Tumpang sari sawit

Mengingat sawit adalah tanaman yg sangat rakus air, tanaman apa yg baik ditanam sebagai pendamping tanaman sawit ?

1 Like

Izin menjawab ya ka.
Tumpangsari adalah Bentuk pola tanam campuran dari dua atau lebih jenis tanaman pada satu luasan lahan untuk meningkatkan penghasilan di sektor pertanian. (Maribeth 2017). Salah satu teknik peremajaan dalam penanaman kelapa sawit yaitu intercropping . Intercropping merupakan sistem penumpangan serentak dimana kegiatan persiapan lahan, tanaman penutup tanah yaitu tanaman kacangan diganti menjadi tanaman sela karena memiliki keunggulan yaitu pendapatan tetap selama TBM, pertumbuhan TBM optimal, dan mengurangi serangan Ganoderma dan Oryctes. Mengapa memilih tanaman sela? Hal ini mempertimbangkan antara lain tidak menjadi kompetitif terhadap tanaman kelapa sawit, sistem perakaran yang berbeda sehingga tidak bersaing dalam pemenuhan unsur hara dan air, populasi kelapa sawit tidak akan berkurang dengan sistem intercropping tanaman sela, tanaman sela bukan adalah tanaman yang mempunyai peluang terserang hama dan penyakit yang sama dengan tanaman kelapa sawit, pengelolaan budidaya yang sederhana dan bernilai ekonomis & profit, berpotensi permintaan pasar terutama pasar wilayah lokal, dan memungkinkan tanaman dapat meningkatkan kesuburan tanah dan mempunyai efek alelopati positif terhadap kelapa sawit (Harahap, I. Y., et al., 2017).

Tanaman semusim yang cocok dijadikan tanaman sela yaitu tanaman padi gogo, jagung, kedelai, cabai, pisang, nanas, jahe, ubi jalar, tanah, dan kacang yang tetap memperhatikan umur, karakteristik lahan, dan iklim (agroklimat). Menurut Hadijah dan Zaini (2010) dalam penelitiannya mengatakan bahwa hasil produksi jagung pada musim pertama tanam dengan curah hujan mampu mencapai 7-8 ton per ha dan pada musim tanam selanjutnya, saat curah hujan mulai rendah akan menurunkan produksi hingga 5-6 ton per ha.

Referensi
Harahap, I. Y., Eka L., M., dan Syarovy. 2017 . Review Teknologi Peremajaan Kelapa Sawit Dengan Sistem Intercropping . Pusat Penelitian Kelapa Sawit.
Maribeth, Asda . 2017. Analisis Efisiensi Ekonomi Usahatani Tumpang Sari Jagung. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90081. Diakses pada tanggal 06 Agustus 2020.

Semoga dapat membantu ka :smile: