© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Trik-trik terbaik apa untuk menjaga diri kita agar selalu termotivasi?

Sumber gambar : pixabay.com

Adalah hal yang wajar apabila motivasi kita naik turun sesuai dengan kondisi keadaan kita. Terkadang kita sangat termotivasi terhadap sesuatu hal, tetapi tidak jarang kita demotivasi hingga titik dimana kita sendiri tidak tau bagaimana caranya agar kembali termotivasi.

Hindari kondisi dimana anda sangat ter-demotivasi, karena ketika kita berada pada posisi tersebut, membutuhkan usaha yang keras dan waktu yang lama untuk memulihkan kondisi kedalam kondisi normal kita.

Beberapa hal yang dapat menjaga motivasi kita, antara lain :

1. Dedikasikan 1 jam sehari untuk meningkatkan pribadi (personal growth) kita -

Peningkatan dan penguasaan pribadi sangat penting untuk memotivasi diri kita sendiri. Bila Anda tumbuh sebagai pribadi, Anda akan merasakan kebanggaan dalam setiap pencapaian yang Anda raih. Anda juga akan tumbuh lebih percaya diri dalam diri Anda dan momentum kesuksesan akan mendorong Anda maju untuk tumbuh lebih jauh lagi.

Jadi habiskan 1 jam sehari untuk fokus pada pertumbuhan pribadi. Tidak bisa mendedikasikan 1 jam? Mulailah dengan 30 menit. Tidak bisa melakukan 30 menit? Mulailah dengan 15 menit.

Membaca dan berdiskusi merupakan vitamin yang luar biasa bagi pertumbuhan pribadi anda. Dengan banyak membaca dan aktif menulis (berdiskusi), anda akan mengetahui banyak hal dan dapat membuat strategi bagaimana meningkatkan pribadi anda.

Mulai sekarang, Anda dapat memulainya dengan aktif menulis dan berdiskusi di Dictio :sunglasses:

Dorong diri Anda untuk tumbuh. Bila Anda melakukannya, Anda akan termotivasi untuk melanjutkan perjalanan ke depan.

2. Bertemanlah dengan orang-orang yang sangat termotivasi

Lingkungan mempunyai pengaruh yang luar biasa. Bertemanlah dengan orang-orang yang menyukai tantangan atau, yang lebih baik lagi, teman-teman yang selalu menantang diri anda untuk menjadi lebih baik.

Hindari teman-teman yang suka menghindari tantangan, selalu mencari kenyamanan dan kemudahan atau teman-teman yang tidak mempunyai target apapun.

3. Pilih sebuah misi yang penting

Tentukan misi anda. Tentukan target anda. Percaya bahwa anda dapat mewujudkan misi anda. Sangat penting bahwa Anda percaya 100% pada misi Anda. Karena jika Anda kurang yakin, Anda tidak akan dapat mempertahankan motivasi Anda dalam jangka panjang.

Temukan misi yang penting. Ini sangat penting untuk membuat Anda terus berjalan.

4. Bersikap aktif

Jangan pernah jadi orang yang pasif, terutama menjadi reaktif. Bersikap aktif dapat memompa energi anda untuk selalu berpikir dan berbuat sesuatu hal yang positif.

Cara paling mudah untuk bersikap aktif adalah dengan cara membantu orang lain !!!

5. Buat kesepakatan dengan teman

Jika Anda memiliki suatu tujuan, mulailah untuk melibatkan seorang teman. Cobalah untuk menceritakan tujuan anda, misalnya tujuan mingguan, kepada teman dekat anda dan meminta dia untuk membagikan tujuannya juga.

Kemudian anda dan dia bertemu dalam seminggu untuk bersama-sama meng-evaluasi tujuan kita sebelumnya. Dengan memberitahukan tujuan kita, minimal anda akan selalu berusaha menunjukkan ke teman anda bahwa anda bukanlah orang yang suka berbicara omong kosong.

6. Nikmatilah hidup Anda

Bila Anda bersenang-senang, apakah Anda memperhatikan bahwa pekerjaan Anda tiba-tiba tidak terasa seperti bekerja?

Selalu mencari cara untuk menikmati rutinitas kita merupakan cara termudah untukdapat memotivasi kita dalam berkegiatan.

Sekolah menjadi menyenangkan, bekerja menjadi ringan dan belajar menjadi sebuah kebutuhan jika, dan hanya jika, anda dapat menikmati kegiatan anda.

Orang tua saya selalu mengingatkan saya untuk selalu menikmati hidup, bahkan kita harus bisa menikmati masalah kita.

Nikmati saat ini. Akan membuat hidup anda menjadi lebih mudah dan selalu tetap termotivasi.

Semoga trik-trik tersebut dapat membantu anda untuk selalu termotivasi.

Trik paling manjur agar kita selalu termotivasi adalah Bangun Pagi

Kelihatannya sepele, tapi sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan bangun pagi akan meningkatkan produktifitas anda.

Ketika kita sudah bisa mengalahkan “kemalasan” kita untuk bangun pagi, rasanya kita akan bisa mengalahkan segala tantangan yang ada di sepanjang hari.

Udara pagi, kesegaran dan keheningannya akan sangat membantu kita untuk selalu berpikir positif.

Ketika saya berada dalam kondisi ter-demotivasi, hal pertama yang saya lakukan adalah mengingat kembali alasan saya kenapa saya melakukan hal ini.

Ketika saya jenuh belajar, ingat kembali kenapa saya harus belajar.
Ketika saya malas sekali untuk pergi ke kelas, ingat kembali kenapa saya memutuskan untuk kuliah.
Ketika saya membenci pekerjaan saya, ingat kembali kenapa saya harus bekerja.

Menemukan alasan kenapa kita melakukan sesuatu dan selalu me-refresh kembali alasan tersebut, merupakan hal terpenting agar kita selalu termotivasi dalam melakukan sesuatu.

Kuncinya adalah Jangan pernah melakukan sesuatu tanpa mempunyai alasan dan tujuan mengapa anda melakukan hal tersebut.

Trik terbaik untuk mmenjaga diri kita agr selalu termotivasi bisa dimulai dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan motivasi diri itu sendiri.

Setelah itu,ketahui juga apa yang dimaksud dengan kekurangan motivasi.

Dengan dasar pengetahuan tersebut,kita bisa menyelami diri kita sendiri, dan mencari tau kunci apa yang paling cocok untuk dapat menjaga motivisai kita.

Trik lainnya, yang menurut saya manjur dalam menjaga motivasi kita adalah dengan selalu Membaca, Menulis dan Berdiskusi.

Motivasi tidak hanya dipengaruhi oleh Anda sendiri, tapi juga oleh faktor lain di luar diri. Karena itulah, saat Anda kecewa dengan rekan kerja atau atasan, saat putus cinta, atau saat merasa tidak dihargai oleh sistem perusahaan, motivasi Anda bisa saja turun tingkat. Jika hal ini sangat memengaruhi Anda, ditambah beban kerja yang mungkin semakin berat, hal itu mungkin saja perlahan-lahan akan mengubur citacita Anda.

Jika Anda mengalami situasi sulit ini, hal yang perlu Anda lakukan adalah hadapi, atasi, dan perbaiki.

Nah, jika Anda mulai kehilangan motivasi, Anda harus memulai kembali untuk fokus pada “keuntungan” atau “hal-hal positif” yang akan Anda dapat jika menjalankan rencana atau tujuan Anda itu. Munculkan kembali semangat tersebut dan katakan kepada diri sendiri bahwa hambatan apa pun akan Anda lalui demi tercapainya tujuan. Ada cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga motivasi tersebut. Langkahnya mudah dilakukan, selama Anda serius menjalaninya.

1.Mengatur kembali fokus

Anda mungkin sedang banyak berpikir tentang banyak hal. Jika ini yang terjadi, coba tenangkan diri Anda. Tontonlah film yang bisa membuat Anda santai atau tertawa. Selesai menonton, Anda pasti akan merasa lebih segar. Bacalah cerita atau buku yang mencerahkan. Dijamin, Anda pasti akan lebih optimistis dalam memandang hidup.

2.Kenali motivator dan pemberi inspirasi bagi Anda

Ambil pulpen dan tulislah tiga orang teman yang menginspirasi Anda, baik tentang keyakinan maupun kepercayaan diri. Kata-katanya yang manakah yang menginspirasi Anda dan bagaimana kalimat itu bisa menginspirasi Anda? Selanjutnya, hubungi mereka, jika perlu ajak bertemu. Kemudian, mintalah saran mereka untuk tetap bisa menjaga motivasi diri demi mencapai tujuan.

3.Kenali lingkungan dan aktivitas yang berpengaruh positif

Kegiatan apa saja yang bisa membuat hidup Anda bersemangat, penuh energi, dan meningkatkan semangat Anda? Lakukanlah kegiatan tersebut sedikitnya dua jam dalam seminggu. Lalu, gunakan energi positif yang Anda dapat dari situ untuk menjaga motivasi Anda.

Sumber

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa 65% dari kita gagal untuk menjaga resolusi tahun baru kita setelah beberapa minggu.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga motivasi Anda tetap hidup, dan memberi Anda kesempatan terbaik untuk meraih apa yang Anda inginkan.

1. Tetapkan Dan Tuliskan Tujuan Anda

Pertama, pikirkan tentang tujuan Anda dan tuliskan. Hanya satu kalimat (dua kalimat maksimal) dan pastikan Anda menuliskannya di kertas. Percayalah, ini akan sangat membantu. Sangat penting bagi kita untuk memastikan kita telah menetapkan tujuan yang tepat dan masuk akal. Bedakan antara mimpi dan tujuan. Ketika Anda menetapkan tujuan yang terlalu berat, Anda akan putus asa ketika Anda mulai gagal.

