Travelling Jalan, Ibadah Jalan, Bisa?

Banyak yang berpendapat bahwa puasa itu harus menjaga stamina dengan membatasi segala aktivitas, termasuk travelling di saat bulan Ramadhan tiba. Pendapat yang demikian perlu disingkirkan jauh-jauh, karena pendapat ini tidak benar. Jika kita kembali pada masa Rasulullah, justru beliau melakukan perang bersama umatnya di bulan suci Ramadhan atau dikenal dengan nama Perang Badar.

Nah, jika kalian membatasi aktivitas di bulan Ramadhan dengan mengurangi jumlah aktivitas, yang kalian lakukan tentu salah. Seharusnya ketika bulan Ramadhan tiba kalian bisa memanfaatkan waktu dengan aktivitas-aktivitas yang positif. Kalian bisa melakukan travelling tanpa harus meninggalkan ibadah wajib kalian yaitu berpuasa.

Tipsnya adalah Jadi Volunteer di Tempat Ibadah. Agar perjalanan kalian menjadi bermanfaat tidak hanya bagi diri sendiri saja, kalian bisa bergabung dalam kegiatan sosial. Kalian bisa menjadi relawan yang menyediakan takjil, mengajar anak-anak di TPA sampai membantu merapikan masjid. Dengan cara begitu, tentu travellingmu tidak akan sia-sia begitu saja, selain bermanfaat bagi orang banyak, menambah pahala, tentunya menambah pengalaman juga.

Travelller ada tips lainnya?

Manfaatkan Gadget Untuk Ibadah, Gadget kalian yang biasa kalian gunakan untuk selfie boarding pass sebaiknya kalian alih fungsikan. Alih fungsi menjadi apa? Menjadi barang yang bermanfaat dan bisa menambah pahala kalian di saat bulan suci Ramadhan ini. Kalian bisa download aplikasi yang mendukung ibadah puasa kalian, seperti aplikasi Al-qur’an digital, pengingat waktu shalat, kumpulan hadist-hadist shahih dan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa kalian gunakan disaat waktu senggang, seperti dalam kendaraan. Kalian bisa membaca Al-qur’an ataupun hadist selama perjalanan, tanpa perlu repot membawa Al-qur’an atau buku-buku lainnya.