 

Weathering Master set B

Snow (for winter camouflage and light snow)
Soot (for soot from exhaust pipes and gun barrels)
Rust (for rusting of AFV and boat hulls)

Weathering Master set C

Orange Rust (for orange/red tinted rusty metal
Gun Metal (for unpolished metal look)
Silver (for polished metal look)

Weathering Master set D

Burnt Blue (for scorched metal look)
Burnt Red (for scorched metal look)
Oil Stain (for realistic brownish-gray oil stain color)

Weathering Master set E

Yellow (for WWII German dark yellow vehicles)
Gray (for WWII German gray vehicles)
Green (for WWII Allied green vehicles)

Tutorial Tamiya Weathering Master pada Gundam

Sebenarnya untuk menggunakannya cukup mudah cuman perlu mengoleskan kuas dari tamiya weathering master kemudian oleskan ke bagian gunpla, anda juga dapat membuat efek shadow dengan menggunakan pastel warna hitam/abu-abu kemudian oleskan ketepi tepian part gunpla agar mendapatkan hasil efek shadow seperti pada airbrush. berikut beberapa hasil dari weathering menggunkan tamiya weathering master.
Baca juga : Tutorial Dry Brushing pada Gunpla
tamiya weathering master
tamiya weathering master

Demikian tutorial kali ini entan cara weathering menggunakan tamiya weathering master, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, Terima kasih

Referensi :
Tutorial Cara Menggunakan Pastel Weathering Master

maaf mas" atau om" mau tanya...

1. gimana sih cara pemakaian cement? dengan kuas? perlu diencerkan dulu dengan thinner tidak? saya sudah mencari ke beberapa mall dan tidak dapat menemukan tamiya cement, kira" ada alternatif lain tdk?

2. mirip sama ya diatas, bedanya yang kali ini ditanyai itu.. putty...saya bingung, tempatnya kan kaya odol gitu..nanti cara pemakaiannya kaya naro odol ke sikat gigi (langsung tuang) ? atau butuh thinner khusus barangkali? atau kuas juga?

3. ini pertanyaan sangat sederhana sekali.... setelah kit diamplas.. harus dicuci tidak ? dengan sabun? atau hanya direndam ?

mohon pencerahannya...maaf bila saya bertanya hal" yang tidak patut ditanyakan..