2. Ceritakan Tujuan Pada Orang Lain

Terus mengingat tujuan Anda adalah kunci untuk menjaga motivasi. Sangat penting juga untuk memikirkan siapa yang akan beritahu mengenai tujuan Anda. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang memberitahu orang lain tentang tujuan pribadi mereka lebih mungkin untuk mencapainya dari pada mereka yang merahasiakannya. Jika teman-teman Anda tahu apa yang Anda rencanakan, Anda akan merasa ada tekanan ekstra untuk bekerja di situ.

3. Pecah Menjadi Beberapa Bagian Kecil

Sedikit tekanan itu baik. Tapi bagaimana cara mempertahankannya? Jawabannya adalah dengan cara memecah tujuan Anda menjadi bagian-bagian kecil dengan hasil yang terukur. Misalnya, ketika Anda ingin menulis novel, Anda bisa menulis 600 kata per hari di antara rutinitas harian Anda.

4. Lakukan Sekarang

Setiap minggu, Anda harus memiliki target yang nyata yang terdefinisi dengan baik, untuk mencapai tujuan Anda. Jadi ketika Anda sudah menulis kapan Anda harus menyelesaikan tujuan Anda, Anda akan lebih termotivasi kan?

5. Teruskan

Anda harus menjaga agar semangat tetap menyala. Caranya, selain membuat daftar tujuan, Anda juga harus membuat daftar kesuksesan apa saja yang telah Anda raih. Apakah ada prestasi yang sangat mengesankan? Misalnya, Anda menang kompetisi atau menerima sebuah penghargaan? Jika Anda bisa melakukannya saat itu ketika Anda jauh lebih muda, betapa jauh lebih baik Anda akan dapat melakukannya saat ini?

Sumber: www.theeurekalife.com

Terkadang orang merasa kehilangan motivasi hidup, sehingga mulai tidak peduli dengan jenis kehidupan apa yang sedang mereka kerjakan. Padahal motivasi untuk diri sangatlah penting, agar selalu menjalani hari yang menarik, menantang, dan tetap semangat.

Ingatlah 7 kalimat yang akan membantu Anda termotivasi setiap harinya.

Tidak ada orang yang akan mendorongmu selain diri sendiri

Orang yang berhasil selalu berjalan diatas motivasinya. Keinginan keras inilah yang membuat mereka kerja keras dan berusaha sebaik mungkin untuk melewatkan berbagai hari-hari yang keras.

Selalu percaya, sesuatu yang menarik akan terjadi

Terkadang kehidupan memang lucu. Disaat kita sedang berada di titik terbawah, akan ada sebuah jalan keluar yang membantu Anda untuk tetap bertahan dan bangkit untuk menjalani hidup.

Tidak ada yang abadi di dunia ini, bahkan masalah yang sedang terjadi

Di dunia ini semuanya bisa berubah, bahkan sebuah bangunan yang diklaim akan bertahan ratusan tahun bisa rubuh dalam hitungan detik saja. Untuk itu, berhentilah meratapi masalah dan buatlah penyelesaian yang akan mengubah kehidupan Anda.

Melepaskan memang tidak mudah, tapi itu penting

Terkadang masa lalu yang indah selalu mengganggu jalannya masa ini. Kebiasaan ini akhirnya membuat Anda tidak bisa leluasa berpikir maju dan selalu terjebak di belakang. Lepaskanlah semua kenangan dan majulah sebagai pribadi yang baik untuk membuat kenangan baru.

image

Jangan kehilangan harapan, Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di hari esok

Bahkan kejadian 10 menit setelah membaca kalimat ini tidak pernah Anda ketahui bukan? Karena itu, peganglah harapan Anda erat-erat, bawa maju melewati berbagai masa hingga suatu hari, harapan tersebut akan terwujud.

Berhentilah takut dengan kesalahan dan berpikirlah apa yang bisa diperbaiki

Takut dengan kesalahan akan membuat Anda terkurung dalam ketidakmampuan mewujudkan impian. Bogkar semua kebiasaan tersebut dan mulai berpikir, apa yang bisa Anda perbaiki kedepannya agar mampu menjalani hari dengan gemilang.

Kerja keraslah dalam keheningan, biarkan sukses yang berbicara

Banyak orang yang menghina Anda dalam mewujudkan impian? Jadikan hal tersebut motivasi untuk makin mengejar mimpi Anda. Karena ketika waktunya telah tiba, kesuksesan Anda yang akan berbicara dan membungkam hinaan orang banyak. Siapkah Anda sukses dengan memegang motivasi ini?

-lifehack.org.-